Cara Block atau Unblock Kontak di Aplikasi WhatsApp (Android, iOS, Windows Phone)

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Tutorial
WhatsApp
Cara Block atau Unblock Kontak di Aplikasi WhatsApp (Android, iOS, Windows Phone)

Berikut ini adalah cara agar tidak dapat menerima pesan dan telepon dari kontak whatsapp yang sekiranya mengganggu anda. Dan berikut ini adalsah langkah – langkah untuk melakukan block /unblock kontak pada aplikasi Whatsapp di Android, iOS (iPhone) maupun di Windows Phone.

Sering mendapat sms promosi secara berlebihan? Atau telepon yang mengganggu? Memang sekarang ini orang sangat mudah untuk mengirim sms dan telpon dengan gratis (via online) namun ada beberapa orang yang memanfaatkan kelebihan tersebut untuk keuntungannya pribadi dan mengganggu orang lain. Untuk itu pihak pengembang WhatsApp tetap menyediakan fitur untuk melakukan block kepada kontak – kontak yang kita inginkan.

Apa Yang Akan Terjadi Bila Saya Melakukan Block Kontak

Sebelum melakukan melakukan Block kontak pada whatsApp ada baiknya kita mengetahui dulu hal – hal apa saja yang akan terjadi bila kita melakukan block kontak pada aplikasi whatsApp dan berikut adalah lengkapnya:

  • Pesan yang dikirim oleh kontak yang telah di block tidak akan sampai kepada anda dan tidak akan ada pemberitahuan juga dari sistem.
  • Informasi ‘last seen’ anda yang biasa di update tidak akan muncul di kontak yang telah kita block.
  • Informasi ‘status update’ juga tidak akan terlihat oleh kontak yang telah di block.
  • Perubahan foto yang anda lakukan juga tidak akan diketahui oleh kontak yang telah di block.
  • Anda tidak akan bisa mengirim pesan dan telepon ke kontak yang telah di block sampai anda mencabut status (unblock) kontak tersebut.

Cara Melakukan Block Kontak yang Telah di Ada di Kontak Telepon

  1. Buka Aplikasi WhatsApp.
  2. Tap /Klik tombol Menu pada handphone >> Setting >>Account >>Privacy >>Blocked Contacts
  3. Pilih gambar orang dengan tanda plus disampingnya (pokok kanan atas)
  4. Pilih kontak yang ingin anda block.
    Cara Block atau Unblock Kontak di Aplikasi WhatsApp

Cara Melakukan Block Kontak yang Belum di Save kedalam Kontak Telepon

  1. Buka chat yang telah dikirim oleh kontak tersebut.
  2. Pilih Block.

Ketika anda menerima pesan dari kontak yang belum ada dalam buku telepon anda, aplikasi akan memberikan pilihan apakah kontak tersebut aman atau Spam. Jika anda memilih Report Spam maka kontak tersebut akan otomatis masuk ke dalam daftar kontak yang di block.

Cara Melakukan Unblock Kontak yang Telah di Block

  1. Tap /Klik tombol Menu pada handphone >> Setting >>Account >>Privacy >>Blocked Contacts
  2. Tekan dan tahan kontak yang ingin di Unblock sampai muncul pop up menu
  3. Pilih Unblock pada pop up menu.

Cara lainnya untuk melakukan unblock adalah dengan mengirim pesan kepada kontak yang ingin di unblock, anda akan diberi pilihan untuk melakukan Unblock kontak tersebut oleh sistem.

Hal yang Perlu Diingat Dari Melakukan Block Kontak di Aplikasi WhatsApp

Melakukan block pada kontak tidak akan menghapus kontak tersebut dari buku telepon anda, untuk menghapus kontak di WhatsApp anda harus menghapus kontak tersebut melalui buku telepon pada smartphone anda.

Semoga informasi ini dapat membantu, bila ada yang masih bingung atau ingin ditanyakan silahkan simpan pada kolom komentar dibawah. Terima kasih.

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!