Cara Ganti ROM Distributor ke ROM Global Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Rindi Putra
105 Komentar
Beranda
Tutorial
Xiaomi
Cara Ganti ROM Distributor ke ROM Global Xiaomi Redmi Note 3 Pro
Cara Ganti ROM Distributor ke ROM Global Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Redmi Note 3 Pro kamu isinya aneh – aneh? Ada aplikasi China /India yang sudah terinstall? Ada UC Browser? Ada Baidu? Atau aplikasi yang pas dibuka ternyata isinya bahasa china semua? Atau berita seputar India/China? FIX! Berarti smartphone baru kamu masih menggunakan ROM Distributor atau illegal alias tidak resmi!. Segeralah ganti ROM dengan cara melakukan flash /flashing smartphone Xiaomi kamu dengan ROM Global (resmi).

Cara Flash atau ganti ROM distributor ke global ini telah kami coba di Smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro (Qualcomm Snapdragon) dan 100% berhasil pada percobaan pertama, begitu juga pada percobaan – percobaan selanjutnya alias tidak pernah gagal. Jadi sepertinya teman – teman semua tidak akan menghadapi kendala yang berarti selama mengikuti langkah – langkah dan petunjuk yang ada pada artikel ini. 

Alternatif untuk Downgrade ROM ke MIUI 7

Cara ini juga dapat dipakai untuk melakukan downgrade ROM dari MIUI 8 atau lebih baru ke MIUI 7 dimana kebanyakan alasan dalam downgrade ROM ini adalah adanya masalah dalam memunculkan sinyal 4G di MIUI 8 terutama pada MIUI versi 8.1 (Marshmallow). Setelah mengganti ke MIUI 7.1.8.0 ini maka pengaturan sinyal 4G akan muncul secara permanen.

Sebelum ke langkah – langkah, pastikal dahulu bahwa kita telah download file – file dibawah ini:

Setelah semua file diatas siap, maka kita bisa langsung eksekusi. Posisi komputer saat kami melakukan flashing menggunakan Windows 7 (64-bit) dan telah terinstall Xiaomi PC Suite (Mi PC Suite), bila belum install-lah Mi PC Suite terlebih dahulu sebelum memulai flashing.

Perhatian:
  • Kami melakukan Flashing dengan ROM Versi 7.1.8.0 dan berhasil, bila ingin langsung ganti ke ROM yang lebih baru silahkan, resiko ditanggung penumpang. hehe
  • Disarankan untuk membaca semua langkah dibawah sampai selesai kemudian baru dipraktekan agar tidak mengalami kebingungan ditengah jalan.

Step by step Cara Ganti ROM Distributor ke ROM Global di Xiaomi Redmi Note 3 Pro

#1 Aktifkan Developer mode

Aktifkan Developer mode dengan cara masuk ke bagian >Settings >About  phone kemudian  ketuk /tap 7 -12 kali pada bagian MIUI version sampai muncul pop up bertuliskan you are now a developer.

#2 Aktifkan USB Debugging

Setelah mengaktifkan mode developer barulah kita dapat mengaktifkan USB debugging dengan cara buka kembali bagian >Settings >Additional Settings >Developer Options kemudian Centang (Aktifkan) >USB debugging.

Bagi yang masih bingung cara mengaktifkan Developer mode dan USB debugging bisa dilihat penjelasan detailnya pada artikel berikut ini (dilengkapi dengan GAMBAR): Cara Menghubungkan Smartphone Xiaomi ke PC /Komputer

#3 Hubungkan Smartphone Xiaomi ke Komputer /PC

Setelah mengaktifkan USB debugging hubungkan smartphone Xiaomi ke Komputer dengan menggunakan kabel USB. Disarankan menggunakan kabel Original Xiaomi (optional).

#4 Buka File cmd.exe di Folder AnF

Setelah smartphone terhubung, extract file anf.zip kemudian jalankan file cmd.exe yang ada pada folder tersebut.

#5 Setting authorization

Masih pada jendela cmd yang telah dibuka tadi, ketik: ADB DEVICES kemudian >Enter. Bila hasilnya masih unauthorized, lihat pada layar smartphone anda biasanya akan muncul (pop up) permintaan authorize, pilih OK.

Setelah pilih OK. Ketik lagi perintah yang sama (ADB DEVICES) >Enter. Bila hasilnya device maka kita siap untuk langkah selanjutnya.

