Tanpa Cabut Kartu! Begini Cara Memunculkan Sinyal 4G di MIUI 8 (No Root, No UBL)

Rindi Putra
69 Komentar
Beranda
Tips 'n Trick
Tutorial
Xiaomi
Tanpa Cabut Kartu! Begini Cara Memunculkan Sinyal 4G di MIUI 8 (No Root, No UBL)
Tanpa Cabut Kartu! Begini Cara Memunculkan Sinyal 4G di MIUI 8

Berikut ini adalah cara memunculkan sinyal 4g di smartphone xiaomi MIUI 7 ataupun MIUI 8 tanpa cabut kartu. Cara ini kami coba dengan Smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro dan berhasil. Cara ini juga dapat diterapkan pada smartphone Xiaomi type lainnya yang mempunyai masalah pengaturan sinyal 4G atau LTE tanpa harus melakukan Root ataupun UBL (Unlock bootloader).

Seperti yang kita tahu bahwa mulai dari MIUI 7.3.2 (kalau tidak salah) pilihan sinyal 4G atau LTE di banyak tipe smartphone xiaomi mulai menghilang dan harus diatur manual melalui panggilan darurat ke *#*#4636#*#* lalu pilih sinyal 4G. Bahkan untuk pengaturan sinyal 4G/LTE di MIUI 8 kita harus melakukan cabut kart SIM untuk dapat memilih jaringan 4G /LTE.

Tanpa cabut kartu!

Yup! pada prinsipnya kita masih menggunakan cara yang sama dengan melakukan panggilan magic seperti biasa (*#*#4636#*#*) namun yang berbeda kali ini adalah kita tidak perlu melakukan cabut kartu. Cukup dengan menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia di Google Play Store.

Cara ini agak sedikit ‘tricky’, jadi bila pada percobaan pertama anda gagal atau masih bingung, itu normal. Karena admin pun berhasil di percobaan ke –sekian. Tetapi kalau sudah biasa mudah kok dan lebih simple dari pada melakukan pengaturan dengan cabut kartu.

Cara memunculkan sinyal 4G di MIUI 8 tanpa cabut kartu SIM

#1 Install aplikasi ‘QuickShortcutMaker’ dan ‘Phone Testing’

Cari dan install aplikasi QuickShortcutMaker dan Phone Testing di smartphone xiaomi anda via Play Store.


Tanpa Cabut Kartu! Begini Cara Memunculkan Sinyal 4G di MIUI 8

#2 Buat shortcut Phone (ListPreference)

Buka aplikasi QuickShortcutMaker dan pilih >Phone (com.android.phone) kemudian cari dan pilih >Phone (com.android.phone.UserPLMNListPreference) lalu >Create (kanan bawah).


Tanpa Cabut Kartu! Begini Cara Memunculkan Sinyal 4G di MIUI 8
1

Tanpa Cabut Kartu! Begini Cara Memunculkan Sinyal 4G di MIUI 8
2

Tanpa Cabut Kartu! Begini Cara Memunculkan Sinyal 4G di MIUI 8
3

Setelah melakukan langkah ini maka akan ada shortcut baru di halaman utama yang berfungsi untuk merestart jaringan seperti halnya kita mencabut sim card dan langsung memasukannya kembali, jeda inilah yang kita manfaatkan untuk melakukan pengaturan sinyal seperti kartu yang telah dicabut. Namun perlu diingat bahwa jeda ini SANGAT SEBENTAR, maka kita harus melakukan langkah – langkah dibawah dengan cepat sebelum sinyal telepon kembali terhubung.


Tanpa Cabut Kartu! Begini Cara Memunculkan Sinyal 4G di MIUI 8
Langkah 1 & 2 hanya dilakukan sekali saja, untuk selanjutnya kita bisa langsung lompat ke langkah ke #3.
Shortcut tidak muncul? Solusinya ada di bagian akhir artikel ini.

#3  Masuk ke menu List Preference

Nah, pada tahap inilah yang kami maksud agak ‘tricky’ karena seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa pada tahap ini kita harus mencobanya berkali – kali hingga berhasil, namun bila pada percobaan pertama kalian langsung berhasil, why not! kan!

Tap /klik shortcut >Phone lalu buru – buru buka aplikasi >Phone Testing dan layar baru akan muncul, lanjut buru – buru klik >Phone info 1 atau 2 tergantung dimana SIM card di simpan. Usahakan jangan diberi jeda yang terlalu lama, pokoknya kurang dari sepersekian detik keduanya harus di buka lalu lanjut ke Phone info.


