Kenapa Modem BOLT Orion Tidak Mendukung Jaringan 4G Setelah di Unlock?

Rindi Putra
106 Komentar
Beranda
Internet
Modem
Kenapa Modem BOLT Orion Tidak Mendukung Jaringan 4G Setelah di Unlock?
Kenapa Modem Bolt Orion Tidak mendukung jaringan 4G
Gambar: Jalantikus

Kartu SIM saya sudah mendukung jaringan 4G tapi kok di modem bolt Orion saya masih 3G? atau Saya berhasil unlock modem BOLT Orion saya tapi jaringannya mentok di 3G ya? padahal jaringan 4G di daerah saya sudah tersedia!. Punya masalah yang sama?

Pembahasan ini juga terinspirasi dari salah satu komentar di postingan tentang langkah - langkah untuk unlock modem bolt (baca: Cara Unlock Modem Bolt Slim & Max Karena Update Software) mengenai masalah yang dialami oleh pengguna modem bolt orion yang mempunyai masalah jaringan 4G setelah melakukan unlock modem.

(Update Juli, 2016) Setelah melihat perkembangan informasi yang berhubungan modem Bolt secara umum ternyata hal ini tidak hanya terjadi kepada modem Bolt Orion saja, namun terjadi juga pada modem Bolt Slim dan Max generasi pertama, atau lebih tepatnya modem dengan type E5372.

Baca juga: Cara Unlock (Downgrade Firmware) Modem Bolt ORION Karena Update Software

Sekedar informasi, awalnya modem bolt type Orion ini dijual secara resmi dengan kondisi Unlock atau dapat menggunakan kartu GSM apa saja, tidak seperti modem bolt sebelumnya yang memang sudah terkunci (locked) hanya dapat menggunakan kartu Bolt saja. Namun tidak lama kemudian semua modem type Orion ditarik dari pasaran untuk dilakukan update firmware yang membuat modem tersebut menjadi terkunci alias tidak bisa menggunakan sembarang kartu GSM (harus menggunakan simcard BOLT). -TukankCopas 

Setelah update firmware tersebut para pengguna yang ‘terlanjur’ membeli dan belum mendapatkan jaringan bolt didaerahnya terpaksa harus melakukan unlock manual dengan cara downgrade firmware agar bisa menggunakan kartu GSM selain Bolt.

Naah,, setelah itu ramailah sosialisasi dan promosi jaringan 4G yang dilakukan oleh berbagai macam provider selular. Masalah muncul ketika para pengguna bolt Orion tidak dapat menikmati jaringan 4G di modem kesayangannya. Tanya kenapa?

Menurut tim RindiTech, masalahnya ada pada paket firmware dan frekuensi yang digunakan, karena firmware yang digunakan adalah firmware hasil downgrade, otomatis firmware tersebut berada 1 atau 2 atau beberapa versi dibelakang versi firmware yang seharusnya digunakan saat ini dan sangat mungkin sekali dalam paket firmware lawas tersebut ada pengaturan mengenai penggunaan jaringan 4G. Lihat gambar dibawah ini:

Kenapa Modem Bolt Orion Tidak mendukung jaringan 4G
Gambar: TukankCopas

Baca juga: Nunggu Firmware Modem Bolt All Operator 4G? Begini Situasinya

Pada gambar diatas menunjukan bahwa untuk unlock modem hanya dapat menggunakan firmware sampai Firmware versi V016 karena itu adalah versi firmware terakhir yang menggunakan sistem unlock untuk versi setelahnya (V017) sudah menggunakan sistem terkunci alias LOCKED, cuman bisa menggunakan provider BOLT saja.

Maka tidak heran apabila ada pengguna modem Bolt Orion yang tidak mengalami masalah jaringan 4G karena mereka memang menggunakan kartu sim BOLT juga pada modemnya dan kemungkinan pengguna modem Bolt tersebut menggunakan firmware yang up to date.

