Kapan dan Bagaimana Cara Membayar Pajak Undian Berhadiah /Kuis? Berdasarkan Peraturan Pemerintah

Kapan sih waktu yang benar untuk membayar pajak undian berhadiah? Apakah sebelum hadiah diterima? Atau sesudah hadiah diterima? Terus bagaimana cara bayarnya?? Ke pihak penyelenggara? Atau langsung ke instansi pemerintah?? Naah, kita akan bahas pada artikel ini, so, perhatikan baik – baik.

Banyak juga yang masih bingung dan kebanyakan para pemenang hanya mengikuti arahan penyelenggara saja, tanpa mengentahui peraturan yang sebenarnya, kalau penyelenggaranya benar sih gapapa ya dipandu, naah kalau penyelenggaranya abal – abal alias penipu??? Bahaya kann..

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai berapa persen besaran pajak undian berhadia /kuis dan pada pembahasan kali ini kita akan lebih terfokus kepada waktu pembayaran dan cara membayar pajak undian tersebut berdasarkan peraturan pemerintah khususnya tentang perpajakan. Dan tentunya pembahasan ini ala RindiTech, so dijamin mudah dimengerti. Aamiin..

Perlu diingatkan lagi bahwa pembahasan ini adalah rangkaian pembahasan mengenai cara menghindari penipuan bermodus undian berhadiah, bila anda membaca pembahasan ini untuk pertamakalinya, kami sarankan anda untuk membaca pembahasan mengenai ciri - ciri website undian palsu dan juga ciri – ciri SMS/Telepon undian palsu pada link berikut ini:


Kapan dan Bagaimana Cara Membayar Pajak Undian Berhadiah /Kuis? Berdasarkan Peraturan Pemerintah

Kapan Pajak Undian Berhadiah /Kuis harus diserahkan atau disetorkan?

Berdasarkan peraturan pemerintah, pemotongan pajak undian harus selesai sebelum hadiah diserahkan kepada pemenang undian. Naahh.. disinilah para penjahat melakukan modus mereka untuk menipu para calon korban. Mereka akan meminta uang tebusan (pajak) sebelum hadiah mereka serahkan, maka dari itu kita sebagai masyarakat harus tetap berhati – hati dan melakukan pemeriksaan secara berulang – ulang untuk memastikan bahwa penyelenggara undian tersebut benar atau hanya penipuan.

Dari dan Kepada Siapa Pajak Undian Harus disetorkan?

Sesuai peraturan, pajak undian harus disetorkan kepada Negara oleh pihak penyelenggara melalui Kantor Pos atau bank – bank yang telah bekerja sama dengan pemerintah untuk menerima pajak yang biasa disebut Bank Persepsi.

Namun sesuai pengalaman, pihak penyelenggara YANG ASLI biasanya akan meminta kita, sebagai pemenang, yang melakukan pembayaran pajak langsung ke Kantor Pos /Bank Persepsi dengan setoran khusus untuk pembayaran pajak kepada Rekening Negara, BUKAN REKENING PERORANGAN.

Maka dari itu kita (sebagai pemenang) harus benar – benar teliti dalam melakukan pembayaran pajak, perlu diperhatikan kita membayar kepada siapa, bila nama rekening penerima berupa nama perorangan, wajib kita curigai, karena penyelenggara biasanya menggunakan nama resmi dari perusahaannya seperti ke rekening atas nama PT. Indosat atau atas nama PT. Rindi Technology BUKAN NAMA PERORANGAN!!!

Buktinya Apa Kalau Sudah Setor Pajak?

Dalam sistem pengawasan yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Pajak, para penyelenggara diwajibkan membuat 3 Rangkap bukti penyetoran pajak. 1 untuk Pemenang, 1 untuk Kantor Pelayanan Pajak, 1 untuk arsip Penyelenggara.

Jadi, bila penyelenggara meng-klaim bahwa mereka telah membayarkan pajak undian, kita berhak mendapatkan bukti setorannya dari pihak penyelenggara. Setelah mendapat bukti setor pajak, kita dapat langsung melakukan pengecekan ke Kantor Pajak terdekat bahwa pajak tersebut benar – benar telah dibayarkan.

Mudah – mudahan pembahasan mengenai waktu dan cara pembayaran pajak undian berhadiah atau kuis ini dapat membantu dan menambah kewaspadaan kita sebagai masyarakat dalam menangkal setiap kejahatan – kejahatan yang ada, juga dapat membantu memperingati keluarga, tetangga, ataupun teman dalam mengetahui modus – modus penipuan dan juga cara membayar pajak hadiah undian yang benar.

Rujukan:
Peraturan Pemerintah No. 132 Tahun 2000 tentang Pajak Penghasilan (PPh) Atas Hadiah Undian
http://www.pajak.go.id/content/pajak-penghasilan-hadiah-undian
http://www.pajak.go.id/content/seri-pph-pajak-penghasilan-atas-hadiah-dan-penghargaan
http://www.pajak.go.id/content/seri-pph-tarif-pph-atas-hadiah-undian


Artikel Terkait:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
February 25, 2017 at 12:48 PM delete

apakah wesite www.smartphon android indonesia / rim ini situs penipuan atau benar..saya baru dapat informasi melalui bbm .mhn informasinya ..trimakasih

Reply
avatar
February 27, 2017 at 10:43 PM delete

bila dilihat dari ciri - cirinya itu situs penipuan, jangan mudah tergiur. ada modus yang berpura2 menjadi wanita cantik atau pria tampan yang add pin bbm, kemudian ganti nama menjadi salah satu brand terkenal untuk mengumumkan info kuis.
untuk lebih jelasnya bisa baca artikel mengenai ciri - ciri pemberitahuan kuis palsu ini:
http://www.rinditech.com/2015/01/ciri-sms-telepon-undian-palsu-cara.html

Reply
avatar