Tanpa Cabut Kartu! Begini Cara Memunculkan Sinyal 4G di MIUI 8

Bila berhasil maka akan ada piihaan preferred network type seperti belum terpasang kartu SIM. Dari pilihan ini kita dapat memiih jenis sinyal yang digunakan.

Bila tidak berhasil maka tidak akan ada pilihan preferred network type di layar. Dan anda harus mengulang lagi langkah ke #3 ini.

#4 Pilih sinyal yang diinginkn

Pilih sinyal LTE Only (Pilih LTE/WCDMA bila sinyal 4G belum stabil di daerah kalian). Tunggu hingga sinyal 4G muncul.

Tanpa Cabut Kartu! Begini Cara Memunculkan Sinyal 4G di MIUI 8

#5 Tutup pengaturan. Selesai!

Bila sinyal 4G telah muncul, maka kita dapat menutup jendela pengaturan. Selamat menikmati sinyal 4G! untuk kecepatan dan kekuatan sinyal setiap provider berbeda – beda, tergantung dari cakupan area (coverage) dan kestabilan sinyal di daerah anda.


Tanpa Cabut Kartu! Begini Cara Memunculkan Sinyal 4G di MIUI 8

Tips agar bisa masuk ke pilihan sinyal

Ada beberapa cara agar berhasil masuk ke pengaturan sinyal ini sesuai pengalaman kami:

  1. Tekan kedua aplikasi (Phone & Phone Testing) secara bersamaan
  2. Tekan aplikasi (shortcut) >phone berkali – kali, kemudian langsung buka aplikasi phone testing.
  3. Tekan phone dan phone testing berurutan tetapi dengan kecepatan super, seakan – akan terlihat ditekan secara berbarengan.
  4. Setelah menekan aplikasi (shortcut) phone, jari kita staby di layar untuk memilih Phone Testing dan phone info
  5. Be creative! Atau mungkin kalian bias pakai cara sendiri, yang penting masuk ke pengaturan sinyal sebelum sinyal muncul.

Bila kurang kesabaran mungkin cara ini terlihat sedikit mustahil, tetapi percayalah bahwa sudah banyak orang yang berhasil, termasuk admin rinditech.com. Namun bila cara ini dirasa malah lebih susah dari cara ‘cabut kartu’ maka tidak ada larangan juga tetap menggunakan cara yang sebelumnya yang dirasa lebih nyaman dan praktis.

Bila masih bingung dengan langkah ke #3 dan belum pernah melakukan pengaturan 4G dengan cara cabut kartu, kami sarankan untuk mencoba dahulu tutorial memunculkan sinyal 4G dengan cabut kartu (link tutorial ada di akhir artikel ini), bila sudah mengerti di tutorial tersebut maka teman - teman tidak akan kesulitan memahami langkah ke #3.

Bagaimana dengan cara mengatifkan Mode Pesawat (Airplane Mode)?

Ada yang bilang dengan mengaktifkan mode pesawat (flight mode) maka kita akan dapat memunculkan pengaturan 4G di panggilan *#*#4636#*#*, mungkin ada yang berhasil tetapi sampai saat ini kami tidak dapat masuk ke pengaturan sinyal melalui fight mode di MIUI 8.

Bagaimana bila Shortcut yang telah dibuat tidak ada?

Setelah menekan tombol Create seharusnya shortcut Phone muncul di homescreen, namun bagaimana bila tidak muncul dan tidak ditemukan walaupun sudah dicari?. Solusinya ada pada bagian perizinan atau permission, untuk lebih jelasnya bisa dilihat di artikel "Cara Memunculkan Shortcut Aplikasi di Home screen" (Link artikel ada di bagian 'Artikel Terkait' di akhir artikel ini.

Semoga artikel ini membantu teman – teman yang sedang mencari alternative cara untuk memunculkan sinyal 4G di Smartphone xiaomi Tanpa Cabut Kartu SIM (sim card). Karena cabut pasang kartu dengan intensitas yang tinggi akan meningkatkan resiko kerusakan pada simcard holder.

Bila menghadapi kendala atau memiliki pertanyaan langsung saja simpan di kolom komentar dibawah. Kita akan bantu semaksimal mungkin. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak. #beWiseUser!