Begitu juga dengan masalah frekuensi, Untuk frekuensi 4G yang digunakan oleh operator Bolt berada di frekuensi 2300 MHz sedangkan frekuensi operator lain seperti Telkomsel, Indosat dan XL berada di frekuensi 1800 MHz. 

Maka dari itu sebagus apapun sinyal atau lokasi dimana kamu berada tetap saja tidak akan mendapatkan koneksi 4G karena modem yang digunakan disetting hanya untuk menerima sinyal di frekuensi 2300 MHz saja.

Satu – satunya cara agar mendapatkan jaringan 4G di modem Orion maka kita harus menggunakan provider yang memang seharusnya, yaitu BOLT.

Baca juga: Cara Agar Modem Bolt Tetap Bisa 4G Setelah di Unlock

UPDATE (Juli, 2016): Tim RindiTech Menemukan cara lain agar kita tetap dapat merasakan koneksi 4G tanpa harus menggunakan kartu BOLT. gimana caranya? link-nya ada di akhir artikel ini dengan judul Cara Agar Modem Bolt Tetap Bisa 4G Setelah di Unlock. cekidot.

Yaudah klo gitu kita ganti aja gan firmware nya, silahkan saja update firmware tetapi dipastikan modem Orion agan akan terkunci (Locked) alias tidak akan bisa menggunakan provider selain BOLT. 

Kecuali agan dapat membuat firmware sendiri, atau mungkin saja suatu saat ada firmware khusus untuk modem Orion agan agar dapat jaringan 4G dari provider lain, tetapi untuk saat ini belum ada.

Berikut beberapa temuan kami mengenai jaringan 4G pada modem BOLT Orion:


Kenapa Modem BOLT Orion Tidak Mendukung Jaringan 4G Setelah di Unlock?
Salah satu komentar di artikel ini

Kenapa Modem Bolt Orion Tidak mendukung jaringan 4G
Salah satu thread di Kaskus
Kenapa Modem Bolt Orion Tidak mendukung jaringan 4G
Kolom Komentar di TukankCopas

Untuk sekarang mendingan kita syukuri dulu aja apa yang kita punya gan, toh jaringan 3G juga bukan jaringan yang jelek, ia kan! Selama kebutuhan dan pekerjaan kita tidak terhambat mendingan Keep Calm aja lah, ia nggak? sambil nunggu ada firmware yang unlock tapi bisa 4G. hehe #beWiseUser

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

106 komentar

  1. aris
    aris
    Rabu, September 09, 2020
    bang...mau tanya....saya pakai smartfren di bolt movimax bisa, tetapi pas diganti pake kartu 3, no service trus bang, dimana salahnya yah bang?moohn pencerahannya yah bang
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, September 10, 2020
      smartfren itu basic nya CDMA, klo 3 itu GSM. Jadi wajar klo yang bisa cuman smartfren karena modem bolt emang awalnya didesain untuk kartu bolt saja yang basic nya itu CDMA. semoga terjawab
  2. Mz SpX
    Mz SpX
    Minggu, Agustus 30, 2020
    Bang apakah sudah ada upgrade buat movimax90 ke jaringan 4G.. apalagi buat berbagi di jaringan tersebut, kami pasukan Pemakaman jenasah Covid-19 bang??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Agustus 31, 2020
      Informasi update nya saya kurang tau, tapi bisa dicoba aja pake kartu GSM dan CDMA yang sudah 4G
  3. ludfi
    ludfi
    Rabu, Mei 20, 2020
    Kak, Bolt Orion saya sdh diunlock, kalau saya pasang provider Telkomsel sudah 4G, tapi begitu pasang kartu Indosat cuma bisa 3G, padahal jaringan Indosat di tempat saya sdh 4G, kartu Indosat saya pasang di HP juga sdh 4g, kemudian apa bedanya dg yg Telkomsel kalau sama2 di frekwensi 1800. Btw kalau firmware utk 4G all operator sdh ada dishare ya, saya Juga mau follow IG kakak biar tetap update.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Mei 20, 2020
      Sudah untung gan dapet sinyal 4G, walaupun cuman Telkomsel. Kebanyakan masih mentok di H+. Apalagi sekarang kan bolt udah gulung tikar, jadi nikmatilah selagi masih bisa. hehe
  4. reza5644
    reza5644
    Senin, Juli 08, 2019
    gan bolt orin movimax MV1 saya frewarenya ada di v016 tapi kok no service ya di pasangi kartu apapun apa yang salah ya gan??? ,,,apa saya harus update sofeware???
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juli 09, 2019
      Coba gunakan kartu smartfren gan, pinjam saja kartu smartfren punya teman sebentar (kalo ada) untuk test aja. Kalau bisa berarti modem agan sudah terkunci (locked)
  5. Abang Balo
    Abang Balo
    Minggu, Juni 23, 2019
    mau nanya nih gen!!! apa udah ada suppor ke 4G
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juni 25, 2019
      Dicoba saja gan jika HP agan sudah bisa menangkap sinyal 4G harusnya modem nya juga bisa. Jika belum bisa maka masih belum support. selamat mencoba!
  6. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Maret 24, 2018
    mau tanya .. supaya bisa pasang kartu perdana bolt yg khusus smartphone bisa ga ya??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 24, 2018
      Halo Tirta! Seharusnya bisa. karena tidak ada bedanya jenis kartu untuk smartphone dan modem.

