Kenapa Modem BOLT Orion Tidak Mendukung Jaringan 4G Setelah di Unlock?

Kartu SIM saya sudah mendukung jaringan 4G tapi kok di modem bolt Orion saya masih 3G? atau Saya berhasil unlock modem BOLT Orion saya tapi jaringannya mentok di 3G ya? padahal jaringan 4G di daerah saya sudah tersedia!. Punya masalah yang sama?

Pembahasan ini juga terinspirasi dari salah satu komentar di postingan tentang langkah - langkah untuk unlock modem bolt (baca: Cara Unlock Modem Bolt Slim & Max Karena Update Software) mengenai masalah yang dialami oleh pengguna modem bolt orion yang mempunyai masalah jaringan 4G setelah melakukan unlock modem.

(Update Juli, 2016) Setelah melihat perkembangan informasi yang berhubungan modem Bolt secara umum ternyata hal ini tidak hanya terjadi kepada modem Bolt Orion saja, namun terjadi juga pada modem Bolt Slim dan Max generasi pertama, atau lebih tepatnya modem dengan type E5372.
Sekedar informasi, awalnya modem bolt type Orion ini dijual secara resmi dengan kondisi Unlock atau dapat menggunakan kartu GSM apa saja, tidak seperti modem bolt sebelumnya yang memang sudah terkunci (locked) hanya dapat menggunakan kartu Bolt saja. Namun tidak lama kemudian semua modem type Orion ditarik dari pasaran untuk dilakukan update firmware yang membuat modem tersebut menjadi terkunci alias tidak bisa menggunakan sembarang kartu GSM (harus menggunakan simcard BOLT). -TukankCopas 
Kenapa Modem Bolt Orion Tidak mendukung jaringan 4G
Gambar: Jalantikus


Setelah update firmware tersebut para pengguna yang ‘terlanjur’ membeli dan belum mendapatkan jaringan bolt didaerahnya terpaksa harus melakukan unlock manual dengan cara downgrade firmware agar bisa menggunakan kartu GSM selain Bolt.

Naah,, setelah itu ramailah sosialisasi dan promosi jaringan 4G yang dilakukan oleh berbagai macam provider selular. Masalah muncul ketika para pengguna bolt Orion tidak dapat menikmati jaringan 4G di modem kesayangannya. Tanya kenapa?

Menurut tim RindiTech, masalahnya ada pada paket firmware dan frekuensi yang digunakan, karena firmware yang digunakan adalah firmware hasil downgrade, otomatis firmware tersebut berada 1 atau 2 atau beberapa versi dibelakang versi firmware yang seharusnya digunakan saat ini dan sangat mungkin sekali dalam paket firmware lawas tersebut ada pengaturan mengenai penggunaan jaringan 4G. Lihat gambar dibawah ini:

Kenapa Modem Bolt Orion Tidak mendukung jaringan 4G
Gambar: TukankCopas


Pada gambar diatas menunjukan bahwa untuk unlock modem hanya dapat menggunakan firmware sampai Firmware versi V016 karena itu adalah versi firmware terakhir yang menggunakan sistem unlock untuk versi setelahnya (V017) sudah menggunakan sistem terkunci alias LOCKED, cuman bisa menggunakan provider BOLT saja.

Maka tidak heran apabila ada pengguna modem Bolt Orion yang tidak mengalami masalah jaringan 4G karena mereka memang menggunakan kartu sim BOLT juga pada modemnya dan kemungkinan pengguna modem Bolt tersebut menggunakan firmware yang up to date.

Begitu juga dengan masalah frekuensi, Untuk frekuensi 4G yang digunakan oleh operator Bolt berada di frekuensi 2300 MHz sedangkan frekuensi operator lain seperti Telkomsel, Indosat dan XL berada di frekuensi 1800 MHz. Maka dari itu sebagus apapun sinyal atau lokasi dimana kamu berada tetap saja tidak akan mendapatkan koneksi 4G karena modem yang digunakan disetting hanya untuk menerima sinyal di frekuensi 2300 MHz saja.

Satu – satunya cara agar mendapatkan jaringan 4G di modem Orion maka kita harus menggunakan provider yang memang seharusnya, yaitu BOLT.

UPDATE (Juli, 2016): Tim RindiTech Menemukan cara lain agar kita tetap dapat merasakan koneksi 4G tanpa harus menggunakan kartu BOLT. gimana caranya? link-nya ada di akhir artikel ini dengan judul Cara Agar Modem Bolt Tetap Bisa 4G Setelah di Unlock. cekidot.