Artikel Terkait:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

69 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Kamis, Juli 09, 2020
    Otak-atik di apk phone ya? Apa bisa comot apk rom cina buat ganti rom global
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juli 09, 2020
      maksudnya comot itu gimana ya? kalau ROM itu kan gak bisa langsung install dari HP, harus pake PC untuk flash dan install
  2. enojr
    enojr
    Rabu, April 11, 2018
    (com.android.phone.UserPLMNListPreference)
    di hp saya kaga muncul tulisan itu
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, April 12, 2018
      Coba diperiksa lagi mas langkah - langkahnya, soalnya itu pilih bagian "Phone" nya ada 2 kali. siapatau salah dibagian itu. semoga membantu mas Eno :)
  3. Unknown
    Unknown
    Jumat, Juni 23, 2017
    Cara 1 aja aku udah gaada , gimana nih bingung
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juni 24, 2017
      Coba di cek di bagian permission, izinkan aplikasi tampil di halaman utama. Apabila terasa sulit, disarankan mencoba dulu cara memunculkan sinyal 4g dengan cabut kartu.
  4. Unknown
    Unknown
    Kamis, Juni 15, 2017
    Gan pas masuk ke phone info ga ada menu buat pilih jaringan walaupun sinyal blm muncul, itu gmn ya? Mohon pencerahan
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Juni 16, 2017
      Posisi di ROM versi berapa gan? kalau memang sulit muncul, saya sarankan pake yang cara cabut kartu gan
  5. Unknown
    Unknown
    Minggu, April 09, 2017
    Aku ngubah jaringan 4G make yang mencabut kartu sim. Dah jadi 4G memang sinyalnya. Tapi kok kartunya gak berfungsi buat ngecek kuota, ditelfon/nelfon orang lain dsb. Itu kenapa ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, April 09, 2017
      itu memang efek dari pemilihan "LTE Only". kalau ingin tetap bisa nelpon /ditelpon pilih yang "LTE/WCDMA". selamat mencoba
  6. Unknown
    Unknown
    Minggu, Maret 19, 2017
    Brhsil gan, tpi ane pke aplikasi 4G LTE only mode-Network tool sma aplikasi phone testing..jdi gk perlu pke shortcut lgi, lebih praktis
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Maret 19, 2017
      Mantap gan! selamat, mudah2an membantu.
      terimakasih atas testimoni nya,
  7. Unknown
    Unknown
    Selasa, Januari 17, 2017
    gan kalo pake cara diatas ada dampak buruknya nggak?,terus kalo di reboot bakalan ilang nggak?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Januari 17, 2017
      selama ini sih aman2 aja gan, ga ada dampak apapun. klo di reboot bakalam hilang lagi.
  8. Unknown
    Unknown
    Selasa, Januari 17, 2017
    gan kalo udah pake cara gini terus restart/reboot hp bakalan ilang ngga?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Januari 17, 2017
      tetap hilang gan, harus diatur lagi seperti diatas
  9. Unknown
    Unknown
    Jumat, Januari 06, 2017
    Parah bener dah xiaomi ini. Di upgrade bukannya bagus, malah nambah masalah. Di upgrade ke MIUI 8.1.3.0 Malah gak bisa di setting sama sekali. Mulai dari cabut kartu sampai download aplikasi. Nampaknya mesti di downgrade ke MIUI 7. Btw, kira² ada gk dampak buruknya kalo di downgrade?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Januari 06, 2017
      dampak buruk nya sih paling tidak mendapat fitur2 terbaru yang ada di rom lebih baru. selebihnya paling bug yg belum diperbaiki di rom tersebut.
  10. BuBu
    BuBu
    Rabu, Januari 04, 2017
    Ga bisaaaaaa hiiiiiiksssss
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Januari 06, 2017
      ga bisa pas bagian mana gan? coba lagi gan..
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Irwan
    Irwan
    Sabtu, Desember 31, 2016
    Mas, punyaku Xiaomi Redmi Note 3 Pro (MIUI 8.1.4.0), dah coba berbagai cara, lepas sim card, pakai 4636, change location, pakai LTE discovery, 4G LTE Only Switch. Nihil semua. Kemudian cara mas yang agak simple, yaitu tanpa cabut sim card, pada bagian Quickshortcut tidak ada cantuman com.android.phone.UserPLMNListPreference. Wah kacau semua mas, buntu. Oh iya, nih Xiaominya belum diroot
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Desember 31, 2016
      untuk yang terlanjur update ke rom miui 8.1 bisa baca alternatif solusinya di artikel ini.
      http://www.rinditech.com/2016/11/cara-memunculkan-sinyal-4g-di-miui-8-7-2-kartu-sim-aktif.html