Cara Ganti ROM Distributor ke ROM Global Xiaomi Redmi Note 3 Pro

#6 Setting smartphone ke mode download

Setelah tulisan device muncul ketik: ADB REBOOT EDL >Enter. Smartphone akan masuk ke mode download ditandai dengan layar mati lalu lampu LED warna merah berkedip – kedip.

Cara Ganti ROM Distributor ke ROM Global Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Pada tahap ini smartphone Xiaomi anda beradap pada download mode dimana sangat disarankan untuk tidak melakukan apapun pada smartphone dan kabel USB yang sedang digunakan.

#7 Extract File ROM Global (7.1.8)

Extract file ROM Global yang tadi telah di download

#8 Install & Buka MiFlash

Setelah melakukan Extract file ROM Global, Install Aplikasi MiFlash dan kemudian buka aplikasi tersebut.

#9 Arahkan MiFlash ke folder ROM Global

Klik >Browse pada MiFlash kemudian arahkan pada folder ROM Global yang tadi telah di extract. Pilih Folder kenzo bukan images. Klik >OK.

Cara Ganti ROM Distributor ke ROM Global Xiaomi Redmi Note 3 Pro

#10 Setting Flashing mode di MiFlash

Pilih >Refresh pada jendela MiFlash akan muncul file COMXX, pilih (centang) file tersebut.  Kemudian pilih >Flash all pada pengaturan flash.

Cara Ganti ROM Distributor ke ROM Global Xiaomi Redmi Note 3 Pro

#11 Flash

Setelah pengaturan flashing selesai maka smartphone anda siap untuk di lakukan penggantian ROM. Klik tombol >Flash pada jendela MiFlash kemudian tunggu sampai program selesai melakukan flashing yang ditandai dengan tulisan “completed successfully”.

Cara Ganti ROM Distributor ke ROM Global Xiaomi Redmi Note 3 Pro Cara Ganti ROM Distributor ke ROM Global Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Pada langkah ini jangan otak-atik /pindah – pindah smartphone anda, karena proses ini sangat krusial, bila terganggu ancaman bootloop menanti smartphone anda.

#12 Cabut Kabel & Hidupkan smartphone

Setelah proses flashing selesai, cabut kabel USB kemudian hidupkan smartphone dengan menekan tombol power. Untuk menghidupkan smartphone setelah di flash harus menekan tombol power lebih lama dari biasanya, jangan panik.

Kalau tidak ganti ROM bagaimana?

Sebenarnya kami juga berniat bertahan di ROM distributor karena pada prinsipnya tidak ada yang kurang dari ROM distributor yang ada. Namun percayalah, hehe, setelah teman – teman ganti ke ROM global akan terasa sekali perbedaannya menggunakan ROM distributor dan menggunakan ROM Global. 

Lebih ringan iya, lebih bersih iya, dan lebih – lebih lainnya yang hanya bisa dirasakan bila kalian migrasi dari ROM distributor ke Global.

Efek Menggunakan ROM Distributor

  • Selamanya tidak akan mendapatkan Update ROM (operating sistem) official /resmi
  • Akan banyak iklan illegal muncul baik saat browsing ataupun membuka aplikasi
  • Aplikasi yang sedang dipakai bisa tiba – tiba menutup sendiri
  • Keamanan data pribadi SANGAT rentan. (Baca: Ditemukan 4 program jahat (malware) pada Xiaomi mi4)
  • Dan efek buruk lainnya.
Setelah melakukan flashing atau penggantian ROM ini semua file yang ada di smartphone xiaomi anda akan terhapus, begitu juga aplikasi, maka simpanlah (backup) file – file penting ke memori external atau flashdisk OTG sebelum melakukan flashing.

Selesai!

Setelah melalui langkah ke 12 tersebut maka anda berhasil melakukan flashing atau mengganti ROM distributor ke ROM Global pada smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro anda. Rasakan tampilan yang lebih nyaman dan ringan pada ROM baru dan resmi dari Xiaomi.

Jangan lupa untuk melakukan update software ke versi terbaru langsung via updater untuk mendapatkan pengalaman maksimal dari smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro anda.

