Beranda
Tips 'n Trick
Tutorial
Xiaomi
Cara Foto Selfie dengan Fingerprint Xiaomi Redmi Note 3 (Pro)
Cara Foto Selfie dengan Fingerprint Xiaomi Redmi Note 3 (Pro)
Image: TechUpdate3

Apakah kita dapat mengambil foro selfie menggunakan fingerprint di smartphone Xiaomi? Jawabannya BISA!. Yup! Mungkin ini adalah pertanyaan yang kadang muncul ketika kita menggunakan smartphone Xiaomi yang memiliki fitur fingerprint pada bagian belakang smartphone.

Kita tidak perlu lagi repot untuk menarik jempol ke bagian tengah layar hanya untuk menekan tombol ‘shoot’ atau foto saat melakukan selfie. Kita hanya perlu menekan pada bagian fingerprint scanner di bagian belakang smartphone yang tentu saja lebih mudah bila dibandingkan dengan menekan tombol foto di tengah layar.

Bagaimana dengan mengambil foto dari kamera belakang? Apakah bisa menggunakan fingerprint?

Jawabannya YA! (bisa). Walaupun yang ‘rada’ membutuhkan fitur jepret fingerprint adalah pada saat mengambil gambar selfie, karena factor kenyamanan dan kepraktisan, namun fitur ini fully operated pada setiap pengambilan gambar dari kamera manapun (depan dan belakang). 

Jadi walaupun saat menggunakan kamera belakang, kita tetap dapat mengambil gambar menggunakan fingerprint.

Bagaimana cara (syarat) memunculkan fitur ini?

Mungkin lebih tepatnya ke ‘syarat’ ya bukan ‘Cara’. Untuk memunculkan fitur ini adalah dengan menggunakan sistem operasi versi MIUI 7.2.5.0 atau lebih baru. Dengan sistem operasi ini, fitur mengambil gambar selfie dengan menggunakan fingerprint akan otomatis ditambahkan kedalam sistem kamera di smartphone Xiaomi anda.


Cara Foto Selfie dengan Fingerprint Xiaomi Redmi Note 3 (Pro)
image: XiaomiAdvices

Cara menggunakan fitur fingerprint untuk memotret

Setelah anda memiliki sistem operasi (minimal) MIUI 7.2.5.0, kamera anda pun akan mengambil gambar saat jari anda menyentuh area fingerprint scanner sama seperti anda membuka kunci smartphone.

Tidak ada cara khusus, anda hanya perlu membuka fitur kamera seperti biasa anda ingin mengambil foto, kemudian sentuh (tap) fingerprint scanner dengan jari yang telah terdaftar atau yang biasa digunakan untuk membuka kunci handphone, dan kamerapun akan otomatis mengambil gambar (foto) anda. 

Dengan cara ini mengambil foto selfie akan lebih mudah dan nyaman. Tidak perlu lagi menggunakan jari tangan lain untuk menekan tombol ‘shot’.

Cara Cek sistem operasi yang digunakan di Smartphone Xiaomi

Bila anda kurang yakin dengan sistem operasi yang sedang anda gunakan  silahkan cek terlebih dahulu. Untuk mengetahui sistem operasi yang digunakan oleh smartphone xiaomi anda caranya sangat mudah, anda hanya perlu buka bagian >Settings >About Phone kemudian lihat pada bagian MIUI version.


Cara Foto Selfie dengan Fingerprint Xiaomi Redmi Note 3 (Pro)

Bila versi MIUI yang ada dilayar handphone anda menunjukan kode 7.2.5.0 atau lebih baru (contoh: 7.3.7.0) maka sudah dapat dipastikan bahwa handphone xiaomi anda sudah memiliki fitur fingerprint shot atau mengambil gambar (foto) menggunakan fingerprint.

Semoga artikel mengenai pemanfaatan fingerprint untuk mengambil gambar (foto) ini dapat membantu, bila masih memiliki kendala atau pertanyaan silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah. Akan kami bantu semampu kami. Terima kasih.


Artikel Terkait:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

2 komentar

  1. Bang Tri Je
    Bang Tri Je
    Senin, April 03, 2017
    mantab
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, April 05, 2017
      Siip. Makasih gan testimoni nya
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!