Beranda
Crime
Internet
Security
Indo-hadiah.com Apakah Penipuan? Berikut Penelusuran Kami
Indo-hadiah.com Apakah Penipuan? Berikut Penelusuran Kami

Apakah alamat website indo-confirmation.com indo-hadiah.com /indo-offers.com (Indo Kupon /planet49) penipuan? Apakah benar memberikan hadiahnya? Bagaimana testimony dari orang – orang yang pernah mengikuti undian tersebut?. Apakah ada website lain yang serupa? berikut hasil penelusuran kami.

Kami membuat artikel ini bukan tanpa alasan, sebelumnya kami mendapatkan pertanyaan pada salah satu artikel mengenai Ciri – ciri Website Undian Palsu +Cara Melaporkannya dan disana salah satu pembaca menanyakan status website indo-hadiah.com apakah website tersebut asli atau penipuan? 

Agar lebih menyakinkan para pembaca maka kami mengadakan sedikit riset dan penggalian informasi tentang website yang satu ini karena memang kami akui bahwa website tersebut berbeda dari website – website penipuan pada umumnya. berikut penelusuran kami.

Baca juga: Kronologi Kasus Penipuan Logan Paul Hasil Investigasi Coffeezilla

UPDATE: 

sekarang website indo-hadiah(.)com sudah tidak dapat diakses. Namun telah berganti alamat (domain) menjadi indo-confirmation(.)com , id-offers(.)com , indo-vouchers(.)com shopping-asik(.)com , promo-hadiah(.)com atau Indo Gifts , maka dari itu tidak usah bingung bila kami lebih banyak menyebutkan satu alamat saja agar memudahkan.

Pada dasarnya semua website yang disebutkan sama saja, dari mulai tampilan sampai pada sistem yang digunakan. (penelusuran kami)

Berdasarkan pantauan tim kami, semua website yang disebutkan diatas sekarang sudah tidak dapat diakses, kemungkinan besar (website - website tersebut) sudah mendapat perhatian pemerintah /regulator dan hal itu juga menguatkan bahwa itu memang tidak aman.

Berikut ini alamat - alamat website (domain) yang digunakan oleh Indo Offer (indo hadiah) yang kami temukan dari waktu ke waktu:

  • www.indonesia-offers(.)com
  • www.id-offers(.)com
  • www.indo-hadiah(.)com
  • www.indo-confirmation(.)com
  • www.indo-vouchers(.)com
  • www.indo-vouchers(.)com/cgi-bin/wingame.pl
  • www.gila-diskon(.)com
  • www.hadiahtips-indo(.)com
  • www.gila-diskon(.)com
  • www.promo-hadiah(.)com
  • www.indovouchers(.)com
  • www.shopping-asik(.)com
  • www.promo-hadiah(.)com
  • www.crazynow-id(.)com
  • www.apmarketingap(.)com ..akan terus diupdate
*jika teman - teman menemukan alamat website baru, silahkan tuliskan di kolom komentar.

Setelah selesai membaca artikel ini, kami SANGAT MENYARANKAN anda untuk membaca artikel kedua mengenai indo-confirmation(.)com dibawah ini: karena pada artikel ini terdapat hal apa saja yang perlu kita lakukan. (baca: indo-confirmation.com Apakah Penipuan? Berikut Penelusuran Kami)

Data yang Dipakai untuk Registrasi Alamat Website DIRAHASIAKAN (penelusuran kami)

Sebelum jauh meneliti artikel – artikel yang memberikan testimoni untuk website indo-hadiah ini kami mencoba melakukan pencarian dasar dari data yang digunakan untuk melakukan registrasi alamat website kepada pengelola nama domain.

Kami mendapati bahwa website indo-hadiah ini menggunakan fitur perlindungan data registrar yang berarti data yang muncul pada keterangan dari tempat registrasi alamat domain adalah data yang bukan sebenarnya.

Indo-hadiah.com Apakah Penipuan? Berikut Hasil Penelusuran Kami
Sumber: whois.net

Setelah mendapati bahwa data yang dimunculkan adalah data palsu, apakah website tersebut sudah pasti scam (penipuan)? Kami mengatakan bahwa website tersebut belum bisa disebut sebagai website penipuan.

Fitur perlindungan data yang digunakan adalah fitur layanan standar yang diberikan oleh pihak penyedia alamat domain untuk para pemilik domain yang tidak ingin data pribadinya dibagikan secara bebas.

Walaupun begitu, penelusuran kami untuk website – website resmi atau official biasanya mereka tidak segan – segan untuk menunjukan data registrar nya karena biasanya data registrar yang digunakan juga bukan data pribadi, melainkan data perusahaan seperti email resmi perusahaan, nomor telepon resmi perusahaan dan juga alamat resmi perusahaan.

Penelusuran kami hal ini dilakukan agar para pengunjung percaya bahwa website tersebut adalah benar – benar representasi dari perusahaan mereka yang sebenarnya.

Indo-hadiah.com Apakah Penipuan? Berikut Hasil Penelusuran Kami
Sumber: who.is

Jadi dari data registrasi ini kami menyimpulkan bahwa walaupun lazim digunakan (fitur perlindungan data pribadi) namun kita wajib waspada terhadap website yang menggunakan fitur ini karena itu adalah salah satu syarat agar pemilik sebenarnya dari website tersebut sulit untuk dihubungi.

Halaman Website Fokus Kepada Kupon Belanja Rp. 5 Juta

Pada tampilan website ini kami akui memang agak terlihat sedikit meyakinkan dengan tampilan yang sedikit berbeda dari website penipuan lainnya. Peraturan pengundian kupon dibuat secara simple dan mudah dimengerti.

Keberadaan logo – logo perusahaan besarpun pada area partner member kesan bahwa website tersebut memang memliki kerjasama dengan perusahaan – perusahaan tersebut. Namun apakah benar informasi yang tertera tersebut???

Dari pantauan kami website indo-hadiah.com ini memang berfokus kepada promosi kupon undian 5 juta rupiah dan hanya sedikit link yang bisa di klik selain dari pilihan kupon yang ingin dimenangkan (BEST DENKI, CARREFOUR, dan HYPERMART).

Namun tahukan kamu bahwa ada kejanggalan dari pilihan kupon belanja tersebut…??? Yup! Kami menemukan kejanggalan pada bagian pilihan kupon tersebut.

Waktu Memilih Kupon Hanya 5 Menit. Benarkah?

Sesaat setelah kita membuka alamat website indo-hadiah.com kita akan langsung melihat waktu mundur mulai berjalan 5 menit hitungan mundur untuk kita memilih kupon belanja yang kita inginkan, namun benarkah hal tersebut? Apakah bila melewati 5 menit kita tidak dapat memilih dan kesempatan hilang begitu saja?.

Indo-hadiah.com Apakah Penipuan? Berikut Hasil Penelusuran Kami
Pilihan Kupon dengan Waktu Terbatas

Untuk mengujinya kami sengaja menunggu waktu hitung mundur tersebut habis sampai waktu menunjukan angka 00:00:00. Lalu apa yang terjadi??? Tidak terjadi apa – apa.

Waktu hitung memang berhenti di nol namun link untuk memilih kupon favorit masih aktif dan tidak ada yang berubah sedikitpun. Kita masih bisa memilih kupon tersebut walaupun waktu telah habis.

Hal ini menunjukan bahwa waktu mundur tersebut adalah salah satu cara pemilik website agar para pengunjung segera mengambil keputusan sebelum waktu habis, dan harus diakui bahwa pemberian waktu yang terbatas adalah salah satu trik marketing yang lazim digunakan.

Setelah Memilih Kupon Apa yang Akan Terjadi?

Naahh.. menurut pantauan kami, disinilah pemilik website indo-hadiah.com mendapatkan apa yang sebenarnya mereka inginkan.

Karena setelah kita melakukan pemilihan kupon dengan melakukan klik terhadap salah satu kupon yang tersedia, kita mulai dimintai untuk mengisi kolom – kolom isian yang sangat rawan, seperti nomor HP, email, dan termasuk data diri seperti alamat lengkap dan lainnya. 

PATUT DICURIGAI

Indo-hadiah.com Apakah Penipuan? Berikut Hasil Penelusuran Kami
Permintaan data pribadi dimulai disini

Melihat dari banyaknya informasi penting yang diminita dalam kolom isian, kami langsung teringat dengan salah satu MODUS penipuan, yaitu pencurian data pribadi yang nantinya data – data tersebut akan digunakan untuk kepentingan pribadi yang dimana pemilik asli dari data tersebut akan benar – benar dirugikan.

Kalaupun tidak digunakan oleh pihak yang mengumpulkan, data pribadi tersebut dapat dijual kepada pihak – pihak tertentu. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca tentang modus ‘phishing’ di internet.

Disaat para operator membuat sistem keamanan agar data pelanggan tidak tersebar, di website ini anda menyerahkannya secara Cuma – Cuma, karena kupon belanja pun masih misteri apakah itu benar atau hanya alasan saja.