      namun yang perlu diperhatikan adalah kondisi modem apakah sudah di unlock atau belum, karena ada beberapa kasus tidak bisa pakai kartu bolt setelah di unlock. semoga membantu :)
  7. nearharvy
    nearharvy
    Senin, Februari 26, 2018
    e5372s saya sebelum dan setelah di unlock tetap tidak bisa mendukung kartu perdana bolt unlimited 30hari. mohon pencerahannya... terima kasih :{
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Februari 26, 2018
      saran pribadi saya sih coba di update aja software nya (caranya bisa cari di website rinditech.com atau di google juga banyak). kalau masih belum bisa sepertinya harus dibawa ke gallery bolt nya langsung, ada hal - hal yang memang hanya teknisinya yang bisa. semoga membantu Near Harvy :)
  8. Agung Setiadi
    Agung Setiadi
    Minggu, Agustus 06, 2017
    Gan saya punya bolt orion yg unlock nih, saya merasa agak kurang srek aja make jaringan 3G, saya pengen lock lagi bolt saya katanya kan harus di upgrade yak. gimana caranya gan buat upgrade lock bolt(tanpa lewat situs bolt)? bisa kasih saya linknya gan ?
    mohon pencerahannya.. mksh
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Agustus 06, 2017
      sebelum di lock disarankan coba dulu langsung pake kartu boltnya gan, mudah2an bisa dapet 4g dr kartu bolt tanpa harus di lock. untuk cara lain belum ada gan selain lewat website
  9. william
    william
    Jumat, Juli 14, 2017
    Tolong kak, saya bukan permasalahkan masalah kecepatan 3G atau 4G, saya tau 3G tidak lebih cepat dari 4G, tetapi saya memiliki kuota bonus 4G berlebih dan tidak dapat digunakan, tolong carikan solusi. Saya tau 3G sudah cepat, setiap hari saya pakai 3G sampai 3.5G atau H+ saja
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juli 15, 2017
      Yup! Sama nih Yohanes, masih belum nemu cara pake kuota 4G di modem bolt generasi pertama. untuk saat ini masih dipake buat hape yang support 4G
  10. Unknown
    Unknown
    Selasa, Juli 04, 2017
    Sdh ketemu kh Gan??? Sinyal 4G di modem bolt?? Saya pke kartu 3...sinyalx mentok di 3G...padahal bonus 4G ada 12Gb...Walhasil g kepake 4G...ada solusi Gan????
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juli 04, 2017
      belum ada tanda - tanda nih gan.. klo kuota 4g ane pake di hape yg sudah support 4g aja. ga bisa dipakai kalau dipasang di modem
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Unknown
    Unknown
    Rabu, Mei 17, 2017
    Gan..kalo bolt orin ane no sim terua knp yaa ??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Mei 18, 2017
      sudah dicoba pasang kartu asli bolt nya gan? kalau bisa berarti belum di unlock
  13. Unknown
    Unknown
    Jumat, Februari 03, 2017
    Ada teman yg pulang kampung di Jawa Tengah ini bingung, dia gak dapat sinyal 4G indosat. Mifinya Bolt Orion firmware oplosan kata tempat dia beli... Di Jakarta, mifi itu bisa dpt sinyal 4G indosat. Dia coba komplain ke toko tempat dia beli, kmd dpt info bhw dg firmware oprekan itu selain freq 2300 hanya bisa tangkap freq 900Mhz. Sedangkan di jw tengah, indosat hanya pakai freq 1800Mhz. Jadi itu penyebab tdk dpt sinyal 4G indosat. Jd jk pakai firmware yg mampu unlock frequensi, tetap terbatas hanya bisa 900Mhz.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Februari 03, 2017
      wah.. top markotop nih gan fransiscus infonya. thanks lagi gan..
  14. Unknown
    Unknown
    Minggu, Januari 08, 2017
    Berapa teh harga nya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Januari 09, 2017
      harga apa nih?.. hehe
  15. Unknown
    Unknown
    Kamis, Desember 29, 2016
    baca berita nya digogle kata nya sih pada mau upgred jaringan di frekuensi 2,3 diawal tahun 2016 lah sekarang udh di akhir tahun tetep aja ga upgrade , jadi curhat ini saya wkwk
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Desember 29, 2016
      hhaha.. ia gan, janji tinggal janji.. mudah2an aja ada gan tahun 2017 ini
  16. Unknown
    Unknown
    Kamis, Desember 29, 2016
    kapan ya gan ada kartu perdana yang frekuensi nya di 2300 selain bolt sama smartfren -_-
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Desember 29, 2016
      selentingan sih udh ada rencana tapi kurang tau realisasinya kpn..hehe
  17. Unknown
    Unknown
    Minggu, Desember 18, 2016
    Maaf gan admin mau OOT, untuk yang modem bolt AA9E gimana yah unlocknya saya cari tutornya gak ke-te-mu tuh #sorryngerepotin ;)
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 20, 2016
      wah disini juga belum ada gan, coba ditunggu dulu beberapa waktu siapa tau nanti ada yang bahas.
  18. Unknown
    Unknown
    Minggu, Desember 11, 2016
    Gan klau bolt yg max apakah sudah mendukung 4G all gsm?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 13, 2016
      klo modem bolt yang max generasi pertama (E5572) belum mendukung 4G all GSM gan,
  19. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Desember 03, 2016
    gan ane punya modem bolt orion, tapi cd driver ane ilang, ada yang bisa share driver buat modem bolt orion tidak yah, mohon bantuannya, terimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Desember 04, 2016
      coba download driver modem bolt yg ini gan: http://www120.zippyshare.com/v/RRLOlijV/file.html
      tapi ane ga jamin ya soalnya itu dpt dr googling dan belum pernah nyoba.