  13. dandy
    dandy
    Jumat, Desember 23, 2016
    gan punyaku bukan com.android.phone.UserPLMNListPreference yang keluar. terus pilih apa gan ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Desember 24, 2016
      maksudnya gmn gan? ga ketemu gitu pengaturannya?
    2. Racing Gamer's Spot
      Racing Gamer's Spot
      Sabtu, Februari 11, 2017
      Iya gan di hp ane juga ga ada
  14. Soffy
    Soffy
    Jumat, Desember 23, 2016
    Kak Xiaomi saya ke update muiu 8.1.4 jadi di pilihan quick short tidak ada lagi pilihan phone, bagaimana ya kak agar 4G saya kembali
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Desember 24, 2016
      untuk yang sudah terlanjir terupdate ke miui 8.1 penjeladannya ada di artikel ini gan, bagian akhir.
      http://www.rinditech.com/2016/11/cara-memunculkan-sinyal-4g-di-miui-8-7-2-kartu-sim-aktif.html
    2. Irwan
      Irwan
      Sabtu, Desember 31, 2016
      Punyaku juga tak ada
  15. Unknown
    Unknown
    Rabu, Desember 21, 2016
    Sama2 gan,
    Semoga bermanfaat, hehe😁
  16. Unknown
    Unknown
    Rabu, Desember 21, 2016
    Download phonesetting&LTEDiscovery aja
    1. Unknown
      Unknown
      Sabtu, Januari 07, 2017
      maaf bukan phone setting tp phone testing
  17. Unknown
    Unknown
    Rabu, Desember 21, 2016
    Klo ane download 1.phonesetting&LTEdiscovery Gan.
    Klik phone setting-sim 1/2(mana yg mw dipake) - back menggunakan tombol"home"bukan tombol back.
    2.klik LTEDiscovery-pilih menu paling kiri atas-muncul tulisan"start"-klik start(jaringan akan hilang)setelah ilang-klik tombol riwayat pada hp(paling kiri bawah) - pilih yg phonesetting td-udah tinggal pilih jarkngan yg disuka.
    Selamat mencoba
    Smoga bermanfaat.
  18. Unknown
    Unknown
    Rabu, Desember 21, 2016
    Ane dah nemu cara lain gan download (phonesetting&LTE Discovery)
    1.klik phonestting-pilih sim 1/2 yg mw diinternetin-back pake tombol"home" bukan tombol back.
    2.klik LTEDiscovery-klik menu kiri atas-klik start(saat klik start jaringan akan hilang) - klik tombol di HP history(paling kiri) - pilih riwayat phonesetting td-udah tinggal pilih jaringan yg disuka.
    Semoga bermanfaat.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 21, 2016
      wahh.. patut dicoba nih.. makasih banyak gan ats sharingnya..
    2. Unknown
      Unknown
      Sabtu, Januari 07, 2017
      phone testing bukan phone setting
  19. Unknown
    Unknown
    Rabu, Desember 21, 2016
    Ane gagal terus gan padahal dah cepet tapi aplikasi phone testingnya lama ngebukanya pas abis klik shortcut phone ada solusi lain ga gan cape kalo.harus copot kartu sim
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 21, 2016
      coba terus gan, ane juga ga langsung berhasil. eksperimen dgn berbagai cara. selamat mencoba (lagi)..
  20. Unknown
    Unknown
    Minggu, Desember 18, 2016
    Gan nyari yg mw di shortcut kok gk da ya yg ini (com.android.phone.UserPLMNListPreference)
    Mohon pencerahanny
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 20, 2016
      coba cari lagi pelan - pelan gan. atau coba periksa pengaturan perizinan keamanannya (permission).
  21. Unknown
    Unknown
    Rabu, Desember 14, 2016
    Thanks ya, artikelnya sangat membantu. Terima kasih sudah menyempatkan memberikan tutorial ini dan akhirnya berhasil...
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 14, 2016
      Sama - sama mas Heri, senang dapat membantu. selamat atas keberhasilannya...
      terima kasih atas testimoni nya.
  22. Tampilkan selengkapnya
  23. Unknown
    Unknown
    Senin, Desember 12, 2016
    Saya sudah coba caranya. Tapi setelah muncul 4Gnya knp tidak bisa tlp ya? Cek pulsa juga tidak bisa. Internetnya sih bisa. Apkah ada yg pernah alami hal serupa? Mohon pencerahannya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 13, 2016
      kalau memilih jaringan "4G ONLY" memang akan seperti itu ga, coba pilih jaringan "LTE/WCDMA".
      semoga membantu,
  24. Unknown
    Unknown
    Kamis, November 24, 2016
    Makasih gan. baru coba 2x langsung berhasil..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, November 24, 2016
      mantapss.. siap gan sama - sama, senang dapat berbagi.
      terima kasih testimoni nya gan!
  25. Unknown
