Cara Merubah Data Diri Kartu SIM Telkomsel & Indosat Tanpa Harus Pergi ke Galeri

Berikut ini adalah cara untuk merubah atau memperbaiki data diri yang terdaftar dengan kartu sim (sim card) operator Telkomsel dan Indosat.  Untuk Operator Indosat anda hanya perlu mengirimkan satu kali SMS, dan untuk operator Telkomsel anda hanya perlu mengubahnya dari menu Telkomsel yang biasanya otomatis terinstall di handphone.

Melakukan sinkronisasi data diri dengan data yang tersimpan di kartu telepon termasuk penting karena bila kita kehilangan handphone dan ingin kartu yang ikut hilang dapat digunakan lagi kita tidak perlu repot – repot melakukan perubahan data lagi, kita hanya perlu menyerahkan KTP dan customer service tidak akan banyak bertanya karena data yang ada di KTP dengan data yang terdaftar di kartu sesuai.

Cara Merubah Data Diri Kartu SIM Telkomsel & Indosat Tanpa Harus Pergi ke Galeri

Cara merubah data diri di kartu SIM Telkomsel


Untuk operator Telkomsel kita dapat melakukan perubahan langsung dari Menu Telkomsel atau biasa disingkat dengan T-Sel Menu. Menu ini biasanya akan otomatis muncul di handphone yang terpasang kartu Telkomsel. di Smartphone Xiaomi menu ini diberi nama SIM Toolkit, dan mungkin juga berbeda di smartphone merek lainnya, tetapi mudah kok untuk mencarinya.

  1. Buka Menu Telkomsel (T-Sel Menu  / SIM Toolkit)
  2. Piih Registrasi Kartu
  3. Pilih Perubahan Data
  4. Masukan data sesuai KTP
  5. Kirim. Selesai.

Selesai!. Setelah anda memasukan data – data yang diminta seperti Nama Lengkap, Tanggal Lahir, Alamat, dll maka anda akan diminta konfirmasi untuk mengirimkan data yang telah dimasukan tadi. Setelah melakukan konfirmasi maka data akan dikirim dan dicatat sebagai data terbaru pemilik nomor tersebut.

Untuk melakukan pengecekan apakah proses yang telah dilakukan untuk memperbarui data diri tersebut berhasil atau tidak, anda hanya perlu mengirimkan SMS dengan ini format DAFTAR dan kirim ke 4444.

Cara merubah data diri di kartu SIM Indosat


Untuk merubah data diri di kartu sim (sim card) Indosat anda hanya perlu mengirim sms seperti dibawah ini.


  1. Ketik SMS dengan format: No.KTP#NAMA#ALAMAT#TEMPAT LAHIR#TANGGAL LAHIR (contoh: 408292172833#PUTRA#CIPUTAT JAKARTA#JAKARTA#27111991
  2. Kirim ke 4444
  3. Tunggu balasan konfirmasi. Selesai.

Selesai!. Setelah mengirim SMS seperti diatas ke 4444 maka anda hanya perlu menunggu SMS balasan dari operator.

Berdasarkan pengalaman pada saat melakukan pengubahan data di galeri resmi (salah satu operator), kita sebagai pemilik kartu diharuskan untuk menyediakan materai senilai Rp. 6.000,- untuk ditempelkan dengan surat pernyataan tentang perubahan data. 

Meskipun tidak dapat dipastikan apakah semua operator menerapkan kebijakan yang sama tentang materai 6000 tetapi kalau bisa dilakukan sendiri lumayan kan menghemat pengeluaran materai dan mungkin juga ongkos untuk pergi ke galeri terdekat.

Semoga informasi mengenai penggantian data diri di kartu telepon (sim card) ini dapat membantu, bila ada pertanyaan atau kesulitan dalam menerapkan tutorial ini teman – teman dapat menyimpan pertanyaan di kolom komentar dibawah, kami akan bantu semaksimal mungkin. Jadilah pengguna yang bijak. #beWiseUser!

Artikel Terkait:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 comments

Write comments
August 9, 2017 at 12:55 PM delete

Thanx.. Gans infonya Berguna Sekali.. Tulisan yang benar-benar Bermanfaat

Reply
avatar
August 10, 2017 at 9:28 PM delete

siipp sama - sama gan, senang dapat berbagi pengalaman. :)

Reply
avatar
August 23, 2017 at 3:36 PM delete

ane barusan aja ke galeri, padahal diulu cuma modal ktp ortu untuk ubah ukuran simcard, sekarang jadi ribet pake kuasa" segala, birokrasi emg mreka

Reply
avatar
August 23, 2017 at 4:44 PM delete

Setelah banyaknya penipuan yang menggunakan nomor HP, pihak operator sekarang lebih ketat dalam beberapa pelayanan. tapi itu untuk kebaikan pengguna juga kan, celah untuk bertindak kriminal jadi lebih kecil dengan peraturan seperti itu. Tapi membuat surat kuasa dan lainnya memang bikin ribet gan. hehe

Reply
avatar
September 1, 2017 at 7:12 PM delete

kalau cek status kartu telkomsel sudah teregistrasi apa belum gimana min?
soalnya ada punya teman cuman bisa kirim dan terima sms saja kalau untuk telfon atau di telfon tidak bisa

Reply
avatar
September 2, 2017 at 4:53 PM delete

sepertinya itu bukan dari status registrasi nya, coba periksa di bagian telepon /call di settingan handphone nya. sepertinya ada settingan yang mungkin tidak sengaja dirubah.

kalau untuk periksa registrasi sudah atau belum bisa dilihat di Menu Telkomsel, sama seperti ingin merubah data.
semoga membantu :)

Reply
avatar