      biasanya kan driver otomatis terinstal gan pas dihubungkan ke komputer, tapi coba aja klo masih penasaran
    2. Unknown
      Unknown
      Senin, Desember 05, 2016
      drivernya enggak otomatis gan ini ke lock duluan sama firmwarre
  20. Unknown
    Unknown
    Minggu, November 27, 2016
    gan rekomendasi modem / mifi apa yg suport all gsm 4g n murah dong :D hsmpir aha 1 min yg lalu bli bolt, mksi artikelnya, untng kbaca
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, November 28, 2016
      belum berani ngasih rekomendasi nih gan soalnya belum sempat ngubek - ngubek juga. coba aja di googling dulu, kynya sudah banyak juga yang bahas, siapa tau ada yang cocok dan sesuai keinginan.
  21. Unknown
    Unknown
    Senin, November 14, 2016
    Mau nanya lagi,, bolt max sy klo di pasang kartu axis meskipun sinyalnya full tp gk konek internetnya,, pake kartu lain lancar2 aja,, awalnya sy kira kartu axisnya yg error,, tp pas di pasang di bolt yg lain lancar2 aja,, kenapa ya,, ada yg tau gk ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, November 15, 2016
      Coba pengaturannya disesuaikan dulu semuanya, mulai dari pengaturan di area login dan dari pengaturan modem nya juga. semoga membantu gan,
  22. Tampilkan selengkapnya
  23. DJ Deri
    DJ Deri
    Sabtu, November 12, 2016
    Gan jujur nih ane belum paham banget ngembaliin menjadi lock alias udah gk unlock..
    Ajarin caranya gan...
    Mumet baca komentar dari atas sampe bawah

    Thx gan
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, November 12, 2016
      sebenernya sih klo mau update bisa langsung dr software driver yg terinstall otomatis di pc.. tp klo mau lebih lengkapnya bisa di googling juga gan cara update firmware modem bolt orion, sudah banyak kok yg bahas.
  24. archa
    archa
    Kamis, November 10, 2016
    Gan mau nanya, modem bolt saya sdh unlock tp kok gak bisa ya kl pake kartu bolt sedangkan kl pake provider lain bisa......?????
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, November 10, 2016
      wah kurang tau tuh gan, kalau mau pake kartu bolt sih saran ane mending di lock aja jadi bisa update ke firmware yang terbaru, tapi resikonya ga bisa pake provider lain selain bolt.
  25. Unknown
    Unknown
    Kamis, Oktober 27, 2016
    sore gan, kalo modem bolt slim 2 udah bisa dipakein all operator 4G ga sih? ada infonya? trims
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Oktober 27, 2016
      malam gan, info yang saya dapatkan sih bisa gan, modem bolt slim 2 bisa 4G all aperator. cuman terkadang juga ada yang harus di unlock dulu,

      http://www.rinditech.com/2016/07/firmware-modem-bolt-all-operator-4g-gsm.html
    2. Brewoktoday
      Brewoktoday
      Sabtu, November 05, 2016
      Jdi gan yg orion belom bisa ya

      Kalau sudah bisa share la gan butuh x ne soal nya
      Uda terlanjur beli kartu 4G xl
    3. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, November 05, 2016
      belum gan kalau yang modem bolt yang type orion,
      kalau sudah ada pasti kita share gan..
  26. Bagus
    Bagus
    Selasa, Oktober 25, 2016
    Gan ak beli modem bolt slim ada sinyal 4 g pke indosat tpi kok lemot ya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Oktober 25, 2016
      Pastikan lagi yang terpakai itu apakah benar sinyal 4G atau bukan karena kalau sinyal 4G pastinya tidak akan lemot, minimal lebih cepat sedikit dari sinyal 3G atau H+ di lokasi yang sama.
  27. Unknown
    Unknown
    Jumat, Oktober 21, 2016
    Gan, bisa ngak software di modem bolt di ganti dengan softwarenya Telkomsel...???
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Oktober 21, 2016
      wah kurang tau juga tuh gan, belum pernah coba pakai software (firmware) yang berbeda soalnya.
  28. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Oktober 15, 2016
    Gan, kenapa ya modem bolt orion saya sekarang dilayar tulisan nya, no service, apa ada kemungkinan bisa diperbaiki lagi, saya coba masukan kartu apa aja tetap tulisannya no service, padahal sebelum nya bolt saya udah unlock untuk semua kartu gsm, mohon pencerahan nya, karena saya sudah coba perbaiki ketempat service mereka menyerah
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Oktober 15, 2016
      apakah sudah dicoba pakai kartu bolt nya gan? kalau kartu bolt bisa, ada kemungkinan modem nya sudah kekunci karena firmware nya ke update.
  29. ibcsukses
    ibcsukses
    Jumat, Oktober 14, 2016
    mau tanya gan, untuk modem bolt mv1 yang udah di unlock all gsm apa bisa pake kartu smartfren?
    karna saya coba ko ga bisa ya,apa musti di upgrade lagi ke fw v017/lock ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Oktober 14, 2016
      walaupun belum coba tapi denger2 sih bisa gan. mungkin frekuensi yan di gunakan belum sama gan.

