Cara Long (full) screenshot di Smartphone Xiaomi

Berikut ini adalah cara untuk mengambil gambar screenshot yang panjang /full dari atas sampai bawah halaman di Smartphone Xiaomi, sering disebut juga dengan long screenshot. Fitur ini dapat digunakan di Smartphone Xiaomi type apa saja dengan syarat telah menggunakan sistem operasi MIUI 8 (8.0.1.0) atau lebih baru. Kali ini kami praktekan di Smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro.

Long screenshot /full page screenshot  ini adalah salah satu fitur unggulan yang ditawarkan Xiaomi di sistem operasi terbarunya yaitu MIUI 8. TIdak masalah versi android yang anda gunakan, KitKat /Lollipop /Marshmallow, asalkan telah menggunakan ROM MIUI 8.

Fitur – fitur yang ada di MIUI 8 tidak kalah dengan fitur – fitur yang ditawarkan oleh smartphone terbaru bahkan bisa dikatakan fitur – fitur yang ada di MIUI 8 dapat disetarakan dengan fitur – fitur yang dimiliki smartphone kalangan atas (high-end).

Sekali lagi kami ingatkan bahwa fitur ini dapat dilakukan pada sistem operasi /ROM versi: MIUI 8. Untuk mengetahui sistem operasi yang sedang digunakan oleh smartphone Xiaomi anda, bisa dilihat pada artikel ini: Cara Foto Selfie dengan Fingerprint di Xiaomi.
Cara long (full) screenshot di Smartphone Xiaomi

Cara Melakukan full /long screenshot di Smartphone Xiaomi

#1 Buka halaman yang ingin anda (full) screenshot (contoh: sistem, gallery, halaman website,dll)
#2 Tekan tombol volume bawah +power secara bersamaan hingga muncul gambar thumbnail (hasil screenshot) di pojok kanan atas.
#3 Segera Tap /Pilih gambar thumbnail yang muncul di pojok kanan-atas sebelum hilang dan menu baru akan muncul
Cara long (full) screenshot di Smartphone Xiaomi

#4 Pilih Scroll (Kiri-Bawah) pada menu baru dan sistem akan otomatis melakukan full screenshot
 Cara long (full) screenshot di Smartphone Xiaomi 

#5 Selesai!. Hasil full /long screenshot akan otomatis tersimpan ke dalam Gallery (screenshot)
Cara long (full) screenshot di Smartphone Xiaomi

Setelah semua langkah diatas selesai, maka hasil full /long screensot sudah dapat dilihat dan tersimpan di folder screenshot pada gallery seperti biasanya dengan type yang sama dengan screenshot biasa. Pada langkah ke 3 (Tap gambar thumbnail yang muncul di pojok kanan-atas) memang harus segera dilakukan karena thumbnail hasil screenshot tersebut akan otomatis menghilang dalam 3 detik.

Semoga artikel mengenai cara melakukan full /long screenshot ini dapat membantu dan memaksimalkan penggunaan smartphone anda untuk menunjang pekerjaan ataupun kebutuhanpribadi anda. Bila ada kendala atau masalah dalam menerapkan cara ini jangan sungkan – sungkan untuk bertanya dan berdiskusi pada kolom komentar, kami coba bantu semaksimal mungkin. Jadilah pengguna yang  bijak. #beWiseUser

Artikel Terkait:
Cara Mengaktifkan One-handed mode di Xiaomi
Cara Ganti Nama Operator di Smartphone Xiaomi
Cara Hidden Foto atau File di Smartphone Xiaomi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

12 comments

Write comments
November 2, 2016 at 7:50 AM delete

hpku Xiaomi redmi 3 prime udah miui 8 tp setelah tap hasil ss, kok tombol gulirnya gak bisa, ada keterangan aplikasi tidak mendukung fitur ini... bagaimana solusinya?

Reply
avatar
November 3, 2016 at 2:10 PM delete

memang ada beberapa aplikasi yang belum mendunkung penggunaan long screenshot ini, tidak ada yang salah dengan hpnya. untuk memastikannya coba ambil gambar long screenshot pada halaman setting di smartphone xiaomi nya, kalau berhasil berarti hanya aplikasi yang ingin diambil gambarnya saja yang memang tidak (belum) mendukung fitur ini. semoga membantu,

Reply
avatar
May 20, 2017 at 9:11 AM delete

Makasih tips nya gan...
Sangat bermanfaat 😘

Reply
avatar
May 22, 2017 at 12:07 AM delete

Sama sama Mba Irma, senang dapat berbagi. :D

Reply
avatar
June 15, 2017 at 5:23 PM delete

Minta solusinya gan punya ane hasilnya cuman bagian yg akhir??

Reply
avatar
June 16, 2017 at 1:19 PM delete

itu pas screenshot dimana gan? memang ada aplikasi-aplikasi yang tidak bisa menggunakan full-screenshot

Reply
avatar
June 28, 2017 at 2:30 AM delete

gan mau tanya.. xiaomi saya kadang bisa kadang tidak untuk long ss, dan pernah saya coba kirim link nya ke teman yg sama xiaomi tapi beda tipe bisa. kira salah di mana ya gab

Reply
avatar
June 29, 2017 at 11:16 AM delete

banyak faktor gan, bisa dari browser yang digunakan, versi ROM atau juga type handophone yang digunakan. bisa dicoba dengan ganti browser atau perbarui sistem dengan update OS dengan MIUI terbaru.

Reply
avatar
July 31, 2017 at 7:24 PM delete

Hp ku pernah bisa screenshot pake gulir tapi kok skrg gabisa ya gan, kenapa

Reply
avatar
August 1, 2017 at 12:14 PM delete

perlu diketahui bahwa tidak semua aplikasi bisa menerapkan long screenshot. masih ada beberapa aplikasi yang tidak support untuk diambil long screenshot. selebihnya mungkin bisa melakukan update software atau pembersihan sistem secara berkala.

Reply
avatar
August 5, 2017 at 12:38 AM delete

Device ku redmi pro 64 gb rom masih asli dari distri tapi tombol gulir tdk pernah bekerja warna gelap terus

Reply
avatar
August 5, 2017 at 10:26 PM delete

memang ada beberapa aplikasi yang tidak menggunakan fitur long ss gan. atau bisa jadi karena ROM distributor nya yang bermasalah gan, disarankan untuk diupdate dulu ke rom terbaru. semoga membantu :)

Reply
avatar