Cara Aman Ganti Nomor HP WhatsApp

Berikut ini adalah cara aman bila anda ingin mengganti nomor handphone lama anda dengan nomor yang baru atau sebaliknya. Tidak perlu memerlukan waktu yang lama, cara ini hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 2 menit dan akun whatsapp anda akan berganti nomor tanpa menghapus history chat, group, dan foto profil anda selama tidak berganti handphone.

Banyak sekali alasan kita sebagai pengguna untuk mengganti nomor handphone kita yang terdaftar di WhatsApp, dari mulai nomor yang lama telah hilang, terlalu sering mendapatkan pesan spam ke nomor yang sekarang sedang digunakan sampai kepada menghindari debt collector . hehe namun alasan apapun itu, pastikan anda melakukan penggantian nomor dengan cara yang aman, bila tidak berbagai macam resiko telah menunggu, dari mulai hilang kontak dan hilang history chat. 

Sebelum melakukan proses penggantian nomor, ada baiknya anda memahami 3 hal yang akan terjadi berikut ini setelah melakukan penggantian nomor.

3 Hal yang akan terjadi bila kita mengganti nomor WhatsApp:
  1. Memindahkan group, profil, dan juga akun ke nomor yang baru.
  2. Semua Riwayat chat tidak akan hilang dan dapat dilanjutkan kembali seperti biasa dengan catatan kita tidak berganti telepon.
  3. Kontak yang ada di nomor telepon yang lama akan dihapus, kecuali kontak tersebut disimpan via email, bukan via nomor telepon.

Sebelum memulai pastikan dahulu nomor anda yang baru dapat menerima SMS, Telepon dan mempunyai koneksi internet.
 

Berikut Langkah – langkah untuk Mengganti Nomor Handphone Anda di WhatsApp

1. Pasang dan aktifkan nomor (Kartu SIM) baru anda.
2. Buka aplikasi WhatsApp.
3. Masuk ke fitur Ganti nomor:
- Tekan tombol Menu >Setelan >Akun >Ganti nomor. (Bahasa Indonesia)
- Tekan tombol Menu >Settings >Account >Change number. (Bahasa Inggris)
Cara Aman Ganti Nomor HP WhatsApp
4. Masukan nomor telepon yang lama di kolom atas, dan nomor baru di kolom bawah
5. Tekan SELESAI /DONE pada pojok kanan-atas layar.
6. Verifikasi. Selesai!

Pada bagian verifikasi, pada umumnya bersifat otomatis, kita tinggal menunggu proses beberapa detik dan nomor kita pun telah resmi berganti secara otomatis. Namun bila anda masih diminta untuk melakukan verifikasi manual gunakan saja kode yang dikirim oleh pihak WhatsApp melalui SMS atau telepon.

Catatan Penting Tentang Penggantian Nomor Handphone di Aplikasi WhatsApp:


Penggatian nomor ini tidak akan diberitahukan kepada semua kontak yang ada, notifikasi /pemberitahuan bahwa anda telah mengganti nomor hanya akan muncul pada group – group yang anda ikuti. Bila perlu beritahu terlebih dahulu kontak – kontak yang ada bahwa anda akan mengganti nomor WhatsApp secara personal, atau bisa saja anda memberitahu mereka melalui status update.

Semoga Artikel ini dapat membantu dan mempermudah anda dalam proses penggantian nomor handphone di Aplikasi WhatsApp. Apabila masih memiliki kendala bisa langsung ditanyakan pada kolom komentar dibawah ya.

Artikel Terkait:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

19 comments

Write comments
July 18, 2016 at 6:04 PM delete

kenapa no.WA group masih nyangkut di nomer yang lama Gan

Reply
avatar
July 19, 2016 at 12:00 PM delete

Kalau masih nyangkut berarti harus di hapus /ganti manual gan..

Reply
avatar
December 20, 2016 at 6:41 PM delete

Mas, misal kita ganti no wa yg baru. Terus ganti lagi ke no wa yg lama.Chattingan kita yg no wa yg baru tetep no itu kan di chattingannya org? Atau ganti jg ke no yg lama. Karna kita ga delete account no wa yg baru?

Reply
avatar
December 21, 2016 at 10:30 AM delete

sepertinya tetap nomor yang sama untuk chattingan yang dulu. kecuali kalau kita chatting lagi setelah menggunakan nomor yg sedang dipakai. semoga membantu,

Reply
avatar
December 22, 2016 at 12:09 AM delete

mas, misalkan wa ganti nmor baru pada hp lama...trus nomor lama tetap digunakan untuk akun wa di hp yg baru...apa yg trjadi?? terima ksih mas

Reply
avatar
December 22, 2016 at 7:58 AM delete

kalau cara penggantian kartunya benar dan sesuai, tidak akan ada masalah. hp akan melakukan perubahan nomor sesuai dengan yang diinginkan.
semoga membantu,

Reply
avatar
December 26, 2016 at 11:10 PM delete

Gan mau tanya,

Kalo ganti nomor lama ke nomor baru di hp yang sama, apakah kontak, grup, chat hilang semua?

Dan ketika ganti nomor telepon, bagaimana tampilan kontak di hp yang lain? Misal teman saya cuman punya nomor saya yang lama, ketika nomor saya diganti yang baru, apakah nomor saya yg baru hilang di kontak teman saya?

Terima kasih

Reply
avatar
December 28, 2016 at 5:56 AM delete

kontak group chat tidak hilang gan..

di kontak lain akan tetap nomor yang lama, tetapi tetap bisa berkomunikasi seperti biasa,
semoga membantu

Reply
avatar
January 5, 2017 at 10:00 AM delete

om mau tanya, saya pnya 2 hp masing2 dgn 2 nomor WA yg berbeda, dua2 nya aktip dg kontak dan grup2 yang berbeda,
nhah, ketika WA di hp ke-1 saya ganti dgn nomor WA yg di Hp ke-2, kontak dan grup yg manakah yang akan muncul di WA hp ke-1?

klo kontak dan grup ikut brubah, apakah bs kembali spt semula??

trmksh

Reply
avatar
January 6, 2017 at 10:35 PM delete

kalau data group dan kontak itu mengikuti dimana data tersebut disimpan, jadi data group dan kontak bila tidak dilakukan backup akan tetap berada di handphone yang semula. jadi data group dan kontak tetap akan tetap menggunakan data di hp ke - 1

Reply
avatar
January 14, 2017 at 6:27 AM delete

Mo tanya, adakah proses konfirmasi ke no yg lama? Kebetulan no telp yg lama bermasalah (lupa isi pulsa sampai batas waktu aktif). Rencananya sblm ke costumer care provider untuk proses pengaktifan kartu lama, ganti nomor supaya tetap aktif di wa nya dgn nomor yg lain.

Reply
avatar
January 15, 2017 at 6:02 PM delete

klo handphone nya masih sama, tidak perlu melakukan konfirmasi di aplikasi whatsapp, langsung saja ganti nomornya. akun whatsapp tidak akan berubah, dan akan berjalan normal karena pada dasarnya aplikasi whatsapp bekerja berdasarkan koneksi internet. semoga membantu,

Reply
avatar
March 14, 2017 at 8:17 PM delete

Punya ana kya gtu tetep kgk bisa ah

Reply
avatar
March 28, 2017 at 12:21 PM delete

Klo punya 2 hp trus no. Wa nya itu jadi wa di hp ke 1 itu pake no dihp ke 2,wa di hp ke 2 pake no dihp ke 1,trus wa hp ke 1 mo dipindahin ke hp ke 2,trus yang di hp ke 2 mo ganti no yang ada di hp ke 1 (ganti no.yach Bukan pindahin wa lagi) itu nanti history sama group nya ilang semua ga gan??

Reply
avatar
March 28, 2017 at 5:51 PM delete

coba di backup dulu semua data nya yang ada di hp via email atau via memoricard yang berbeda >>uninstall whatsapp (dua2 nya)>> pindah kartu >>install whatsapp >>restore data sesuai nomor. cara lengkap nya bisa ikuti langkah2 yang ada di tutorial ini:

http://www.rinditech.com/2016/01/cara-mengembalikan-chat-whatsapp-saat.html

Semoga membantu,

Reply
avatar
April 18, 2017 at 5:30 AM delete

Kalo di wa misal ada org yg tau no hp lama kita tanpa kita save no hp dia kan dia bisa chat kita, apabila sy ada rencana untuk ganti no no wa lama dg yg no wa baru. Kondisi dg ponsel yg sama, apakah org tsb masih bs chat kita ? Saya cari cara utk menghindar agar org tsb tdk bs chat wa saya. Mohon bqntuannya, trims

Reply
avatar
April 18, 2017 at 6:11 AM delete

bila kita mengganti nomor hp di whatsapp orang tersebut tidak akan bisa mengirim chat (kecuali mengetahui nomor baru kita).

Tetapi semua anggota group yang diikuti akan tahu bahwa kita telah mengganti nomor karena nomor baru kita akan otomatis mengirim notifikasi ke SEMUA group yang kita ikuti(Contoh: Herlina Fitri change her phone number from 08.... to 08....)

Jadi bila kita ada di salah satu group yang sama dengan orang tersebut, dia akan mengetahui bahwa kita telah mengganti nomor (berikut dengan nomor baru).

semoga membantu,

Reply
avatar
July 2, 2017 at 1:33 PM delete

gan kl mau ganti nomer baru apakah orang" yg tau nomer saya harus save ulang nomer wa saya yg baru

Reply
avatar
July 3, 2017 at 10:19 AM delete

Yup! mereka harus masukan manual nomor baru agan, karena nomor yang lama tidak akan otomatis berubah di kontak teman2 agan.

Reply
avatar