      untuk lebih jelasnya bisa baca artikel yang ini gan:
      http://www.rinditech.com/2016/07/cara-modem-bolt-tetap-bisa-4g-unlock.html
  30. Unknown
    Unknown
    Minggu, Oktober 09, 2016
    permisi gan..aku baru beli telkomsel 12 gbt dengan pembagian 10 gbt di jaringan 4G dan 2Gbt di jaringan 3G....Sesuai dengan informasi yang agan utarakan,,apakah paket 10Gbt itu dapat aku pakai dengan Modem Bolt 5372 atau cuma yang 2Gbt aja yang bisa ku pakai Gan ?? ...mohon petunjuk...terimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 10, 2016
      sepengalaman saya gabisa kepake gan yg 4G nya. jd yg bisa kepake yg 2GB aja. tp klo agan sudah terlanjur beli coba aja gan, siapa tau beda hasilnya.
  31. Unknown
    Unknown
    Jumat, Oktober 07, 2016
    Mau nanya nih han .. kan katanya bolt yang sudah diunlock dapat menggunakan semua kartu .. Tetapi tidak bisa 4g mentok'a di 3g .. Nah mendingan pke kartu yang 4g ap 3g gan ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Oktober 08, 2016
      sama aja gan, ga ngaruh. yang penting beli nya jangan paket 4G. ga akan kepake soalnya.
  32. belereng nya ngelas
    belereng nya ngelas
    Kamis, Oktober 06, 2016
    Gan kalau modem blot saya ...saya kasih kartu simpati bisa 4 g engak
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Oktober 07, 2016
      gabisa gan, bakal mentok di 3G. seperti yang telah dijelaskan diatas, ini berhubungan dengan frekuensi, bukan lokasi ataupun unlock modem.
  33. Tampilkan selengkapnya
  34. Unknown
    Unknown
    Selasa, Oktober 04, 2016
    bang, klo di unlock trs mau di lock lg ke bolt sinyalny msh dpt yang 4G kan ?
    kalo pake VPN luar gmana tuh ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Oktober 04, 2016
      yup! klo mau di lock tinggal di update software aja, sinyal 4G bakal balik lagi.
      klo VPN belum pernah nyoba, belum bisa jawab.

      Semoga membantu,
  35. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Oktober 01, 2016
    Udah bisa unlock,, terima kasih byk buat bantuannya,, yg punya blog mantap,, responnya cepat,,
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 03, 2016
      siipp gan, sama - sama. senanga dapat membantu :D
      terima kasih testimoni nya.
  36. Unknown
    Unknown
    Jumat, September 30, 2016
    Maksud sy begini,, sy beli Bolt Huawei E5372s di olshop tapi barang sdh pernah di pakai sm yg jual,, wktu beli sy kurang teliti,, ternyata boltnya sdh "unlock smartfren" kalau dipasang kartu gsm yg lain selalu "no service",,, nah sedangkan ditempat sy sinyal smartfren kurang bagus,, caranya spy bisa all gsm gimana ? Apa harus di reset dulu ? Klo iya mohon bimbingannya,, soalnya sy kurang ngerti
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Oktober 01, 2016
      untuk bisa all GSM harus di unlock gan, caranya bisa dilihat di artikel ini:
      http://www.rinditech.com/2015/12/cara-unlock-modem-bolt-karena-update.html

