Yahoo diakuisisi Verizon! Dari 100 Miliar Dollar Hingga Menjadi 5 Miliar Dollar

Verizon membeli Yahoo seharga 4.8 Miliar dollar (CNN). Yahoo dijual ke Verizon dengan harga yang menyedihkan (Forbes). Verizon menghentikan Perjuangannya dalam bertahan dengan membelinya seharga 4.8 Miliar dolar (Bloomberg). Masalah Media yang dimiliki oleh Marissa Mayer sekarang menjadi masalah Verizon untuk diselesaikan (NYTimes). Verizon Membeli Yahoo, menyusul akuisisi yang dilakukan juga kepada AOL (CNet).

Yup! Diatas adalah judul -  judul berita yang kami dapatkan dari beberapa situs berita terkenal di dunia. Ada yang mencoba mengangkat dari sisi lain transaksi ini namun hampir semua berita tersebut menyorot kepada nilai akuisisi yang sangat mengejutkan, 4.8 Miliar dolar bukan nilai yang sedikit namun kenapa bisa sangat mengejutkan?

Mungkin beberapa dari anda juga sudah tahu bahwa dalam perjalanannya Yahoo sempat memuncaki peringkat perusahaan teknologi didunia tepatnya pada bulan Desember tahun 1999 berdasarkan nilai saham saat itu. Nilai valuasi Yahoo pada tahun 1999 saat puncaknya berhasil menembus angak 100 Miliar dolar.  Yahoo melantai di bursa saham pada tahun 1996 dan nilainya terus bertambah seiring waktu, posisi sebagai pemilik domain nomor satu didunia membuat mereka dengan mudah menaikan nilai saham, meninggalkan Google dan Apple 

Yahoo Ditawar Microsoft dengan nilai 10 Kali Lipat

Yahoo pernah ditawar oleh Microsoft senilai 45 Miliar dolar namun ditolak. Tepatnya pada Bulan Februari 2008 Microsoft sempat menawar untuk mengakuisisi Yahoo sebesar 45 miliar dolar namun ditolak oleh cofounder Yahoo, Jerry Yang. Bukan tanpa alasan, saat itu memang nilai jual Yahoo tidak seburuk saat ini, jadi wajar saja ‘menolak’ adalah salah satu alasan yang masuk akal. Namun akan lain ceritanya bila saat itu Yahoo menerima tawaran akuisisi dari Microsoft.

Yahoo diakuisisi Verizon! Dari 100 Miliar Hingga Menjadi 5 Miliar Dolar

Yahoo Ditawari untuk Membeli Google

Pada tahun 1998 Pendiri Google (Larry Page & Sergey Brin) sempat menawarkan Google kepada Yahoo dengan harga 1 Juta dolar saja, namun dengan berbagai pertimbangan Yahoo menolak untuk membeli Google saat itu. Tercatat sudah 2 kali Yahoo menawar Google, yang terakir adalah pada tahun 2002 Google meminta diakuisisi sebesar 3 Miliar dolar untuk ekspansi bisnis, namun lagi – lagi Yahoo menolaknya karena Yahoo menganggap mereka sama saja mendanai mesin pencari tandingan yang dimilikinya (Yahoo Search). Tahu berapa nilai valuasi Google saat ini? Nilai valuasi Google saat ini bila digabugkan dengan seluruh anak perusahaannya bernilai sebesar 500 Miliar dolar!

Yahoo Sejajar dengan AOL dan Huffington Post

Kenangan tinggal kenangan, sekarang Yahoo mempunyai kedudukan yang hampir sama dengan AOL dan Huffington Post yang sebelumnya juga telah sama – sama diakuisisi oleh Verizon dalam rangka meningkatkan bisnisnya dibidang ‘digital content and advertising’. Dilebur menjadi satu ataupun dibiarkan berjalan sendiri – sendiri kini kendali penuh ada ditangan para pemilik Verizon yang otomatis juga memiliki Yahoo, AOL dan Huffington Post.

Bagaimana pendapat anda?

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »