Beranda
Tips 'n Trick
Tutorial
Xiaomi
Cara Mengaktifkan One-Handed Mode di Smartphone Xiaomi
Cara Mengaktifkan One-Handed Mode di Xiaomi (Redmi Note 3)

Berikut adalah cara untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur one-handed mode pada smartphone Xiaomi. Fitur ini berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan smartphone dengan satu tangan yaitu dengan memperkecil ukuran layar, terutama untuk smartphone dengan ukuran layar besar.

Cara ini dapat di terapkan di semua smartphone Xiaomi, apalagi dengan MIUI terbaru. Kami telah mempraktekannya di hp Xiaomi Redmi Note 3 Pro dan 100% Work! Jika anda menggunakan Smartphone Xiaomi type lain silahkan dicoba juga.

Terinspirasi dari Windows Smartphone 

Fitur one-handed mode ini awalnya hanya tersedia bagi pengguna smartphone berbasis Windows (Windows Phone). Namun sekarang ini pengguna smartphone berbasis android pun sudah dapat menikmatinya, dan salah satunya para pengguna merek Xiaomi.

Sebelum dapat menggunakan fitur ini dengan instant, pastikan dulu bahwa fitur one-handed mode ini telah kita aktifkan. Maksud dari aktifkan disini adalah mengaktifkan sistemnya, setelah kita mengaktifkan sistemnya baru kita dapat mengaktifkan fiturnya kapan saja kita butuhkan.


Aktifkan Sistem One-handed Mode

  1. Buka bagian >Settings pada smartphone Xiaomi anda
  2. Buka bagian >Additional settings >one-handed mode
  3. rankan untuk menonaktifkan langkah konfirmasi dengan cara mematikan indikator yang berada pada bagian “Aks before entering one-handed mode” seperti pada gambar dibawah

Cara Mengaktifkan One-Handed Mode di Xiaomi (Redmi Note 3)

Setelah mengatur sistem untuk fitur ini kita akan dapat langsung menikmati fitur one-handed mode ini kapanpun dibutuhkan dengan cara dibawah ini.


Cara Menggunakan Fitur One-handed Mode

Untuk mengaktifkan fitur satu tangan ini (one-handed mode) sangat mudah, anda hanya perlu mengusapkan /geser (swipe) jari atau jempol anda dari tombol ‘close’ (tengah) ke tombol ‘back’ (kanan) untuk mengecilkan tampilan ke bagian kanan layar. 


Cara Mengaktifkan One-Handed Mode di Xiaomi (Redmi Note 3)

Usapkan /geserkan (swipe) jempol /jari dari tombol ‘close’ (tengah) ke tombol ‘recent apps’ (kiri) untuk mengecilkan tampilan ke bagian kiri layar. Seperti animasi yang dicontohkan didalam settings on-handed mode di smartphone Xiaomi anda.


Cara Mengaktifkan One-Handed Mode di Xiaomi (Redmi Note 3)

Belum berhasil, tidak merespon?

Bila belum berhasil, atau tidak ada perubahan setelah melakukan cara diatas, cobalah untuk mengusapkan jari anda “lebih cepat”, atau secepat yang anda mampu. bila dilakukan dengan lambat maka fitur ini tidak akan aktif, karena sistem akan mengira anda melakukan 2 perintah yang berbeda.

Matikan (Nonaktifkan) Fitur One-handed Mode

Untuk menonaktifkan fitur one-handed ini kita hanya perlu menekan (tap) bagian layar yang gelap atau layar yang tidak digunakan untuk menampilkan fitur ini.

Setelah anda menekan bagian gelap layar, maka seketika tampilan layar akan kembali normal penuh seperti biasanya.

Mengatur ukuran tampilan

Bila ukuran tampilan pada mode one-handed dirasa terlalu kecil atau masih terlalu besar, kita dapat mengaturnya langsung pada bagian setting one-handed mode yang ada pada bagian layar gelap yang ditandai dengan icon ‘setting’ kecil.


Cara Mengaktifkan One-Handed Mode di Xiaomi (Redmi Note 3)

Kita dapat merubah ukuran layar menjadi 4.5 Inch, 4.0 inch, atau bahkan 3.5 inch. Sesuai kebutuhan dan kenyamanan.

Semoga artikel ini dapat membantu anda sekalian dalam memanfaatkan fitur (one-handed mode) yang terdapat dalam smartphone Xiaomi (Redmi Note 3) bila masih memiliki kendala jangan sungkan untuk bertanya dan sharing pada kolom komentar dibawah. Selamat mencoba!


Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!