    Unknown
    Kamis, November 24, 2016
    makasih gan, coba 2x langsung berhasil. cara ini memang harus secepat mungkin.
  26. Bobby R
    Bobby R
    Selasa, November 15, 2016
    Mas , saat create ga keluar aplikasi gambar telepon birunya.
    hp saya redmi note 3 pro
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, November 15, 2016
      Coba cek permissionnya gan di bagian security. klo belum ada tinggal di tambahkan
  27. Unknown
    Unknown
    Jumat, November 04, 2016
    Gan kok di gw shortcutnya ga muncul ya?padahal udah sama kek di tutor dan udah ganti aplikasi quickshortcutnya ttp ga bisa gan ,mungkin nemu solusinya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, November 04, 2016
      coba ulangi lagi dari awal gan, mungkin ada yang salah pencet, samar - samar soalnya pas pilih shortcut. Atau re-install semua aplikasi yang digunakan, mungkin ada error saat pemasangan.
    2. Unknown
      Unknown
      Minggu, November 06, 2016
      sama bro, ga muncul
    3. Bobby R
      Bobby R
      Selasa, November 15, 2016
      sama bro gw juga ga muncul
    4. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, November 16, 2016
      coba cek permissionnya gan.. mungkin ada yg belum diizinkan, semoga membantu
  28. Unknown
    Unknown
    Minggu, Oktober 30, 2016
    Rdmi 3s mui 8
    ....30 ttep gk bisa gan. Ada yg bisa bantuin??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 31, 2016
      coba diatur APN nya gan di bagian Settings. dan sesuaikan pengaturannya berdasarkan operator yang digunakan, semoga membantu
  29. Unknown
    Unknown
    Kamis, Oktober 27, 2016
    udah ane coba & working gan
    cuma ane ngerasa walo dapet 4G tp koneksinya lelet, ga secepat 4G default sebelum upgrade MIUI.
    Apa ngalami hal yang sama? atau tau masalahnya kenapa ya?
    ane pake renote 3 pro
    makasih sebelumnya gan
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Oktober 27, 2016
      ganti kartu ga gan? disini juga ada yang pake renote 3 pro tapi ga ada masalah koneksi gan. atau mungkin sedang tidak stabil gan sinyal 4g nya disana,
  30. Unknown
    Unknown
    Selasa, Oktober 25, 2016
    kalo gua ,,cuman pakai aplikasi Phone Testing dan 4G LTE only Switch -Speed test linknya https://play.google.com/store/apps/details?id=com.simplistic.forcelte&hl=en....prosedurnya sama..setelah buka aplikasi 4G LTE pilih FORCE 4G/3G/2G,aplikasi akan tutup sendiri dan teman2 langsung klik aplikasi Phone Setting,,lebih mudah teman2...udah sy coba dan work tanpa ribet
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Oktober 25, 2016
      wahh cara baru niihh.. bisa di coba nih, makasih banget gan atas sharing nya. :D
    2. Unknown
      Unknown
      Rabu, Oktober 26, 2016
      sama2 gan...sebagai referensi,gua pake redmi 3 miui 8.0.2.0(LAIMIDG) di patch dengan fix LTE miui8,so far no problem,,
    3. Unknown
      Unknown
      Senin, November 07, 2016
      Agak sulit ya, soalnya sinyal nya langsung ada cepet banget
    4. Unknown
      Unknown
      Senin, November 07, 2016
      Kok saya ngga bisa ya gan, hp sama versi miui nya sama. Cepet banget keluar sinyal soalnya
    5. Unknown
      Unknown
      Kamis, Februari 02, 2017
      Thanks informasinya
      Berhasil juga
  31. HP Driver Link
    HP Driver Link
    Minggu, Oktober 23, 2016
    untuk miui 8.0.5.0 apakah bisa juga gan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 24, 2016
      bisa gan. ini juga praktekin nya di MIUI 8.0.5.0 dan dicoba berkali - kali tetap aman terkendali tidak ada masalah.
    2. HP Driver Link
      HP Driver Link
      Jumat, Oktober 28, 2016
      Koq tetep gak bisa ya gan di 8.0.5.0
    3. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Oktober 28, 2016
      coba pake cara cabut kartu yg ini gan:
      http://www.rinditech.com/2016/09/cara-agar-sinyal-4g-kembali-miui-8-xiaomi-redmi-note-3.html
  32. Unknown
    Unknown
    Jumat, Oktober 21, 2016
    mantap, work gan thx
    meski harus coba beberapa kali
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Oktober 21, 2016
      mantaps! selamat gan, memang harus dicoba - coba gan. kalau sudah bisa gampang. lumayan kan ga usah cabut - cabut kartu lagi.

      makasih gan testimoni nya.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!