Setelah Memberikan Data Pribadi, Lalu Apa yang Selanjutnya Muncul?

Setelah mengisi form data diatas, anda akan langsung diarahkan kepada halaman promosi, dimana disini anda seperti mendaftar hanya untuk melihat iklan – iklan dari partner website ini, dan juga masih misteri apakah iklan – iklan tersebut benar atau juga sama halnya seperti website indo-hadiah ini? Ga jelas.

Sampai disini kami menyimpulkan bahwa website tersebut tidak layak untuk dicoba apalagi untuk dipercaya. Namun agar lebih meyakinkan lagi kami melanjutkan pencarian informasi dari testimoni – testimoni dari para blogger yang pernah mencoba website indo-hadiah ini.

Testimoni dari Blogger Lainnya Tentang Website indo-kupon.com

Dari blog helpshared.com menunjukan bahwa website ini (indo-hadiah, Indo Kupon, atau Indo Offers) memang hanya memanfaatkan kelengahan para netizen dengan iming – iming hadiah yang belum pasti.

Pada awal paragrafnya saja penulis juga menuliskan kata HATI – HATI untuk website ini dan nampaknya penulis mengetahui bahwa indo-kupon hanya ingin mengumpulkan data pribadi saja.

Penulis mengamati website ini dari tahun 2015 dan pada awal tahun 2016 (bahkan sampai sekarang tahun 2019) tidak ada pengumuman pemenang ataupun perubahan apapun pada tampilan website ini, dengan foto – foto pemenang yang sama dari tahun – tahun sebelumnya.

Kesimpulannya website ini kemungkinan melakukan pencurian atau pemanfaatan identitas.

Dari blog ciakginting.wordpress.com menuliskan bahwa website indo-kupon ini termasuk kedalam website yang memanfaatkan pengunjung untuk mencari uang atau mendapatkan keuntungan pribadi.

Kalaupun masih penasaran, disarankan untuk membuat email cadangan (seperti yang dilakukan tim rinditech.com) untuk menelusuri website tersebut melalui mata pengunjung.

UPDATE

Setelah memeriksa secara berkala, ternyata tampilan website indo-hadia.com tetap sama dengan tampilan saat pertama kali kami memantau (July, 2016), tidak ada perubahan signifikan mulai dari warna, layout bahkan foto - foto pemenang saja tetap sama tidak ada perubahan.

hal ini menunjukan bahwa website tersebut hanya sekali buat dan tidak pernah dilakukan maintenance (pemeliharaan) selain dari memperpanjang sewa domain.

UPDATE (Oktober, 2021)

Sampai saat ini, walaupun alamat website nya telah berubah - ubah namun pada tampilan dan isi tidak ada perubahaan yang signifikan.

KESIMPULAN

Walaupun penelusuran kami dilakukan hanya sebentar namun hasil dari pengamatan kami tersebut dirasa cukup untuk melabeli website indo-kupon tersebut sebagai website yang patut diwaspadai, karena belum pernah kami menemukan orang yang benar – benar mendapatkan kupon 5 juta tersebut, atau hadiah lainnya yang bermula dari mengisi formulir yang disediakan oleh website ini. 

Di luar negeri kegiatan ini bisa dikategorikan sebagai modus operandi “PHISHING” dimana para pelakunya menyasar data pribadi calon korbannya yang dimana data – data tersebut akan digunakan untuk kepentingan pribadi mereka.

Contohnya seperti melakukan penarikan uang, melakukan penipuan dengan menggunakan data korban, atau menjual data – data tersebut kepada pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab.

Walaupun di luar negeri memang banyak website undian ataupun website survey yang benar – benar resmi, namun di Indonesia sendiri website seperti itu sangatlah jarang, saking jarangnya maka kita akan lebih banyak menemukan website penipuan, dibandingkan website yang asli memberikan hadiah. Tetap berhati – hatilah. #beWiseUser

Daftar data - data yang perlu di proteksi

Berikut ini adalah daftar data - data yang wajib kita proteksi atau batasi aksesnya dari pencarian umum atau dari orang - orang yang dirasa perlu kita curigai. termasuk dari oknum - oknum yang mengatasnamakan CS provider atau instansi resmi lainnya. Penjelasan lengkapnya dapat dilihat pada artikel berikut ini:

(Baca: Hati - hati Dengan Penelepon yang Bertanya Data - data Berikut Ini)

Hati - hati dengan telepon ini

Bila anda menerima telepon dari seseorang atau pihak yang mengatakan bahwa anda akan memenangkan hadiah dan berjanji akan mengirimkan surat (amplop) ke rumah anda, hati - hati dan pastikan dahulu bahwa memang telepon tersebut benar - benar asli. berikut pembahasan lengkapnya dapat dibaca pada aritkel berikut ini:

(Baca: Dapat Telepon Undian dan Akan dikirim Surat ke Rumah? Periksa Kebenarannya)

Dapat Surat Menang Undian dari Kantor POS?

Akhir - akhir ini Kami mulai lagi mendapat pertanyaan modus lewat surat yang dikirim via kantor POS. ada baiknya kita lebih berhati - hati lagi dan lebih mengenal ciri - ciri dan proses penipuan yang beberapa tahun lalu pernah populer ini dan sekarang mulai digunakan lagi. Telah kami susun dengan lengkap pada artikel berikut ini (penelusuran kami):

(Baca: Dapat Surat Menang Undian dari Kantor POS? Periksa Kebenarannya)

Hati - hati dengan website yang mempunyai akhiran - akhiran ini 

Pernah mendapatkan SMS /WhatsApp undian lalu diminta untuk mengunjungi sebuah alamat website? website tersebut berakhiran .tk .ga .ml .cf .gq? Kami harap anda berhati - hati karena ekstensi - ekstensi tersebut mayoritas berisi konten yang menyesatkan dan merugikan. Untuk lebih jelasnya ada pada penelusuran kami pada artikel berikut ini: 

(Baca: Hati - hati dengan website dengan akhiran -akhiran ini).

Punya pengalaman juga tentang penipuan? Atau pernah berkunjung ke website indo-kupon ini? Yuk! Berbagi pengalaman pada kolom komentar dibawah.

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

199 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Jumat, Desember 29, 2023
    udah terlanjur keisi kak, karna dapet pemberitahuan dari chrome, namanya indo voucher, aku udah ngisi data lengkap, takut jadinya data disalahgunain
  2. Sahrul
    Sahrul
    Jumat, September 15, 2023
    Di indo.voucher,saya takut jika situs ini adalah penipuan yang nantinya akan memanfaatkan data" Pribadi atau akun
  3. Pak kechik
    Pak kechik
    Sabtu, Juli 31, 2021
    Kalo indo_today itu bagaimana kak?
    Soalnya pernah menang undian dari spin yaitu cincin emas.ongkir nya saja saya bayar senilai 79.000 dan gak tau itu emas asli atau palsu.liat" di yotob itu sih katanya palsu.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Agustus 01, 2021
      Sedikit meragukan saja harus ditinggalkan, apalagi ada yang sudah bilang palsu. Ongkir 79rb itu kirim dari mana ke mana? setau saya biaya kirim rata2 belasan ribu /kg kalau antar kota, dan paket kilat (1 hari sampai) paling mahal 25rb.
  4. Unknown
    Unknown
    Minggu, April 11, 2021
    Bagaimana dengan inbox masuk yang katanya barangnya siapnkirim?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, April 13, 2021
      hadiah maksudnya? kalau memang siap dikirim ya minta langsugn dikirim saja hadiahnya, kalau minta transfer uang untuk alasan apapun berarti itu kemungkinan besar penipuan lebih baik diabaikan saja
  5. Unknown
    Unknown
    Minggu, Februari 21, 2021
    Ini penipuan ya. Kok hadiahnya. Blm dikirim
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Februari 22, 2021
      yes indo-hadiah yang dibahas disini kemungkinan besar penipuan
  6. Unknown
    Unknown
    Minggu, Februari 21, 2021
    Saya udah daptar n hadiah .Katanya dalam .Perjalanan tapi. Belom. Sampai jga ini. Penipuan ya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Februari 21, 2021
      daftar dimana?
  7. Unknown
    Unknown
    Senin, Januari 04, 2021
    Saya baru ngisi gander nya nah trus saya langsung hapus browsernya apakah itu gk bakal knp2 lagi
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Januari 04, 2021
      gpp, kalau belum klik 'submit' atau 'kirim' datanya masih aman.
  8. Unknown
    Unknown
    Senin, November 16, 2020
    Ka kalau dia tau nama saya trs tau tanggal lahir saya trs dia tau nama bank saya tapi dia ga tau no req atau nama reqnya gmna ka???🙏🙏🙏
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, November 17, 2020
      sebenarnya saya juga kurang tau ya para penipu ini bisa apa saja dengan bebrapa data diri kita, yang jelas kita harus lebih berhati - hati aja untuk kedepannya agar tidak memberikan data - data pribadi sembarangan
  9. jaka.s
    jaka.s
    Jumat, Februari 14, 2020
    Kak kalau udah ngisi data dirinya gitu?aku takut banget
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Februari 14, 2020
      Kalau sudah begitu segera lakukan pengecekan terhadap data - data yang penting, lakukan secara berkala. Kemudian cek password, apakah mudah ditebak? Jika memang mudah, segera ganti. Dan kedepannya agar lebih berhati - hati lagi.
  10. Unknown
    Unknown
    Selasa, Oktober 29, 2019
    Saya baru saja mengisi data diri berupa nama, alamat (hanya kota dan kelurahan) no telpon dan email. Tp pd saat dimintai survey transaksi perbankan online sy sengaja isi COD, pikir sy mmg biar ga bisa diakses no atm dan sejenisnya. Saat lanjut kmdian ada isi survey2 lg yg berupa iklan2 ga jelas. Saat sy lama ngisi tiba2 hilang dan sy mendapat email dr indo voucher atas nama rini pertiwi untuk verivikasi email tp tidak sy verivikasi. Mendadak curiga kmdn sy blokir dan sy googling nemu blog ini. Lalu lgsg sy unsubscribe. Apa sy perlu laporkan spam jg stlh sy blokir dan unsubscribe? Dan apa email pasword sy perlu sy ganti jg ?Apa data diri sy sdh aman?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Oktober 29, 2019
      Yang kamu lakukan sudah benar, silahkan lanjutkan dengan laporkan sebagai spam dan juga unsubscribe (jika belum), semakin banyak yang lapor semakin bagus. Jika passwordnya tidak ada unsur nama, alamat,no telepon, dll yang berhubungan dengan data diri maka tidak masalah untuk tidak mengganti password.
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Ooh siemar
    Ooh siemar
    Rabu, Oktober 02, 2019
    Allhasil ketipu dah ah udah yerlanjur nge send, ni bang web baru namanya id@apmarketingap.com
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Oktober 03, 2019
      Tuh kaaan, lain kali lebih hati - hati ya gan. Jangan mudah tergiur hadiah fantastis. Makasih atas sharing nya, alamatnya website yang baru sudah ditambahkan kedalam artikel!
  13. Unknown
    Unknown
    Rabu, Agustus 21, 2019
    Rini Pertiwi at Indo-Vouchers , beliau adalah si pengirim Untuk verifikasi email saya

    http://www.indo-confirmation.com/_ma/id/rt/22df5c5d54ebd56700001f4c52ca-1


    lalu ada penjelasan:
    Jika anda ingin unsubscribe, klik link dibawah ini dan kami akan menghapus informasi anda dari sistem kami:
    http://www.indo-confirmation.com/_ma/id/rt/22df5c5d54ebd56700001f4c52ca-2

    apakah saya bisa menghapus data saya yg sudah saya kirimkan melalui link tsb diatas?



    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Agustus 22, 2019
      Untuk itu kami tidak bisa memastikan, tetapi klo untuk unsubscribe kami sarankan secepatnya dilakukan.
  14. herdanto
    herdanto
    Sabtu, Juli 13, 2019
    saya jadi ngrasa bego banget. sampai terima email. Tapi saran saya kalau terima email sebaiknya klik tiga titik dikanan atas, trus pilih report as phishing/spam
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juli 13, 2019
      Terkadang situasi dan kondisi juga mempengaruhi mas, mungkin saat itu mas nya lagi kondisi tidak tenang atau sedang terburu-buru jadi kirang teliti. Dijadikan pembelajaran untuk kedepannya, saya setuju dengan sarannya, sebaiknya langsung dilaporkan saja jika yakin itu email penipuan.
  15. Zain Achmad
    Zain Achmad
    Sabtu, Juli 13, 2019
    Untung saya blm sampai ngisi data KTP dll.Tp utk e-mail sdh terlanjur diisi.Apakah masih tergolong aman mas? Thanks atas informasinya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juli 13, 2019
      Pada dasarnya aman - aman saja asalkan tidak menuliskan passwordnya. Namun jika passwordnya dirasa bakal gampang ditebak oleh orang lain, disarankan untuk diganti. Semoga membantu!
  16. h!a!m!z!a!h
    h!a!m!z!a!h
    Minggu, Juni 16, 2019
    https://www.indo-vouchers.com/cgi-bin/wingame.pl
    https://www.indo-vouchers.com/cgi-bin/wingame.pl

    terimakasih atas informasinya, tiba2 iklan ini juga muncul di chrome saat browsing informasi berbeda. Apakah ada cara proteksi di website agar iklan mereka tidak dimunculkan lagi atau link pelaporan ke cybercrime

    regards

    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juni 19, 2019
      Jika muncul tiba - tiba kemungkinan ada malware di aplikasi chrome nya, coba di install ulang saja. semoga membantu!
  17. Unknown
    Unknown
    Senin, Oktober 08, 2018
    Pak saya di telp dr pihak indo-voucher kt nya sudah terpilih sebagai pemenang. Dan saya besok di suruh datang untuk penyerahan hadiah di salah satu tempat daerah Jakarta Selatan. Saya hanya di suruh bawa FC KTP saja 2 lembar. Apa itu bnr2 penyerahan hadiah? Apa yg harus saya waspadai ketika besok sudah bertemu orang nya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Oktober 10, 2018
      pertama jawab dulu pertanyaan ini: Apakah bapak memang pernah dengan sengaja mengikuti kuis tersebut? jika belum kami sarankan untuk menghindarinya. tetapi jika memang tetap ingin datang disarankan tidak sendiri, kalau bisa rombongan. ajak juga teman yang mengerti tentang hukum. hindari pertemuan di lokasi /komplek yang sepi. semoga membantu.
  18. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Maret 10, 2018
    Mas, aku baru aja dpt iklan gituan. Aku ngisi data dandisuruh lanjut sbg aku tp dpt pertanyaan2 lagi habis itu disuruh isi data lagi. Akhirnya aku tutup deh halamannya. Td disuruh ngisi nama bank juga,dan aku ngisi nama bank yg rekeningku udh g kupake lama tp blm kututup lewat bank, trus ngisi email juga tp aku pake email yg buat akun medsos boongan. Gmn ya mas kalo gitu itu? Tp udh terlanjur ngisi nama, alamat sama no. telpon. No. Hp baru sih bukan yg kepake buat buka rekening. Terimakasih sebelumnya.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Maret 11, 2018
      Hi Elya! klo sudah terlanjur ya kita tidak bisa apa2 selain membenahi sistem keamanan dan kegiatan online kita untuk kedepannya. untungnya data yang diberikan bukan data2 utama (low-risk). kedepannya lebih selektif lagi untuk memberikan data2 pribadi, apalagi data2 utama kita. semoga membantu :)
  19. Unknown
    Unknown
    Kamis, Februari 15, 2018
    SANGAT MEMBANTU!!! Terima kasih yaa. Seharusnya aku lebih berhati2 yaa. Tapi aku mau nanya deh, kenapa website2 spt ini atau modus2 spt ini tidak di laporkan saja ke pihak berwajib? Sejauh ini apakah sudah ada korban? Thanks anyway hehe
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Februari 15, 2018
      Yup! Kami rasa website seperti ini sudah sering dilaporkan namun entah kenapa masih saja ada. Sebagai informasi website ini sering berganti - ganti alamat dan selama kami pantau mereka sudah melakukan tiga kali pergantian alamat, mungkin itu juga yang menjadi alasan kenapa mereka masih belum diamankan polisi. Untuk korban berupa materi seperti uang kami belum mendapat laporan, tetapi untuk korban berupa data pribadi yang sensitif itu sudah pasti, semua yang telah daftar dan mengisi formulir secara tidak langsung menjadi korban modus "phising".
      Sama - sama,, senang dapat berbagi :)
  20. Muhamad alwi
    Muhamad alwi
    Rabu, Oktober 18, 2017
    Waduh brusan saya masukkan data nama alamat lgkap.bank jg saya isi tp saya tdk mengisi nomer krtu bank .apakah aman untuk rekening saya mas.dpt email trs aq klik verivikasi link stlh itu eror trus.trusgogling nemu artikel mas.yang saya tanyakan apakah si penipu bisa narik saldo rekening bank saya dengan data yang saya kirim ke penipu?tp saya cma ngasih nama bank saja.mkasih mas
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Oktober 18, 2017
      Apakah penipu bisa narik saldo dari rekening? Saya tidak bisa pastikan karena itu tergantung dari kemampuan si penipu. sekarang lebih baik segera lakukan unsubscribe email berlangganan (jika dapat) dan Untuk kedepannya lebih hati - hati lagi jika dapat penawaran yang serupa. semoga membantu :)
  21. Jaka
    Jaka
    Senin, Oktober 02, 2017
    bagaimana cara menerapkan verifikasi 2 itu bang... saya baru dftar sampe tahap terakhir belum diiisi lalu dikirim email sama rini pertiwi utk melanjutkan... di kasih link konfirmasi lalu saya klik langsug ke web indo offers isinya ada iklan dptkan hadiah... klik disini.. tpi tidam saya klik... saya lngsu g exit web itu.. apakh itu artinya udah aktifasi bang?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 02, 2017
      kalau sudah klik tombol verifikasi berarti sudah terdaftar. untuk menerapkan verifikasi 2 langkah cukup login ke akun gmail kemudian buka bagian setting, edit kemudian masukan nomor telepon sebagai data tambahan, setelah verifikasi maka proses telah selesai. semoga membantu :)
  22. Tampilkan selengkapnya
  23. Tips usaha dengan dengan modal kecil
    Tips usaha dengan dengan modal kecil
    Selasa, Juli 18, 2017
    Kemarin saya uda kirim semua data kecuali no.rek itu belum ada diminta gimana tu bg ?!
    Trus ada juga waktu buka google muncul penawaran produk tentang anak tapi waktu ngisi pertanyaan jawab asal soalnya saya belum nikah ditanya anak berapa ?! Tpi semua akun , no hp ,email,alamat lengkap semua .. Sampai verivikasi dan terdaftar member terus gimana ?!
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juli 19, 2017
      Walaupun survey tersebut benar pada umumnya kita harus menyelesaikan beberapa (bahkan banyak) survey baru kita bisa klaim bayaran atau yang sudah dijanjikan, diluar dari proses pencairan dll.

      kemungkinan lainnya, pemilik survey hanya ingin mendapatkan data survey saja atau data pengisi survey yang berujung pada pemanfaatan data yang kita sendiri tidak tahu untuk apa.

      kalau sudah seperti itu dan tidak ingin terlibat lebih jauh, sebaiknya segera lakukan unsubscribe dan keluar dari program tersebut. tingkatkan keamanan email dan info - info penting lainnya. dan selebihnya harus lebih berhati - hati lagi bila menghadapi hal yang serupa.
  24. Firda Reveluv
    Firda Reveluv
    Jumat, Juli 14, 2017
    pengalamanku..
    udah dua kali mau download lagu muncul undian kupon seperti artikel diatas.. yg pertama aku ragu2 tapi tetap isi data (palsu) yg kedua aku udah mulai curiga karena foto pemenang dari dulu ngga pernah berubah.
    akhirnya aku cari info tentang undian kupon dan seperti dugaanku "undian kupon diatas " emang terbukti PENIPUAN

    terima kasih banyak admin artikel atas sangat bermanfaat..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juli 15, 2017
      Terima kasih kak Firda sudah mau berbagi pengalamannya. foto pemenang yang tidak di ganti2 menjadi salah satu tanda bahwa pembuat website tersebut sudah tidak perduli lagi dengan penampilan, yang mereka lakukan hanya menunggu data korban baru masuk setiap hari nya. semoga segera diberi hidayah.

      Sama - sama kak Firda, semoga dengan artikel ini semakin banyak orang yang lebih waspada dan lebih mudah mengenal ciri - ciri modus penipuan di internet.
  25. Unknown
    Unknown
    Rabu, Juli 05, 2017
    Barusan tlp katanya terpilih dpt hadiah ultah trus tanya nama alamat lengkap tgl lahir email.. Katanya mau dpt amplop kuning
    Nnti disuruh cpt2 membalasnya...
    Ini maksudnya apa
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juli 06, 2017
      ada beberapa kemungkinan, diantaranya mereka hanya ingin mengetahui data pribadi untuk dipakai atau mungkin hanya awal dari proses penipuan lewat surat yang dikirim.

      lebih jelasnya bisa dibaca pada artikel ini:
      http://www.rinditech.com/2017/07/surat-menang-undian-kantor-pos-asli-palsu.html
  26. Unknown
    Unknown
    Rabu, Juli 05, 2017
    Lalu apakah ada kemungkinan rekening kita di bobol ka ?walaupun kita gak masukan no rek, no kartu atau pin rek nya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juli 06, 2017
      Kemungkinan itu selalu ada, cuman seberapa besarnya tergantung pada diri kita dalam memproteksi data - data sensitif tersebut.
  27. Unknown
    Unknown
    Selasa, Juli 04, 2017
    Kayaknya saya udah daftar deh, terus di akhir link nya itu suruh isi data diri dan kita pake layanan perbankan apa aja, saya klik kartu debit dan ditanya kartu debit apa tapi gak diminta no rek atau pin rek nya. Pas dapat email verifikasi saya langsung unsubscribe. Kalau kaya gtu udah terdaftar blm ya ?
    Terus itu datanya bisa buat bobol rekening kita gak sih ka ? Soalnya kan data data yg kita kirim ke link itu salah satu data yg kita masukan pas pembuatan rekening juga
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juli 05, 2017
      kalau kita sudah klik kirim atau send, berarti data yang kita tuliskan akan otomatis terkirim kepada pemilik website tersebut. dan perihal sudah terdaftar atau belum itu tidak penting lagi.

      Itulah kenapa kita harus lebih berhati - hati terhadap keterbukaan data pribadi, karena dari data tersebut membuka celah untuk dapat mengakses rekening kita.
  28. Unknown
    Unknown
    Jumat, Juni 30, 2017
    Bos saya baru aja dtlpn,ktny dpt hadiah trs dokumennya mau dkrm lwt pos...nanti saya disuruh kasih balasannya..,trus gimana bos caranya!..dia udah tau alamat rumahni..apa lapor pak rt aja ya..,mohon solusinya boos trim...

    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Juni 30, 2017
      jenis penipuan lewat surat atau kantor pos sebenarnya sudah ada dr beberapa tahun yg lalu, tetapi tidak banyak. kalau memang bapak merasa itu kemungkinan penipuan, lebih baik abaikan saja karena kita tidak tau resiko lain setelah proses dilanjutkan. yang jelas jangan sampai kita mengeluarkan uang walaupun sebesar pulsa 5rbu ataupun data pribadi yg bisa dimanfaatkan oleh pihak2 penipu.. lapor pak RT atau k kantor polisi terdekat itu lebih baik. semoga membantu
  29. Unknown
    Unknown
    Rabu, Juni 21, 2017
    pak kalau sudah terlanjur ngisi semua,terus udah unsubcribe,apakah semua bisa terhapus? dan apakah bahayanya ,apakah dia akan meng hack kita atau bagaimana
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juni 24, 2017
      Unsubscribe itu hanya untuk menghentikan email berlangganan sehingga kita tidak akan mendapatkan email promo dari mereka. data tidak otomatis terhapus karena telah dikirim. kemungkinan di retas (hack) masih ada, karena itu disarankan untuk mengganti password dengan yang lebih sulit ditebak.
  30. Unknown
    Unknown
    Senin, Juni 12, 2017
    Setelah memilih hadiah akhirnya saya diminta untuk memasukkan data sensitif spt alamat email, no hp, nomor kartu kredit.

    Sampai nomor kartu kredit langsung saya waspada!... akhirnya saya close websitenya dan persetan dgn tawaran hadiah yamg pastinya nih penipuan.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Juni 16, 2017
      Yup! Benar sekali mas Johan, bila sudah diminta data yang aneh - aneh dan bersifat rahasia harus segera waspada. terima kasih telah berbagi pengalamannya mas.
  31. Unknown
    Unknown
    Minggu, Juni 11, 2017
    Saya sudah mengisi data pak .trus sya dapat email msuk dri indo hadiah di sruh verifikasi email saya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Juni 11, 2017
      jangan sampai d verifikasi, semakin jauh kita terlibat dalam sistem maka akan semakin membahayakan akun - akun penting milik kita.
  32. Nurkholilah Bunyana
    Nurkholilah Bunyana
    Sabtu, Juni 10, 2017
    Klo pertanyaannya cma ditanya punya kartu kredit aja terus jawab iya, dia ga minta pertanyaan memasukan no rek itu gmna ya ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Juni 11, 2017
      mungkin itu hanya survey saja, tapi bila sekiranya tidak punya alasan yang jelas untuk bertanya hal semacam itu, lebih baik diabaikan saja. penipuan bisa datang dari mana saja. selalu waspada.
  33. Tampilkan selengkapnya
  34. ari
    ari
    Jumat, Juni 02, 2017
    sy cuma ngasi nama lengkap, nomor hp, sama email abal2 aja mas
    apa ngaruh ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juni 05, 2017
      kalau email abal - abal sih tidak berpengaruh, cuman kalau nama lengkap dan nomor hp bisa saja dimanfaatkan. tetap waspada mas
  35. Unknown
    Unknown
    Selasa, Mei 30, 2017
    Kalau aku cuma isi nama, email, no hp, sama tempat tinggal. Ga dipinta no rekening. Lalu aku cek email juga ga dapat email apapun jadi ga verifikasi juga. Gimana ya? Takut
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juni 05, 2017
      kalau belum mendapat email berarti memang proses tidak akan berlanjut, tetapi tetap saja data yang sudah diberikan tidak dapat ditarik lagi. untuk kedepannya agar lebih berhati - hati lagi dan bila perlu rubah password email (menggunakan kombinasi) dan daftarkan nomor telepon ke email untuk verifikasi lanjutan
  36. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Mei 20, 2017
    Kalau sudah terlanjur memberikan data pribadi, apa semua itu bisa dihapus atau ditanggulangi dan apa ada akibat yang fatal dari data tersebut? :p
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Mei 22, 2017
      Kalau yang sudah terlanjur dikirim sangat sulit untuk dijangkau (diedit, delete, dll). Akibat fatal ya semua data akun yang diberikan bisa diambil alih seperti email, nomor hp, bahkan transaksi rekening.
  37. Unknown
    Unknown
    Rabu, Mei 17, 2017
    haduuhh mas gimana ini.. data saya udah terverifikasi semua..

    nyesel banget ga cari tau dulu..
    😞😞😞
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Mei 17, 2017
      kalau sudah mengisi data seperti itu, yang bisa dilakukan sekarang adalah langkah pencegahan yaitu dengan mengganti password atau menerapkan verifikasi dual langkah, lalu melakukan unsubscribe email langganan yang masuk ke email.

      jangan lupa untuk lebih berhati - hati lagi bila menemukan penawaran yang serupa. mudah - mudahan bisa membantu,
  38. who am i
    who am i
    Selasa, April 25, 2017
    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Mei 17, 2017
      Yup! Link tersebut dipastikan penipuan gan. semoga kita semua lebih waspada.
  39. who am i
    who am i
    Selasa, April 25, 2017
    Masih anget gan,baru pagi ini ane klik link foto di google plus tau2x isinya undian srh milih hadiah hp samsung 7, iphone 7 dan bb.. pas ane klik samsung 7 srh isi data : nama, nama email dan tanggal lahir dan no telpon hbs itu srh survey..

    Ini link nya :

    http://m.hadiahpremium-9843.com/?prize=phone-choice&p=841&aid=ADF&subid=d84ICFFB8AVVO9T4HBGJIC4I&pl={pl}&v2=1

    Penipuan bukan ya.. (klw bnr penipuan, penggangguran mau ditipu juga..hadeuh))
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, April 27, 2017
      Yup! ini juga penipuan gan, sudah banyak tersebar juga di group2 whatsapp, ingatkan teman2 dan saudara gan. modusnya sama pengambilan data pribadi.
  40. Unknown
    Unknown
    Sabtu, April 22, 2017
    Gan saya udah masukin email, no tlpn dan ktp,, nah ini gmana gan? apakah aman" saja? yang saya takutin itu sudah kirim data ktp
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, April 22, 2017
      kalau sudah dikirim kecil kemungkinan ditarik /dihapus data nya gan. mudah - mudahan saja data nya tidak digunakan untuk hal - hal yang negatif. Ambil pelajarannya, kedepannya lebih hati - hati lagi.
  41. Unknown
    Unknown
    Minggu, April 16, 2017
    Ka tdi aku udh ngisi smuany trs udh aku verifikasi jg,gmna dong biar akun sama data2 aku aman tpi tdi udh aku unsecribe sih apa itu udh aman ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, April 16, 2017
      mudah2an aman klo sudah unsubscribe, lebih aman lg bisa tambahkan nomor telepon d bagian keamanan email. klo ada pemberitahuan login ilegal dr google lebih baik ganti password. mudah2an membantu, dan tetap hati2.
  42. Anonim
    Anonim
    Rabu, April 12, 2017
    Wkwkwkw bener tuh bang saya udah dua kali dapet web itu, antara percaya gak percaya, saya ikuti aja tuh tapi pas suruh isi data saya baca dl syarat dan ketentuanya, namun ada yg janggal kesimpulanya kita nanti bakal di tagih biaya dan kita harus datang untuk mengambil hadiahnya terus di tentukan lokasi pengambilannya. lebih parah lagi syarat akan berubah sewaktu waktu tanpa memberitahu kita dan kita harus menyetujui persyaratan yg berubah apapun syaratnya itu. Dan mereka tidak bertanggung jawab. Saya pikir lagi, dan gak jadi saya isi data.
    Eh beberapa hari berikutnya saya dapet lagi, saya pikir heran dari pertama sampai sekarang masih tinggal 3 kupon.
    penasaran googling Alhasil setelah baca ini ternyata oh ternyata wkwkwkwk..

    Terimakasih bang atas informasinya..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, April 12, 2017
      Yup! Yang jarang buka internet pasti dapat terpengaruh tapi kalau buka dua atau 3 kali pasti menemukan kejanggalannya. terima kasih gan testimoni nya.
  43. Unknown
    Unknown
    Senin, April 10, 2017
    Saya juga tadi dapet survei kaya gitu dapet ipone S plus cuma2 hanya dengan mengisi survey, saya tertarik dgn coment2 yg katanya sudah dapet, rus saya coba pertama dy nawarin survey untuk qt pilih type hp apa yg qt sukai, ke 2 isi biodata qt, dgn isi nama, email, kota t4 tinggal dan no hp, setelah itu qt dtawarkan survey dgn menanyakan punya kartu perbankan tidak, gaji brp, pekerjaan apa, sering belanja brp x, minta no depan KK,saya isi saja kebalikan dr hidup saya �� nah dari situ saya mulai curiga n cari tahu dmbah google, ternyata tu modus penipuan �� jadi saya tidak lanjutkan lagi, tpi data saya kayanya sudah terkirim ��
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, April 11, 2017
      Yup! apalagi kalau sudah bertanya sampai ke KK (Kartu Keluarga) dan kebiasaan - kebiasaan yang bersifat pribadi, dapat dipastikan itu penipuan. untuk kedepannya bisa lebih berhati - hati lagi.
  44. Tampilkan selengkapnya
  45. kirana hutami
    kirana hutami
    Sabtu, April 08, 2017
    Mas saya brusan dpt bgituan. Dan karena iseng aku isi. Saya dpt 2 kali hri ini dan sya juga udah isi 2 kali tdi Tapi yg dri indo hadiah itu salah satu dri 2 yg sy isi. Sy tidak tau apakah yg stunya itu dri indo hadiah juga atau tidak yg pastinya tmpilannya beda. Sy juga sdh mengisi nama, propinsi kota kecamatan, no.hp, alamat email dan juga biodta yg lainnya. Prtma sy pikir itu benar. Jdi bgmana ini? Apakah dta2 kita akan diblok atau dipakai gitu? Yg takutnya sy itu alamat kota,no.hp dan email sy. Tp tdi sy sudah mengganti password dan mengaktifkan verifikasi 2 lngkah. Apalah yg sy lakukan itu sdh benar dan apa yg akan trjadi kedepannya. Sbnrnya sy tdk trlalu ambil pusing, tp sy juga tkut dengan tiga hal tdi. Mohon dijwab mas, trma kasih juga pada artikelnya dan pndapat mas:)
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, April 09, 2017
      Jdi bgmana ini?
      seperti yang sudah dibahas diatas, data yang telah dikirim tidak bisa ditarik lagi. untuk kedepannya diharapkan lebih berhati-hati lagi dalam membagikan informasi sensitif seperti yang telah disebutkan.

      Apakah data2 kita akan diblok atau dipakai?
      Belum tentu, karena kita tidak tahu pasti tujuan sebenarnya mengumpulkan data seperti ini.

      Apakah yg sudah saya lakukan sudah benar? bagaimana kedepannya.
      Sudah sangat benar. Jangan aneh bila nanti mendapatkan email promosi yg banyak (bila belum unsubscribe), kedepannya diharap lebih berhati - hati bila menghadapi hal seperti ini, jangan mudah tergoda.

      mudah - mudahan terjawab,
  46. Unknown
    Unknown
    Jumat, April 07, 2017
    mas email saya gak bs saya buka apakah email saya sdh dibajak oleh pihak indo.hadiah.com karena waktu itu saya mengirim data saya lewat email tersebut
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, April 07, 2017
      Bisa jadi mas, tapi jangan dulu berkesimpulan, coba lagi login mungkin saat itu mas nya lagi panik dan salah ketik password atau ada yang kelupaan. kalau tidak bisa, coba fitur "forgot password" yang nantinya bisa buat reset /ganti password
  47. N. Nurul Aeni
    N. Nurul Aeni
    Rabu, Maret 29, 2017
    Caranya unsubscribe gimana ya mas? Soalnya barusan sy terlanjur ngisi data2 pribadi sy, trz sy udh dpt nomer verifikasi dari email sy.. tolong bantuannya, terima kasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Maret 29, 2017
      kalau sudah mendapat email promosi dari website tersebut biasanya akan muncul pilihan unsubscribe pada bagian akhir email. bila tidak menerima email - email promosi dan semacamnya maka tidak perlu melakukan unsubscribe. Semoga membantu,
  48. Unknown
    Unknown
    Selasa, Maret 28, 2017
    Kak aku malah udah ngisi pendaftaran gitu soalnya iseng iseng aja, nah malah diisi semua, semua nya udah diisi bener, tapi tadi ke buru takut, yaudah emailnya malah aku hapis gitu aja kak, terus aku juga lupa paswordnya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Maret 29, 2017
      yang lupa itu password email atau password login ke website indo-hadia? kalau lupa password untuk masuk ke indo-hadiah itu tidak masalah. kalau lupa password email harus segera dipulihkan.

      Jangan juga jadi takut karena hal seperti ini banyak terjadi, yang penting untuk kedepannya lebih berhati - hati lagi.
  49. Unknown
    Unknown
    Senin, Maret 27, 2017
    Admin Aku sudah memasukkin no. hp, nama lengkap, email dan provinsi ,kota, dan kecamatan dn sudah terkirim kalau sudah terkirim bagaimana nantinya. Data pribadiku sedang dalam bahaya, Aku merinding bagaimana cara mengembalikannnya tolong ya min
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Maret 28, 2017
      Kalau untuk mengembalikannya saya juga tidak tahu, karena data yang sudah dikirim otomatis akan langsung tercatat di database pemilik website (penipu). Yang bisa dilakukan sekarang adalah ganti password email kemudian tambahkan nomor telepon ke email untuk verifikasi 2 langkah. Untuk kedepannya diharap lebih teliti dan berhati - hati lagi bila menghadapi hal yang serupa. semoga membantu.
  50. Anonim
    Anonim
    Rabu, Maret 15, 2017
    Selamat! Yayat Sunaryat, registrasi Anda di Indo-Hadiah.com brhasil. Tgg ptunjuk kami utk mmenangkan Rp399jt dlm amplop warna kuning! (Easy Shopping) saya malah DPT SMS seperti ini....
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Maret 16, 2017
      saya sarankan untuk lebih berhati - hati, yang voucher 5 juta saja belum ada yang benar - benar dapat, apalagi ratusan juta seperti itu. Yang ditakutkan adalah penggunaan data pribadi untuk penipuan, kita sendiri yang nantinya rugi.
  51. Unknown
    Unknown
    Jumat, Maret 10, 2017
    Wawah saya kenak jugk ni buset dah. Sudah terisi dan terjawab semua dan sudah di blz apa permintaan nya. Mampus lah.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Maret 12, 2017
      wah..wah.. untuk kedepannya bisa lebih hati - hati lagi bila menemukan modus atau penawaran yang sama, dan jangan lupa untuk mengingatkan saudara.
  52. Karin
    Karin
    Rabu, Maret 08, 2017
    gw udah terlanjur ngisi data nya smpe lengkap. gimana ni, bahaya ngak min?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Maret 09, 2017
      klo sudah dikirim berarti data pribadi sudah berada di pihak yg menerima. untuk resikonya seperti yg sudah dijelaskan di dalam artikel. selebihnya berdoa saja semoga data pribadi kita tidak dimanfaatkan. untuk pencegahannya kamu bisa ganti password email dan menambahkan verifikasi 2 langkah (menambahkan nomor telepon di email)
  53. Karin
    Karin
    Rabu, Maret 08, 2017
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  54. widiaxa
    widiaxa
    Rabu, Maret 08, 2017
    *bold*
  55. Tampilkan selengkapnya
  56. Bh
    Bh
    Jumat, Maret 03, 2017
    nih klo gw mah tulisannya di gmail lanjutkan pendaftarannya.bagaimana ini min?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Maret 07, 2017
      waduh, coba di unsubscribe aja gan. biasanya ada di bagian akhir email dari pengirim.
  57. Unknown
    Unknown
    Rabu, Maret 01, 2017
    Sama aku juga udah isi data email, no hp, alamat kota dan kecamatan trus tgl lahir juga semua udah isi dengan bener. Selanjutnya udah verifikasi juga iseng2 ternyata salah. Baru baca blog ini langsung unsubscribe. Udah ganti email jg, jd aman kan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Maret 02, 2017
      klo untuk aman atau tidaknya belum pasti karena data pribadi sudah dikirim. namun untuk langkah2 untuk mengurangi resikonya sudah benar yaitu dengan unsubscribe. klo ganti email dorasa tidak perlu, cukup dengan ganti password email dan melakukan verifikasi 2 langkah kalau bisa.
  58. reno
    reno
    Minggu, Februari 26, 2017
    hduh bru aja 2Hari yang lulu Aku ngisi data pribadi,nmr tlpn, Imail,sama alamat sampai kecamatan. Itu bahaya nggak ya mas.?
    tp kmaren stlah Baca web ini. Imail lngsung saya hpus dri google Aman GA ya.
    apkh udh Ada ksusnya hnya Di mnfaatkn dta pribadinya?
    mohon dijelaskan terimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Februari 27, 2017
      maksudnya hapus email yang masuk dari indo-hadiah, atau hapus akun email? karena sepertinya tidak perlu untuk menghapus akun email, disarankan untuk melakukan unsubscribe bila mendapat email masuk dari mereka.
      sampai saat ini belum mendapat info kasus yg ditimbulkan dari indo-hadiah ini, namun klo melihat di tv sudah banyak kasus yg memanfaatkan data pribadi seseorang yang berujung penipuan seperti menguras saldo rekening.
  59. Unknown
    Unknown
    Jumat, Februari 24, 2017
    Di aq dpt nya pakai undian gitu... Gimana tu??? Bnr apa gk???
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Februari 24, 2017
      klo tetap merujuk pada alamat website yg sama berarti itu juga penipuan. jangan mudah tergiur
  60. Unknown
    Unknown
    Kamis, Februari 23, 2017
    wahhh untung aja, thanks atas infonya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Februari 24, 2017
      sama - sama lisa. tetap waspada dan jangan mudah tergiur
  61. DayKeEnan
    DayKeEnan
    Jumat, Februari 10, 2017
    hampir masukin nomer KTP, thanks man,,
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Februari 10, 2017
      sama - sama. senang dapat membantu,
  62. Unknown
    Unknown
    Rabu, Februari 08, 2017
    Wah saya baru Aja daftar, kira2 bermaslah ga ya di email saya yg saya kasih?.. thanks juga udah Ada blog Ini jadi tau Kalo web itu penipuan.. sangat bermanfaat.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Februari 10, 2017
      umumnya sih akan dpt email promosi, tp untuk amannya lebih baik terapkan verifikasi 2 langkah
  63. Unknown
    Unknown
    Selasa, Februari 07, 2017
    Sekarang indo kupon itu mengiming imingkan hadiah ponsel..qt dmintai data dan juga no kartu kredit..*mencurigakan* (untuk apa???)
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Februari 07, 2017
      yup! apalagi klo sudah minta no kartu kredit. sudah pasti ada maksud tertentu. harus tetap waspada dan tidak mudah terbujuk.
  64. catatanjasmadi
    catatanjasmadi
    Minggu, Januari 15, 2017
    thanks.....tapi saya udah selesaikan surveinya.....!!!
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Januari 15, 2017
      kalau begitu segera unsubscribe email berlangganannga, bila perlu ganti password email untuk lebih meyakinkan, semoga membantu
  65. Elok
    Elok
    Senin, Januari 09, 2017
    waduh untung aku cepet2 nemuin blog ini dan kubaca semua besrta komen2annya...... tapi sayangnya aku sudah ku konfirmasi email lalu k unscribe dan langsung ganti password.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Januari 15, 2017
      sip! langsung ambil tindakan (unsubscribe & ganti password) saat tau akunnya sedang terancam, walaupun belum pasti. klo ditunda2 jadi nya nanti lupa. thanks sharing nya!
  66. Tampilkan selengkapnya
  67. Unknown
    Unknown
    Rabu, Januari 04, 2017
    Sy juga udh daftar. Tp nmr kartu tak diisi..trs dpt email disuruh verifikasi tp sy nggak ngga bls sy lgsg unscribe n spam. Msh aman ngga ya.. ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Januari 06, 2017
      yang pasti aman adalah data yang belum sempat dikirim. mudah2an data yang sudah terlanjur dikirim tidak dieksploitasi.
  68. Pendidik luar biasa
    Pendidik luar biasa
    Rabu, Januari 04, 2017
    Alhamdulilah belum sempat
    Baru mau masukin email ragu ragu
    Cari di google ketemu blog ini
    Terima kasih Bu Rindi
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Januari 06, 2017
      alhamdulillah kalau begitu bisa mencegah org dr potensi penipuan. .hehe btw saya ini agan.. bukan aganwati :D
  69. Bunga
    Bunga
    Rabu, Januari 04, 2017
    Saya malah ga ada ngapa ngapain dapet email nya, sampai dia juga tau tanggal lahir saya pas saya ultah, di suruh verifikasi klik link nya sampai 3 kali email, maksa ni yak huaha
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Januari 06, 2017
      hehe.. kalau diakalin semua bisa diakalin gan.. perlu dievaluasi juga mereka bisa dapat tgl lahir kita dari mana.. kalau bisa data pribadi seperti itu tidak terlalu dibuka
  70. rasiqahnurfadlah
    rasiqahnurfadlah
    Rabu, Januari 04, 2017
    Kalau saya udah diisi semua data-datanya gimana dong? Terus saya di telepon dia minta alamat terus saya kasih saya kira hadiahnya akan dikirim makanya saya kasih. Terus setelah itu di sms katanya pemberitahuan pribadi telah dikirim ke alamat yang aku kasih! Terus gimana dong?. Terima kasih.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Januari 06, 2017
      kalau sudah seperti itu sebaiknya segera cek dan konfirmasi ke bank tempat anda menyimpan uang,takutnya mereka menghubungi pihak bank mengatasnamakan diri anda. selebihnya bila ada sesuatu yang dikirimkan ke rumah anda jangan mudah terbujuk, segera saja lakukan konfirmasi ke kantor polisi setempat tentang kebenaran paket atau dokumen yang anda terima. selanjutnya diharapkan lebih berhati - hati lagi bila menghadapi hal serupa,
  71. widya
    widya
    Jumat, Desember 30, 2016
    saya udah sampe pemberian tgl lahir. awalnya bimbang karena berlogokan windows.penipuan atau tidak.. karena berlogokan windows sy klik ok untuk memferifikasi pemilik windows. kira2 data id di no hp yang terdaftar kalau begitu bisa dicuri ga. artikel ini sangat membantu terima kasih infonya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Desember 31, 2016
      sejauh ini belum mendengar info data id dicuri dari nomor hp, semoga saja benar. membuat tampilan atau logo yang serupa dengan sesuatu yg familiar juga menjadi salah satu cara para penipu mengelabuhi kita, tetap berhati-hati.
      sama - sama, senang dapat membantu.
  72. Unknown
    Unknown
    Senin, Desember 19, 2016
    indo-hadiah.com ini yg pilihan hadiahnya pake spin kan ka? atau bukan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 20, 2016
      spin itu maksudnya di undi ya? kalau di undi benar.
  73. Unknown
    Unknown
    Senin, Desember 19, 2016
    aduh bang, baru ajh aku dapet kaya gtu.an aku udah masukin data pribadi & email, terus pas aku bukak emailku kok jadi ga bisa kebuka yah, ? gmna bang pendaptnya ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 20, 2016
      mungkin karena passwordya mudah ditebak itu, coba lakukan reset password. kalau berhasil reset password segera tambahkan nomor telepon atau email backup.
  74. Ameyy
    Ameyy
    Sabtu, Desember 10, 2016
    Kak gimana nih aku udh verifikasi alamat email, trus no hp juga. Tapi blum ada yg email dan telpon/sms kok kak trus juga aku udh ganti kata sandi email. Gmana kak? Udh aman gk yaa? Alamat jga udh di masukin cuma sampai kecamatan soalnya di kolomnya jga cma sampai kecamatan... Jdi gmana nih kak? Takuttt
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Desember 10, 2016
      kalau sudah ganti password sih kemungkinan besar emailnya aman. tapi nanti kalau ada email masuk seperti promosi dari sumber yang sama, langsung di unsubscribe saja (berhenti berlangganan).
      Untuk kedepannya diharapkan untuk lebih berhati - hati lagi.
      semoga membantu.
    2. Ameyy
      Ameyy
      Sabtu, Desember 10, 2016
      Alhamdulillah kalo gitu:) thx yaa kak;) sangat membantuu👍
    3. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Desember 10, 2016
      siap!sama - sama Ameyy :)
  75. Unknown
    Unknown
    Rabu, Desember 07, 2016
    Kenapa ga di laporin aja ke pihak berwajib tentang modus yang di gunakan oleh website tsb..???
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Desember 08, 2016
      sepertinya sudah ada yang melaporkan website tersebut namun sepertinya pelakunya masih bebas berkeliaran sehingga dengan mudah untuk membuat alamat2 website yang baru, bila website yang lama telah di blokir atau di nonaktifkan. semoga saja untuk kedepannya pihak yang berwajib mempunyai formula yang lebih pas untuk menghentikan modus seperti ini.
  76. Unknown
    Unknown
    Sabtu, November 26, 2016
    Wahh.. saya udh terlanjur daftar, mengisi data2 pribadi, email dan no.telp tapi ketika diminta masukam.4 digit no kartu kredit dan rekening saya mulai curiga (tidak saya isi) dan langsung klik tombol back dan menutup aplikasi itu. Tiba2 saya mendapat e-mail kl saya sdh berhasil mendaftar di undian trs dan diminta untuk klik link verifikasi e-mail.. pas saya klik (ingin tau web apa yang terbuka disana) ternyata linknya error.. saya coba klik link unsubscribe ternyata sama saja, error jg. Kemudian saya balas e-mail masuk dr adminnya untuk mencancelkan pendaftaran saya tetapi sampai sekarang belum ada balasan e-mail dari adminnya Akhirnya saya googling dan menemukan artikel ini.
    Kira-kira apa yang harus saya lakukan? Dan bagaimana dengan data yang telah saya kirimkan?? Mohon infonya ya.
    Terimakasih.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, November 26, 2016
      untuk data yang sudah dikirimkan sulit untuk ditarik kembali,
      bila sudah terlanjur didaftarkan, disarankan semua akun yang mempunyai password diganti untuk beberapa waktu, untuk email disarankan untuk menambahkan nomor telepon untuk verifikasi agar lebih aman.

      untuk kedepannya diharapkan untuk lebih berhati - hati lagi bila menemukan hal /modus yang serupa.

      semoga membantu,
  77. Tampilkan selengkapnya
  78. Unknown
    Unknown
    Selasa, November 22, 2016
    Kalau saya baru kirim email saja gmna ya..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, November 22, 2016
      sebenarnya sih tidak ada yang perlu dikhawatirkan, namun bila nanti menerima email promosi jangan upa untuk melakukan unsubscribe (berhenti berlangganan).
      lebih bagus lagi dengan melakukan penggantian password email,
      semoga membantu,
  79. Unknown
    Unknown
    Senin, November 21, 2016
    Kalo kita spam email tersebut udah aman Blum?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, November 21, 2016
      maskudnya menandai email tersebut sebagai spam ya?
      sebenarnya sudah cukup, dan jangan lupa untuk melakukan unsubscribe (berhenti berlangganan). dan lebih baik lagi bila "menandai sebagai email spam" dilakukan oleh banyak orang (akun) sehingga pihak operator pun akan menanggapi laporan tersebut dengan lebih serius dan tegas. semoga membantu,
  80. Unknown
    Unknown
    Kamis, November 17, 2016
    Kak cara unsubscribe gimana
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, November 17, 2016
      bila menerima email promosi dr indo hadiah akan ada pilihan unsubscribe (berhenti berlangganan), pilih saja itu. lokasinya biasanya berada di bagian bawah email. semoga membantu.
  81. Anonim
    Anonim
    Minggu, November 13, 2016
    Aku udah verifikasi email, gmana dong
    Pas udah baca blog ini aku unsubscribe lewat email yg dia kirim ny
    Aman gak ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, November 13, 2016
      kalau sudah di unsubscribe seharusnya kita tidak mendapat lg email promosi. disarankan untuk mengganti password email untuk sementara waktu. untuk kedepannya harus lebih hati2 lagi bila menghadapi hal yg serupa, semoga membantu
  82. Unknown
    Unknown
    Kamis, Oktober 27, 2016
    Waduh... Saya baru aja verifikasi... Trus cari2 artikel soal undian ini... Langsung saya ganti password email saya... Apakah itu sudah aman?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Oktober 27, 2016
      seharusnya aman untuk email, tetapi data yang sudah terkirim kecil kemungkinan ditarik kembali. untuk kedepannya bisa lebih berhati - hati bila menemukan hal yang serupa,
      terima kasih sudah sharing,
  83. Unknown
    Unknown
    Senin, Oktober 24, 2016
    nUniversität in Hagen
    Astaga! Saya baru saja mendaftar di website trsbt. Dlm email web tsb menuliskan Tolong email anda di vertifikasi. Selanjutnya apa yg hrs sy lakukan?? Trims.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 24, 2016
      hal pertama yang harus dilakukan adalah, jangan melanjutkan proses pendaftaran! jangan lakukan verifikasi email. karena kita tidak bisa menarik data yang sudah didaftarkan, biarkan data tersebut menggantung saja. untuk selanjutnya diharapkan lebih berhati - hati lagi bila menemukan hal yang serupa.
      semoga membantu,
  84. gume
    gume
    Senin, Oktober 24, 2016
    Alo udah terlanjur konfirmasi email oendaftaran gmna tuh
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 24, 2016
      nanti klo ada newsletter di unsubscribe aja, disarankan untuk mengganti password email secara berkala untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
  85. Unknown
    Unknown
    Jumat, Oktober 21, 2016
    sepertinya memang resmi pencurian data,karna waktu akan tingal langkah terakhir akan menang situsnya jadi eror dari situsnya langsung,untung datan yangaq masukin palsu semua hahaha,mungkin tidak akan eror bila data kartu kredit bank atm di isi kalau ada mungkin udah ke bobol karna pasword nya data nya bisa di enskripsi
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 24, 2016
      bener banget gan, harus benar - benar menjaga kerahasiaan data pribadi, salah2 kita sendiri yang rugi.
      thanks udh sharing gan,,
  86. Unknown
    Unknown
    Jumat, Oktober 21, 2016
    Waduh br saja saya vertivikasi gimna saran ya agar dta saya aman sama nmer hp ya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Oktober 21, 2016
      kalau sudah verifikasi pasti akan dapat semacam newsletter, di unsubscribe aja. untuk kedepannya agar lebih hati - hati lagi bila menemukan hal yang serupa.
  87. Unknown
    Unknown
    Selasa, Oktober 18, 2016
    Haha untung saya langsung googling dan ternyata nemu blog nya mas ini sebelum send nama dan email..thanks infonya mas...lagian email nya email cadangan..
    ..saking banyaknya kasus penipuan, saya jadi gampang suudzon sama yg gituan..😂😂
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Oktober 18, 2016
      hhehe.. kalau untuk hal yang berkaitan dengan privasi dan kriminal sepertinya emg harus agak hati - hati sih, salah - salah kita sendiri yang dirugikan..

      sama - sama mas, senang dapat membantu.. dan terima kasih atas testimoninya..
  88. Tampilkan selengkapnya
  89. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Oktober 15, 2016
    Barusan bgt aku dapet kaya gituan aku isi aja semuanya terkeculi rekening , tp aku cantumin no hp aku aman ga ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Oktober 16, 2016
      Sebenarnya bila no hp tersebut masih milik kita itu aman2 saja, semoga saja tidak ada sms - sms iklan (spam) ke no hp tersebut,

      Terimakasih sudah mau share pengalamannya,
  90. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Oktober 15, 2016
    Waduh barusan banget aku dapet yg kaya gituan terus aku isi semuanya sampe no telepon gt , mau ganti pass email malah lupa pass sebelumnya :( zonk :(
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Oktober 16, 2016
      Coba lakukan pemulihan password via nomor telepon (Bila sudah dihubungkan). Selanjutnya diharapkan bisa lebih berhati2 lagi bila menghadapi hal serupa,

      Terimakasih telah berbagi pengaduan dsini,
  91. ireng_tunteng
    ireng_tunteng
    Sabtu, Oktober 15, 2016
    Udah terlanjur masukin data tapi alamat email salah gmana ya?amankah?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Oktober 15, 2016
      sepertinya aman - aman saja, untuk kedepannya diharapkan lebih teliti lagi,
      terima kasih sudah mau share disini, :D
  92. Unknown
    Unknown
    Kamis, Oktober 13, 2016
    wah,,,, udah terlanjur isi data pribadinya. gimana nih?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Oktober 13, 2016
      kalau sudah terlanjur disarankan untuk segera mengganti password yang sekarang digunakan, untuk mencegah hal lain yang tidak diinginkan,

      terimakasih sudah mau sharing,
  93. anis mardiyah
    anis mardiyah
    Senin, Oktober 10, 2016
    kalau saya mengisi data pribadi saya hanya alamat apakah kemungkinan ada masalah
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 10, 2016
      belum dapat dipastikan apakah akan berdampak atau tidak, yang pasti untuk kedepannya kita harus lebih hati - hati dengan modus seperti ini,

      Terimakasih atas testimoninya,
  94. sofyanto
    sofyanto
    Senin, Oktober 10, 2016
    memang modus tipu2 sungguh banyak dan kalau tidak teliti bakal jadi korban berikutnya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 10, 2016
      yup! benar sekali mas, harus tetap hati - hati dan cek kebenaran berkali - kali,
  95. KEVIN NASH
    KEVIN NASH
    Jumat, Oktober 07, 2016
    kalau saya sampai ditelpon tapi menawarkan mau atau tidak menyumbangkan uang 150rb untuk korban bencana alam digarut.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Oktober 07, 2016
      Hati-hati gan, bisa jadi itu modus baru untuk menipu. Kalau emg mau nyumbang lebih baik disalurkan lewat organisasi yg jelas dan resmi seperti lembaga amal /zakat nasional.
      Terimakasih atas sharing nya mas..
  96. Unknown
    Unknown
    Minggu, Oktober 02, 2016
    Aku blm di email sih mas. Tp udah ngisi datanya di web. Gmn tu mas?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 03, 2016
      kalau sudah isi berarti data sudah terkirim. untuk aman nya disarankan untuk segera ganti password dan menambahkan nomor telepon di email.
  97. Jaenal net
    Jaenal net
    Rabu, September 28, 2016
    Ketika anda menerima email verivikasi. Di unsubrcribe aja
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, September 29, 2016
      setuju banget gan, harus segera dibatasi aksesnya dan salah satunya adalah dengan melakukan unsubscribe
  98. ADRINA.CHANNEL
    ADRINA.CHANNEL
    Selasa, September 27, 2016
    Webnya mencurigakan dari awal, masak mintal data ktp selengkap itu, curiga bgt, dari 2015 smpe 2016 hadiahnya aja yang berubah, awalnya uang trus sekarang hp Apple, tp gk jelas pemenangnya.. hoaks lah
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, September 28, 2016
      bener banget.. harus teliti dan tetap waspada pada penawaran - penawaran yang menggiurkan.
  99. Tampilkan selengkapnya
  100. Unknown
    Unknown
    Kamis, September 15, 2016
    Aku udh isi email aja tapi, gimana tuh mas? Apa aku hrs ubah password email?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, September 17, 2016
      untuk lebih aman nya lebih baik rubah dulu passwordnya, sekalian rubah ke password yang lebih 'rumit' (mis: kombinasi dari huruf & angka).
  101. Unknown
    Unknown
    Sabtu, September 03, 2016
    Barusan saya isi data,trus langsung dapat email aktivasi. Belum klik aktivasi sih karna curiga kok minta datanya detail banget. Ada keterangan juga kalo mau unscribe klik link lagi,tp udah gak percaya. Bismillah deh smoga gagal tuh data saya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, September 04, 2016
      bagus deh klo belum aktivasi. tapi kalau masih menerima email2 promosi /spam dari sumber yang sama, disarankan untuk melakukan unsubscribe agar email kita dihapus dari daftar email untuk di spam.
    2. Unknown
      Unknown
      Rabu, Mei 10, 2017
      cara untuk unsubscribe bagaimana ya mas ? karena saya kemarin sudah mengisi data saya secara lengkap dan saya di mintai email , nomor tlp serta atm yang saya gunakan . namun tidak di mintai secara detail nomor rekening nya . sya takut krna nomor tlpn dan email saya data pribadi .. bagaimana ya cara nya agar data nya gagal ?
    3. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Mei 10, 2017
      Untuk unsubscribe dapat ditemukan di email yg dikirim oleh pihak indo-hadiah (atau partner - partner promo nya) kepada alamat email kita, biasanya ada pilihan unsubscribe pada salah satu bagian didalam email, bisa di bagian akhir (bawah) ataupun samping dengan bertuliskan unsubscribe /berhenti berlangganan, klik tulisan tersebut. Kalau sudah dikirim kita sudah tidak bisa melakukan apa2 lagi terhadap data yang telah dimasukan, berharap saja agar email kita tidak dimanfaatkan. untuk kedepannya diharap lebih berhati - hati.
  102. Kangray
    Kangray
    Selasa, Agustus 30, 2016
    website scam itu :D
    muncul di pop up aja :D
  103. Unknown
    Unknown
    Kamis, Agustus 25, 2016
    wah saya malah udah daftar tapi rekening nya ngak diisi
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Agustus 26, 2016
      Jangan sampai memberikan nomor rekening, nomor rekening adalah salah satu sumber data yang sangat sensitif. segera lakukan pengamanan 2 langkah(tambahkan nomor telepon ke alamat email) bila sudah terlanjur mendaftar
  104. Unknown
    Unknown
    Selasa, Agustus 23, 2016
    gimana kalo saya udah mengisi data2 pribadi, tapi email belum saya konfirmasi dan pendaftara belum selesai ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Agustus 23, 2016
      selama belum menekan tombol 'send' atau kirim setelah mengisi data pribadi itu tidak masalah. namun bila telah menekan 'kirim' atau 'send' maka data tersebut otomatis akan terkirim kepada pemilik website tersebut.
  105. Unknown
    Unknown
    Jumat, Agustus 19, 2016
    Bagaimana jika saya sdah terlanjur isi data pribadi ku
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Agustus 22, 2016
      sepertinya data yang sudah dikirim tidak bisa ditarik kembali pak, solusinya bisa mulai dengan mengganti /merubah password ataupun hal - hal sensitif lainnya yang berhubungan dengan data yang telah bapak kirimkan. dan lebih berhati - hati bila menemukan hal yang serupa untuk kedepannya.
    2. Unknown
      Unknown
      Kamis, Maret 23, 2017
      Pak sekarang apa yang terjadi saat ini setelah data yang anda masukan?
  106. Unknown
    Unknown
    Rabu, Agustus 17, 2016
    Trims penjelasannya, baru aja mau kemakan situsnya..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Agustus 18, 2016
      siap pak! Jangan mudah percaya, periksa dulu kebenarannya sebelum memberikan data pribadi, apalagi transfer uang, dll.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!