Bila teman – teman mengalami kendala, silahkan simpan pertanyaan atau permasalahan yang dihadapi pada kolom komentar dibawah, kami akan bantu semaksimal mungkin. Semoga tutorial ini membantu teman – teman yang sedang mencari cara step by step untuk mengganti ROM Distributor ke ROM Global pada smarpthone Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Tetap bijak sebagai pengguna!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

105 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Rabu, April 06, 2022
    setelah mengikuti semua langkah apakah saat mau menyalakan ponsel memang lama saaat proses booting awal?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, April 06, 2022
      Iya. Lumayan lama, beberapa menit kadang lebih dari 10 menit.
  2. ddr
    ddr
    Minggu, Januari 31, 2021
    mantul.....
  3. Unknown
    Unknown
    Senin, Maret 25, 2019
    masih bisa dipakai gak turorialnya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Maret 25, 2019
      Selama HP nya belum diotak - atik, harusnya masih bisa pake cara ini. Selamat mencoba :)
  4. abaiiajj
    abaiiajj
    Senin, Oktober 22, 2018
    indikator batrai hilang dan ada notiv batre -2% gimn gan
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Maret 25, 2019
      sepertinya installnya kurang sempurna gan, kalau kita sih saraninnya di install ulang aja. tapi klo mau spesifik ke masalah itu silahkan saja di google gan, kyknya sudah banyak juga tutorialnya khusus untuk masalah notif dan indikator baterai yang hilang. :)
  5. Unknown
    Unknown
    Rabu, Juli 25, 2018
    klau muncul pesan pas flashingp "open serial port COM6 failed" bagaimana solusinya gan ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juli 26, 2018
      sepertinya ada masalah saat instal hp ke komputer. coba saja ulangi lagi. pastikan hasil tiap langkahnya sama kyk yang ada di tutorial. selamat mencoba kembali! :)
  6. Unknown
    Unknown
    Rabu, Juli 04, 2018
    Habis flashing, Bahasa indonesia sama 4g ilang gak gan,.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juli 05, 2018
      Bahasa Indonesia Ada. 4G tetep ada klo masih di MIUI 7.1.8 yang ada di tutorial ini.
  7. candra
    candra
    Rabu, Juni 27, 2018
    gan untuk MiFlash nya kagak mau download error trus hehhe kagak tau komputer saya ato link error, kalo boleh tau versi berapa ya saya cari di link lain thanks gan
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Juni 29, 2018
      udh di cek aman - aman aja gan link nya. coba downloadnya di komputer lain. klo mau cari di link lain juga silahkan gan, cari yang miflash tool yg terbaru aja. selamat mencoba :)
  8. Sahel Selsabeel
    Sahel Selsabeel
    Senin, Juni 25, 2018
    waktu ngeflash pake miflash kok error terus ya pas diklik 'flash' nya. kira-kira kenapa gan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juni 25, 2018
      menurut pengalaman sih itu karena hp nya ga terinstall sempurna di komputer nya. coba aja ulangi langkah - langkahnya gan tapi pelan2 jangan sampai ada yang terlewat. selamat mencoba kembali :)
  9. Unknown
    Unknown
    Jumat, Juni 22, 2018
    min klo laptopnya win10 bsa ga? trus hp saya redmi note 3 ram 2/16 hexacore snapdragon,, ikutin cara diatas bisa gak min?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Juni 22, 2018
      bisa banget gan pake win10. kapasitas ram ga pengaruh, yg penting firmware nya pake snapdragon. selamat mencoba! :)
  10. Kevin Effendi
    Kevin Effendi
    Rabu, Juni 20, 2018
    Terima kasih buat tutorialnya gan! langkahnya mudah dimengerti dan tidak dijumpai kendala selama proses ganti rom dari ROM distributor 7.1.9.
    Top abis!
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juni 21, 2018
      Sama - sama Kevin!
      makasih testimoninya..
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Unknown
    Unknown
    Senin, Mei 07, 2018
    di miflash kok gak ada seperti langkah nomer 10 ya gan?? COMXX nya gak muncul
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Mei 09, 2018
      berarti HP nya agan belum ke-detect di komputer. sudah berhasil dihubungkan dengan mi PC Suite belum gan?
  13. Unknown
    Unknown
    Jumat, September 29, 2017
    mau nanya dong gan, kalo xiaominya belum di UBL apakah bisa pake tutorial di atas?
    sebelum melakukan cara di atas apakah ada pengaturan tertentu yang harus di lakukan pada pc windows 7? mohon penjelasannya.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, September 29, 2017
      Bisa banget gan, tutorial ini bisa buat xiaomi yang belum di UBL dan yang sudah, HP yang masih baru dari distributor juga bisa pake cara yang ini.

      ga ada pengaturan khusus di PC, selain memasang MiPC Suite sebelum proses penggantian ROM dimulai. semoga membantu :)
  14. Unknown
    Unknown
    Rabu, Juni 21, 2017
    Gan kalau redmi note 2 bisa pakek tutor tsb gak
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juni 24, 2017
      sepertinya tidak bisa gan, selain belum pernah dicoba juga file firmware yang digunakan pasti berbeda.
  15. Wely chandra
    Wely chandra
    Sabtu, Juni 17, 2017
    siap saya test doakan berhasil
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juni 24, 2017
      Siap! Semoga berhasil gan,
  16. Unknown
    Unknown
    Jumat, Juni 16, 2017
    Kalo pake win7 32bit bisa kah. Terima kasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juni 17, 2017
      Saya pribadi belum pernah coba gan, coba baca komentar - komentar sebelumnya, ada juga yang berhasil. Tapi tetap saya sarankan menggunakan yang 64-bit.
  17. Unknown
    Unknown
    Jumat, Mei 19, 2017
    gan abis di flash batrenya ko jadi -2% padahal sebelum di flash full batrenya
    sama tetep udah di charge juga -2%
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Mei 20, 2017
      Mungkin saat flash ada proses yang kurang sempurna gan, coba dulu digunakan minimal 1 hari. kalau masih belum normal saya sarankan ulangi lagi proses flash dari awal. semoga membantu
  18. Unknown
    Unknown
    Minggu, April 23, 2017
    gan, saya kan masih pke rom distributor sim 2 nya gak kebaca. gimana solusinya gan selain ganti rom ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, April 24, 2017
      mungkin network preference nya belum diatur gan (SIM >Network Preference). kalau masih tidak bisa disarankan ganti rom ke global.
  19. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Maret 25, 2017
    ada tutorial jikalau gagal flashing lalu bootloop gan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, April 24, 2017
      belum ada gan, belum pernah ngalamin bootloop soalnya. coba di cek di toko sebelah gan, mungkin sudah ada yang buat tutorialnya kalau bootloop atau gagal flash
  20. Unknown
    Unknown
    Minggu, Maret 12, 2017
    min , kalo pake ADB bisa gk?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Maret 12, 2017
      Maksudnya gmn gan? ini juga kan pake ADB buat masuk ke mode download
  21. Unknown
    Unknown
    Selasa, Februari 21, 2017
    om,,, sya udh flashing pake rom itu n berhasil... tp knp sim card silang/ga k detek ya ??
    mohon pencerahan nya om
    makasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Februari 24, 2017
      klo sudah berhasil berarti tinggal dikit2 yg dibenerin. klo intuk simcard atau sinyal bisa dicoba pake tutorial "cara memunculkan sinyal 4g di smartphone xiaomi" bisa di search di website ini aja. klo belum berhasil lanjut bales komen ini aja ya om..
  22. Tampilkan selengkapnya
  23. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Februari 18, 2017
    Mau tanya dong gan, redmi note 3 saya cpu nya octa core, itu mediatek atau snapdragon ya? Trus rom global nya itu masih versi china atau sudah ada yg global gan? (sudah ada bhs indonesianya blm yah rom globalnya?) soalnya sy baca2 ko katanya rom globalnya redmi note 3 yg ad bhs indonesia nya blm rilis? Bru ada yg china version..? Mohon bantuannya gan... Soalnya hp sy lemot sekali, bnyk iklan, tp masih ragu mau flash, takut gagal...
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Februari 20, 2017
      klo ga salah dua2 nya juga octa-core gan. klo redmi note 3 pro (snapdragon) sudah ada bhs indo nya di rom global. klo smpai skrg masih belum jelas ttg kberadaan bahasa indo berarti itu versi mediatek.
      klo.ragu ngeflash sendiri pergi ke konter2 terdekat aja gan, sepertinya byk yg bisa ngeflash
  24. Unknown
    Unknown
    Selasa, Februari 07, 2017
    gan kalo pake windows 7 32 bit bisa gak ??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Februari 10, 2017
      bisa gan, tp ada caeanya lagi. disarankan sih ttep pake yg 64 bit gan biar kemungkinan berhasil nya lebih besar
  25. Unknown
    Unknown