Yaudah klo gitu kita ganti aja gan firmware nya, silahkan saja update firmware tetapi dipastikan modem Orion agan akan terkunci (Locked) alias tidak akan bisa menggunakan provider selain BOLT. Kecuali agan dapat membuat firmware sendiri, atau mungkin saja suatu saat ada firmware khusus untuk modem Orion agan agar dapat jaringan 4G dari provider lain, tetapi untuk saat ini belum ada.

Berikut beberapa temuan kami mengenai jaringan 4G pada modem BOLT Orion:

Kenapa Modem BOLT Orion Tidak Mendukung Jaringan 4G Setelah di Unlock?
Salah satu komentar di artikel ini




Kenapa Modem Bolt Orion Tidak mendukung jaringan 4G
Salah satu thread di Kaskus


Kenapa Modem Bolt Orion Tidak mendukung jaringan 4G
Kolom Komentar di TukankCopas

Untuk sekarang mendingan kita syukuri dulu aja apa yang kita punya gan, toh jaringan 3G juga bukan jaringan yang jelek, ia kan! Selama kebutuhan dan pekerjaan kita tidak terhambat mendingan Keep Calm aja lah, ia nggak? sambil nunggu ada firmware yang unlock tapi bisa 4G. hehe

79 Responses to "Kenapa Modem BOLT Orion Tidak Mendukung Jaringan 4G Setelah di Unlock?"

  1. karena beda frekuensi bos, utk bolt 4G di frekuensi 2300 MHz, 4G indosat, telkomsel dan xl di 1800 MHz. Nah modem ny orion cm bs nangkap frekuensi 4G 2300 Mhz. kalo mw untuk 4G all operator kayaknya hrus tambah RF 1800 Mhz di modemnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. Waah, makasih sharing nya gan. Nice..

      Delete
    3. RF 1800 mHZ itu apaan gan... perangkat keras atau cukup main software aja... tolong infonya gan..

      Delete
    4. RF 1800 mHZ itu apaan gan... perangkat keras atau cukup main software aja... tolong infonya gan..

      Dan bagaimana cara mendapatkannya gan .... makasih

      Delete
  2. update firmware yang mendukung 4G all operator kapan ya Gan kira kira..??? Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. denger - denger sih sudah ada yang punya gan, tapi masih tertutup, kita tunggu saja gan..

      Delete
    2. gan kalo udah ada firmware yang mendukung 4G all operator, kasih tau ya gan.. Terimakasih

      Delete
  3. wah///baru tau...sekarang
    maksih.ya
    tapi ane terlanjur beli unlocked

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap! sama - sama gan, semoga membantu

      Delete
  4. gan cara downgrade fw v016 lg gimna?
    modem ane ke upgrade fw v022.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di unlock lagi aja gan, caranya ada di artikel ini
      http://www.rinditech.com/2015/12/cara-unlock-modem-bolt-karena-update.html

      Delete
  5. Saya punya bolt orion yg sudah unlocked, pas saya masukin provider lain (XL) kartunya sudah mendukung 4g, tetapi diboltnya masih 3g, saya jadi bingung padahal kalau pakai provider bolt 4g

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau modem bolt memang seperti itu Khairiyah, karena menggunakan frekuensi yang berbeda jadi GSM lain hanya mentok di 3G. kalau ingin dapat 4G harus pake kartu Bolt nya

      Delete
  6. ah...rasa rugi beli ni modem..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. sebenernya kan modem ini memang khusus untuk pengguna kartu Bolt saja gan, wajar saja kalau ada kelemahannya :D

      Delete
  7. lalu cara mengembalikan ke awal gimana gan? kembali ke menjadi BOLT 4G lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau ke BOLT 4G lagi gampang gan, tinggal update software aja dari modemnya pake software terbaru. tapi ga bakal bisa pake kartu selain Bolt.

      Delete
    2. permisi om mau tanya, kemarin saya beli modem bolt B310s-927 sm dah unlock juga, trus pas saya pake kartu smartfren 4G dit4 saya freq 2300 Mhz dah ada, cuma modemnya gak ada sinyal
      trus kalo mau saya kembalikan lagi lock nya gmana om, sebab modem saya koneksi ke pc cm pake lan...???

      Delete
  8. Gan nanya dong..
    Saya sudah lma bli bolt iron yg langsung ter unlock dari boltnya..kira" kartu gsm apa saja yg bisa digunakan yaa..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udah unlocked, semua GSM bisa. Saya udah buktikan sendiri, tapi diisi yg simcardnya udah 4G tetap mentok di 3G. Kecuali diisi operator Semar (Smarpren), bisa 4G karena frekuensinya sama dg Bolt di 2300 MHz.