      semoga membantu,
  37. Unknown
    Unknown
    Jumat, September 30, 2016
    Gan,, mau nanya, sy beli bolt tapi sudah unlock smartfren,, bisa di rubah gk supaya jadi all gsm, mohon bantuannya, terima kasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, September 30, 2016
      sebenarnya tanpa di unlock pun kartu smartfren akan tetap bisa dipakai, karena hubungannya dengan frekuensi yang dipakai. lebih jelasnya bisa baca arikel ini gan:

      http://www.rinditech.com/2016/07/cara-modem-bolt-tetap-bisa-4g-unlock.html

      kalau mau all operator harus di unlock gan, bisa dilihat disini caranya:

      http://www.rinditech.com/2015/12/cara-unlock-modem-bolt-karena-update.html

      semoga membantu,
  38. Unknown
    Unknown
    Kamis, September 01, 2016
    Anjer gua dah beli kgk bisa 4g lagi klo pakek indosat,rasanya nyess banget bro T_T
    Jual aja dah klo ada yang mau
    1. Unknown
      Unknown
      Kamis, September 15, 2016
      thanks gan infonya , barua aja ane pengen beli pake kartu indosat eh gajadi hehe
  39. Unknown
    Unknown
    Jumat, Agustus 05, 2016
    Bolt Orion yg unlock ini kalo diisi kartu 3 apa ya harus diganti APN-nya? Ada yg bilang gak perlu, ada yg bilang harus diganti 3data biar tambah cepat. Yang benar mana ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Agustus 06, 2016
      seharusnya sih ga perlu diubah - ubah lagi gan, karena sudah dalam settingan general. tapi kalau masih penasaran coba aja dirubah gan, toh klo ga pengaruh bisa dibalikin lagi kan ke settingan awal.
    2. Unknown
      Unknown
      Senin, Agustus 08, 2016
      Karena sejauh ini tidak merasa lelet, saya tidak utak-atik APN. Takutnya malah error, he he he...
      Sebelum pakai 3 saya pakai indosat gak masalah juga, pasang kartu SIM di modem langsung pakai tanpa ubah setting...
      Sejauh ini settingan default atau general lancar.
  40. Rodli fauzi
    Rodli fauzi
    Senin, Agustus 01, 2016
    coba baca ini : http://www.pacetips.com/2016/01/cara-menggunakan-kartu-xl-4g-lte-di-modem-bolt.html

    kok bisa yaa dengan XL.
    trims
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Agustus 02, 2016
      masih belum meyakinkan gan, Mohon maaf sebelumnya tetapi klo sudah bisa pake XL HARUSNYA bisa juga pake kartu 4G GSM lain (INDOSAT, TELKOMSEL) karena ini hubungannya dengan FREKUENSI, bukan di lokasi. Belum sempat coba juga karena saya tidak menggunakan MF90 dan di daerah saya belum tercover XL 4G.
      saya juga sudah berkomentar disana tetapi belum di approve. hehe
    2. GP
      GP
      Rabu, September 14, 2016
      Iya gan setahu sya jg bgtu mf90 4g berjlan d 2300mhz sdngkam 4g gsm provider d indonesia berjlan d 1800mhz,klu mau cri firmwre yg mf90 bsa jln d 1800mhz tp syg y blm ada atau udh ad tp blm ad yg publish
    3. Unknown
      Unknown
      Minggu, September 25, 2016
      Itu situs hanya beri PHP. Udah puluhan pemilik BoltMF90 bilang baik firmware B05, B07, B08, termasuk Beeline B10 gak ada yg bisa 4G all operator.
  41. Unknown
    Unknown
    Minggu, Juli 03, 2016
    Gan nanya dong..
    Saya sudah lma bli bolt iron yg langsung ter unlock dari boltnya..kira" kartu gsm apa saja yg bisa digunakan yaa..?
    1. Unknown
      Unknown
      Jumat, Juli 08, 2016
      kalo udah unlocked, semua GSM bisa. Saya udah buktikan sendiri, tapi diisi yg simcardnya udah 4G tetap mentok di 3G. Kecuali diisi operator Semar (Smarpren), bisa 4G karena frekuensinya sama dg Bolt di 2300 MHz.
    2. Unknown
      Unknown
      Jumat, Juli 08, 2016
      Semua operator GSM bisa. Tapi mentok 3G.
    3. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Juli 17, 2016
      Terima kasih gan Fransiscus sudah bantu menjawab :D
  42. Unknown
    Unknown
    Rabu, Juni 22, 2016
    lalu cara mengembalikan ke awal gimana gan? kembali ke menjadi BOLT 4G lagi
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juni 22, 2016
      kalau mau ke BOLT 4G lagi gampang gan, tinggal update software aja dari modemnya pake software terbaru. tapi ga bakal bisa pake kartu selain Bolt.
    2. Mang Bedul
      Mang Bedul
      Sabtu, November 26, 2016
      permisi om mau tanya, kemarin saya beli modem bolt B310s-927 sm dah unlock juga, trus pas saya pake kartu smartfren 4G dit4 saya freq 2300 Mhz dah ada, cuma modemnya gak ada sinyal
      trus kalo mau saya kembalikan lagi lock nya gmana om, sebab modem saya koneksi ke pc cm pake lan...???
  43. Unknown
    Unknown
    Selasa, Juni 21, 2016
    ah...rasa rugi beli ni modem..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juni 22, 2016
      hehe.. sebenernya kan modem ini memang khusus untuk pengguna kartu Bolt saja gan, wajar saja kalau ada kelemahannya :D
  44. Tampilkan selengkapnya
  45. Unknown
    Unknown
    Selasa, Juni 14, 2016
    Saya punya bolt orion yg sudah unlocked, pas saya masukin provider lain (XL) kartunya sudah mendukung 4g, tetapi diboltnya masih 3g, saya jadi bingung padahal kalau pakai provider bolt 4g
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juni 21, 2016
      kalau modem bolt memang seperti itu Khairiyah, karena menggunakan frekuensi yang berbeda jadi GSM lain hanya mentok di 3G. kalau ingin dapat 4G harus pake kartu Bolt nya
  46. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Juni 11, 2016
    gan cara downgrade fw v016 lg gimna?
    modem ane ke upgrade fw v022.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juni 21, 2016
      di unlock lagi aja gan, caranya ada di artikel ini
      http://www.rinditech.com/2015/12/cara-unlock-modem-bolt-karena-update.html
  47. Anonim
    Anonim
    Selasa, Mei 24, 2016
    wah///baru tau...sekarang
    maksih.ya
    tapi ane terlanjur beli unlocked
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Mei 31, 2016
      siap! sama - sama gan, semoga membantu
  48. Unknown
    Unknown
    Senin, Mei 09, 2016
    update firmware yang mendukung 4G all operator kapan ya Gan kira kira..??? Salam
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Mei 31, 2016
      denger - denger sih sudah ada yang punya gan, tapi masih tertutup, kita tunggu saja gan..
    2. Unknown
      Unknown
      Rabu, Juni 01, 2016
      gan kalo udah ada firmware yang mendukung 4G all operator, kasih tau ya gan.. Terimakasih
  49. jhontor
    jhontor
    Kamis, Mei 05, 2016
    karena beda frekuensi bos, utk bolt 4G di frekuensi 2300 MHz, 4G indosat, telkomsel dan xl di 1800 MHz. Nah modem ny orion cm bs nangkap frekuensi 4G 2300 Mhz. kalo mw untuk 4G all operator kayaknya hrus tambah RF 1800 Mhz di modemnya...
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juni 21, 2016
      Waah, makasih sharing nya gan. Nice..
    2. Nyamukman
      Nyamukman
      Kamis, Juni 23, 2016
      RF 1800 mHZ itu apaan gan... perangkat keras atau cukup main software aja... tolong infonya gan..
    3. Unknown
      Unknown
      Kamis, Desember 22, 2016
      RF 1800 mHZ itu apaan gan... perangkat keras atau cukup main software aja... tolong infonya gan..

      Dan bagaimana cara mendapatkannya gan .... makasih
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!