    Jumat, Januari 13, 2017
    wajib disable signature enggak min
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Januari 15, 2017
      klo windows 7 ga wajib.
      klo windows 8 atau windows 10 wajib
  26. newbie.blogspot.com
    newbie.blogspot.com
    Kamis, Januari 12, 2017
    Gan, itu file yang Kenzo itu habis di exktrack isinya 1 atau 2? kalau ane isinya 1 doang
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Januari 15, 2017
      cuman ada 1 folder aja gan, image. sisanya file. extract nya kedalam 1 folder aja gan biar mudah
  27. Unknown
    Unknown
    Senin, Januari 09, 2017
    GAN mau nanya nih pass gue ketik abd devices munculnya "DNS SERVER NOT AUTHORITATIVE FOR ZONE" ?? mohon bantuannya ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Januari 09, 2017
      pake windows brp gan?
  28. Unknown
    Unknown
    Senin, Januari 09, 2017
    Mo tanya ? knpa pass running di cmd saya masukkan scriptnya "abd devices" muncul "dns server not autthoritative for zone" mohon bantuanya ?
  29. Unknown
    Unknown
    Rabu, Januari 04, 2017
    gan.. waktu adb reboot edl gk masuk mode download malah ngrestart hapenya itu gimana?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Januari 06, 2017
      pastikan developer mode nya aktif gan, sama pastikan juga handphone nya terhubung sempurna saat terhubung dengan mi PC Suite. semoga membantu,
  30. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Desember 31, 2016
    gan pc saya windows 8 pr0, 32 bit bisa ga ? thxs
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Januari 01, 2017
      harusnya sih bisa gan, tapi ane belum coba sendiri tuh.. klo ragu mending minjem laptop /pc temen aja dulu gan yg pake 64 bit
  31. hikmatul ulum alawiyah
    hikmatul ulum alawiyah
    Jumat, Desember 30, 2016
    gan pas di cmd ane ketik adb devices gak ada untr sama gak ada tulisan devices nya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Desember 31, 2016
      pastikan handphone nya terbaca oleh sistem komputer gan, coba cabut dan pasang kembali kabel usb nya.. tunggu background sistem terinstall sempurna
  32. Unknown
    Unknown
    Kamis, Desember 29, 2016
    min file anf.zip nya tak ada
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Desember 29, 2016
      coba yang alternatif gan, sudah ditambahkan diatas.
      selamat mencoba (lagi) gan..
  33. Tampilkan selengkapnya
  34. Unknown
    Unknown
    Rabu, Desember 28, 2016
    haha berhasil gan. trimakasih tutorial nya. skrng sya terlepas dr rom distributor. skrng d mi8 6.12.22. nah. ini rom sya flash pke win 32 kn gan. tp sya g via EDL ni. saya lngsung mode fasbot gan sya pilih yg frmt zip tris sya flash..dan brhasil. krna pusing g kdeteksi mulu. nah itu kira2 efek nya apa ia klo g lwat EDL..??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Desember 29, 2016
      wow.. selamat gan, dimana ada kemauan disitu ada jalan.. hhehe
      klo untuk efeknya kurangtau juga tuh, belum pernah soalnya. ya mudah2an aja ga ada efeknya gan, semoga. selamat skli lagi..
      terimakasih buat testimoni nya..
  35. Unknown
    Unknown
    Minggu, Desember 25, 2016
    gan. udh nyampe adb device. dan adab reboot edl. tp hp nya g kedeteksi gimana.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Desember 25, 2016
      pastikan dulu hp nya bisa terhubung dengan pc suite gan.. kebanyakan dari sana masalahnya klo tidak terdeteksi
  36. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Desember 24, 2016
    gan. mnta tutorial yg pake 32 bit dong. ni sya udh download miflash beta ny. langkah2 nya sama ma yg di atas g.? cz anf ny g bsa d instal.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Desember 25, 2016
      salah satunya adalah harus menggunakan miflash khusus 32 bit gan, tutorialnya agak sedikit beda gan.. coba aja di google dulu gan, kynya udh hyk yg bahas juga cara ganti rom di windows 32 bit
  37. Unknown
    Unknown
    Jumat, Desember 23, 2016
    gan ini tutorial ini wajib instal anf apa g usah. karna susah ni yg puny 64 bit nya. minta tutorial yg 32 bit dong gan. klo pake yg d atas bedanya diapanya pke 32 ma 64 gan.. mf bnyak bnget tanya gan. pnasarn soalnya.
  38. Unknown
    Unknown
    Kamis, Desember 22, 2016
    Gan, metode diatas bisa untuk flash Dari global stable ke China dev? Trus untuk PC wajib yg 64bit ya? Please pencerahan mastah
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Desember 23, 2016
      bisa gan, sesuaikan saja file ROM nya. ga wajib pake 64-bit sih, tapi sangat disaranan karena kemungkinan berhasil jauh lebih besar dengan 64 bit.
      selamat mencoba gan!
  39. Unknown
    Unknown
    Kamis, Desember 22, 2016
    udh sya coba di komputer warnet smlm tp gagal gan. pc suite duh konek ma hp ane. tp mo buka anf nya g bisa. tidak compitble dg pc ktnya.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Desember 23, 2016
      oh ia gan, mungkin memang komputernya yang kurang mendukung buat buka anf. coba pinjam laptop teman saja gan yang 64 bit, semangat gan!
  40. Unknown
    Unknown
    Rabu, Desember 21, 2016
    gan format rom yg mau d diinstalnya sbelum di extrac itu hrus format apa ia.? zip. tgz. ato tar? soalnya ane pnya 2 rom yg format. zip dan .tgz. bingung :(
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Desember 22, 2016
      yang tgz gan klo pake cara ini. selamat mencoba,
  41. Unknown
    Unknown
    Rabu, Desember 21, 2016
    laptop sya 32 bit gan tp sya mau ke warnet z kira2 bisa g ia instal smua bahannya di komputer warnet gan. soalnya ska d lindungi sandi admin d warnet mah.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 21, 2016
      klo dikunci atau nggk nya mending bilang dulu ke mas warnet nya.. biar aman dan nyaman. jangan lupa pastikan dulu komputer warnet nya 64 bit. hehe
      selamat mencoba,
  42. Unknown
    Unknown
    Rabu, Desember 21, 2016
    gan mnta pin bb nte lah. biar tanya2 nya gmpang hehe. bisa g?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 21, 2016
      kontakan bisa gan pake bbm channel.. pinnya ada di daerah sidebar di blog ini,
  43. Unknown
    Unknown
    Rabu, Desember 21, 2016
    gan jwa barat nya mana ni. mo mnta tlong langsung lah. ribet sndiri mah. hehe. sya d tngerang.. admin daerah mana ia. ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 21, 2016
      daerah cianjur gan, biasanya sih konter2 hp ada juga yang buka jasa ganti rom. coba aja gan maen2 ke pusat2 elektronik dket daerah agan. kynya sih ada klo di tangerang
  44. Tampilkan selengkapnya
  45. Unknown
    Unknown
    Rabu, Desember 21, 2016
    gann.. note 3 sya di rom 8.0.1.0.0 nih. itu rom ditributor iya gan.? trus hp sya cpu nya hexa_core itu brarti mediatek ato snapdragon ia.? trus sya udh download kenzo v 8.1.1.0 itu bisa d flash pke tutorial diatas g gan? dn stu lg gan. ini hp nya hrus UBL dlu apa g usah.. krna sya dh bbrpa kli UBL stuck di 50% doang di rom ini. pdahal udh dpt ijin dri xioaminya mllui sms. mf klo bnyak tnya gan krn dh 2 mnggu ini sya cari2 yg sya bisa fahami tutorial nya d blog2. mhon bntuannya gna. trims..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 21, 2016
      kalau hexa core sepertinya snapdragon ya. bisa pake tutorial ini dan ga perlu ubl.
      semoga membantu,
  46. Unknown
    Unknown
    Senin, Desember 19, 2016
    untuk rom diatas 4G ilang nggk ya gan?
  47. Dora
    Dora
    Minggu, Desember 18, 2016
    Posisi admin dimana? Kalo di sekitar palembang pengen minta tlg d gntiin rom ny, ga berani cb sendiri ��
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 20, 2016
      posisi admin di Jawa Barat gan, hehe.
      biasanya sih tempat service hp menerima jasa ganti ROM yang seperti ini gan, coba aja dicari.
  48. Unknown
    Unknown
    Rabu, Desember 14, 2016
    gan saya ikutin langkah diatas, device saya redmi 3s pro.. cm pas yg bagian, lampu merah kedip2 ga ada gan.. saya mau up ke miui 8 global dr miui 7 global. thx
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 14, 2016
      ini tutorial untuk redmi NOTE 3 gan, bukan redmi 3s. kalau untuk yg redmi 3 pro bisa dilihat di tutorial ini:

      http://www.rinditech.com/2016/09/cara-ganti-rom-distributor-ke-global-xiaomi-redmi-3.html

      semoga membantu,
  49. Bang Ipud
    Bang Ipud
    Jumat, Desember 02, 2016
    Kalo pake win7 32 bit bisa ga gan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Desember 02, 2016
      bisa gan tapi harus pake mi flash khusus win 32-bit. disarankan sih mending pake yg x64 aja gan, kemungkinan berhasil lebih besar..
  50. Unknown
    Unknown
    Selasa, November 29, 2016
    min... MIUI 8 yang globlnya ada gak min
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, November 30, 2016
      sepengalaman admin sih mending ke miui 7 dulu gan, baru nanti update via ota (updater) ke miui 8. tapi klo mau langsung pake miui 8 silahkan aja,link nya bisa nyari di website resminya xiaomi. kalau mau nunggu juga boleh nanti bakal ada update link rom selain ke miui 7 global di blog ini (rinditech.com)
  51. Unknown
    Unknown
    Minggu, November 27, 2016
    Ini harus diubl dulu ga gan ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, November 28, 2016
      ga usah gan, cara ini tidak memerlukan unlock bootloader atau ubl. tinggal ikuti saja langkah - langkah diatas
  52. Unknown
    Unknown
    Jumat, November 25, 2016
    kalo dari rom global stabil 8.0.6.0 ke china stabil 8.0.5.0 bisa ga ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, November 25, 2016
      bisa gan, caranya sama aja. yang beda firmware nya.. pengalaman sih gitu. semoga membantu gan,
  53. Pascal Alfarizi
    Pascal Alfarizi
    Sabtu, November 12, 2016
    Mau coba tapi ngerih bootloop.. -_-
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, November 12, 2016
      Ane udh beberapa kali berhasil gan pake cara diatas.. yg lain jg udh banyak. tapi klo msh ngeri mending minta bantuan yg udh pernah gan, biar lebih tenang
  54. Unknown
    Unknown
    Kamis, November 10, 2016
    Kalo masih pake windows xp bisa g gan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, November 10, 2016
      belum tau tuh gan, tapi mending pake minimal windows 7 aja gan, yg 64-bit.. sudah terbukti berhasil
  55. Tampilkan selengkapnya
  56. Muhammad Rohmad Abdan
    Muhammad Rohmad Abdan
    Minggu, November 06, 2016
    Kalau windows 8 bisa ya gan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, November 06, 2016
      selama ini selalu pake windows 7 gan, belum pernah nyoba pake w8. tapi temen2 yg lain byk kok yg pake windows8 dan berhasil gan..
  57. Adsense
    Adsense
    Minggu, Oktober 30, 2016
    gan, kalo pakai win 10 64 bit bisa ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 31, 2016
      harusnya sih bisa gan, belum coba sendiri soalnya.
  58. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Oktober 22, 2016
    mohon pencerahan gan dalam prose "adb reboot edl" lampu indikator hape sy tidak berkedip-kedip.. saat proses flashing file "COMXX" tidak muncul
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Oktober 22, 2016
      Pastikan smartphone Xiaomi nya pernah dihubungkan dengan Komputer nya +connect ke mi pc suite nya gan di komputer yg sama.
      Selamat mencoba,
    2. Unknown
      Unknown
      Minggu, Oktober 30, 2016
      itu kan yang pro kalo yang note 3 biasa? ane pake yang manah?
      apa ada link anf nya?soalnya dari tadi saya gak bisa download itu
    3. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 31, 2016
      kalau untuk note 3 MTK (Mediatek) ane ga punya, coba di Google aja gan, sudah banyak kok yang bahas
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!