      Delete
    2. Semua operator GSM bisa. Tapi mentok 3G.

      Delete
    3. Terima kasih gan Fransiscus sudah bantu menjawab :D

      Delete
  9. coba baca ini : http://www.pacetips.com/2016/01/cara-menggunakan-kartu-xl-4g-lte-di-modem-bolt.html

    kok bisa yaa dengan XL.
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih belum meyakinkan gan, Mohon maaf sebelumnya tetapi klo sudah bisa pake XL HARUSNYA bisa juga pake kartu 4G GSM lain (INDOSAT, TELKOMSEL) karena ini hubungannya dengan FREKUENSI, bukan di lokasi. Belum sempat coba juga karena saya tidak menggunakan MF90 dan di daerah saya belum tercover XL 4G.
      saya juga sudah berkomentar disana tetapi belum di approve. hehe

      Delete
    2. Iya gan setahu sya jg bgtu mf90 4g berjlan d 2300mhz sdngkam 4g gsm provider d indonesia berjlan d 1800mhz,klu mau cri firmwre yg mf90 bsa jln d 1800mhz tp syg y blm ada atau udh ad tp blm ad yg publish

      Delete
    3. Itu situs hanya beri PHP. Udah puluhan pemilik BoltMF90 bilang baik firmware B05, B07, B08, termasuk Beeline B10 gak ada yg bisa 4G all operator.

      Delete
  10. Bolt Orion yg unlock ini kalo diisi kartu 3 apa ya harus diganti APN-nya? Ada yg bilang gak perlu, ada yg bilang harus diganti 3data biar tambah cepat. Yang benar mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya sih ga perlu diubah - ubah lagi gan, karena sudah dalam settingan general. tapi kalau masih penasaran coba aja dirubah gan, toh klo ga pengaruh bisa dibalikin lagi kan ke settingan awal.

      Delete
    2. Karena sejauh ini tidak merasa lelet, saya tidak utak-atik APN. Takutnya malah error, he he he...
      Sebelum pakai 3 saya pakai indosat gak masalah juga, pasang kartu SIM di modem langsung pakai tanpa ubah setting...
      Sejauh ini settingan default atau general lancar.

      Delete
  11. Anjer gua dah beli kgk bisa 4g lagi klo pakek indosat,rasanya nyess banget bro T_T
    Jual aja dah klo ada yang mau

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks gan infonya , barua aja ane pengen beli pake kartu indosat eh gajadi hehe

      Delete
  12. Gan,, mau nanya, sy beli bolt tapi sudah unlock smartfren,, bisa di rubah gk supaya jadi all gsm, mohon bantuannya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya tanpa di unlock pun kartu smartfren akan tetap bisa dipakai, karena hubungannya dengan frekuensi yang dipakai. lebih jelasnya bisa baca arikel ini gan:

      http://www.rinditech.com/2016/07/cara-modem-bolt-tetap-bisa-4g-unlock.html

      kalau mau all operator harus di unlock gan, bisa dilihat disini caranya:

      http://www.rinditech.com/2015/12/cara-unlock-modem-bolt-karena-update.html

      semoga membantu,

      Delete
  13. Maksud sy begini,, sy beli Bolt Huawei E5372s di olshop tapi barang sdh pernah di pakai sm yg jual,, wktu beli sy kurang teliti,, ternyata boltnya sdh "unlock smartfren" kalau dipasang kartu gsm yg lain selalu "no service",,, nah sedangkan ditempat sy sinyal smartfren kurang bagus,, caranya spy bisa all gsm gimana ? Apa harus di reset dulu ? Klo iya mohon bimbingannya,, soalnya sy kurang ngerti

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk bisa all GSM harus di unlock gan, caranya bisa dilihat di artikel ini:
      http://www.rinditech.com/2015/12/cara-unlock-modem-bolt-karena-update.html

      semoga membantu,

      Delete
  14. Udah bisa unlock,, terima kasih byk buat bantuannya,, yg punya blog mantap,, responnya cepat,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. siipp gan, sama - sama. senanga dapat membantu :D
      terima kasih testimoni nya.

      Delete
  15. bang, klo di unlock trs mau di lock lg ke bolt sinyalny msh dpt yang 4G kan ?
    kalo pake VPN luar gmana tuh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup! klo mau di lock tinggal di update software aja, sinyal 4G bakal balik lagi.
      klo VPN belum pernah nyoba, belum bisa jawab.

      Semoga membantu,

      Delete
  16. Gan kalau modem blot saya ...saya kasih kartu simpati bisa 4 g engak

    ReplyDelete
    Replies
    1. gabisa gan, bakal mentok di 3G. seperti yang telah dijelaskan diatas, ini berhubungan dengan frekuensi, bukan lokasi ataupun unlock modem.

      Delete
  17. Mau nanya nih han .. kan katanya bolt yang sudah diunlock dapat menggunakan semua kartu .. Tetapi tidak bisa 4g mentok'a di 3g .. Nah mendingan pke kartu yang 4g ap 3g gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja gan, ga ngaruh. yang penting beli nya jangan paket 4G. ga akan kepake soalnya.

      Delete
  18. permisi gan..aku baru beli telkomsel 12 gbt dengan pembagian 10 gbt di jaringan 4G dan 2Gbt di jaringan 3G....Sesuai dengan informasi yang agan utarakan,,apakah paket 10Gbt itu dapat aku pakai dengan Modem Bolt 5372 atau cuma yang 2Gbt aja yang bisa ku pakai Gan ?? ...mohon petunjuk...terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepengalaman saya gabisa kepake gan yg 4G nya. jd yg bisa kepake yg 2GB aja. tp klo agan sudah terlanjur beli coba aja gan, siapa tau beda hasilnya.

      Delete
  19. mau tanya gan, untuk modem bolt mv1 yang udah di unlock all gsm apa bisa pake kartu smartfren?
    karna saya coba ko ga bisa ya,apa musti di upgrade lagi ke fw v017/lock ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaupun belum coba tapi denger2 sih bisa gan. mungkin frekuensi yan di gunakan belum sama gan.

      untuk lebih jelasnya bisa baca artikel yang ini gan:
      http://www.rinditech.com/2016/07/cara-modem-bolt-tetap-bisa-4g-unlock.html

      Delete
  20. Gan, kenapa ya modem bolt orion saya sekarang dilayar tulisan nya, no service, apa ada kemungkinan bisa diperbaiki lagi, saya coba masukan kartu apa aja tetap tulisannya no service, padahal sebelum nya bolt saya udah unlock untuk semua kartu gsm, mohon pencerahan nya, karena saya sudah coba perbaiki ketempat service mereka menyerah

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah sudah dicoba pakai kartu bolt nya gan? kalau kartu bolt bisa, ada kemungkinan modem nya sudah kekunci karena firmware nya ke update.

      Delete
  21. Gan, bisa ngak software di modem bolt di ganti dengan softwarenya Telkomsel...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurang tau juga tuh gan, belum pernah coba pakai software (firmware) yang berbeda soalnya.

      Delete
  22. Gan ak beli modem bolt slim ada sinyal 4 g pke indosat tpi kok lemot ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan lagi yang terpakai itu apakah benar sinyal 4G atau bukan karena kalau sinyal 4G pastinya tidak akan lemot, minimal lebih cepat sedikit dari sinyal 3G atau H+ di lokasi yang sama.

      Delete
  23. sore gan, kalo modem bolt slim 2 udah bisa dipakein all operator 4G ga sih? ada infonya? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. malam gan, info yang saya dapatkan sih bisa gan, modem bolt slim 2 bisa 4G all aperator. cuman terkadang juga ada yang harus di unlock dulu,

      http://www.rinditech.com/2016/07/firmware-modem-bolt-all-operator-4g-gsm.html

      Delete
    2. Jdi gan yg orion belom bisa ya

      Kalau sudah bisa share la gan butuh x ne soal nya
      Uda terlanjur beli kartu 4G xl

      Delete
    3. belum gan kalau yang modem bolt yang type orion,
      kalau sudah ada pasti kita share gan..

      Delete
  24. Gan mau nanya, modem bolt saya sdh unlock tp kok gak bisa ya kl pake kartu bolt sedangkan kl pake provider lain bisa......?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurang tau tuh gan, kalau mau pake kartu bolt sih saran ane mending di lock aja jadi bisa update ke firmware yang terbaru, tapi resikonya ga bisa pake provider lain selain bolt.

      Delete
  25. Gan jujur nih ane belum paham banget ngembaliin menjadi lock alias udah gk unlock..
    Ajarin caranya gan...
    Mumet baca komentar dari atas sampe bawah

    Thx gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sih klo mau update bisa langsung dr software driver yg terinstall otomatis di pc.. tp klo mau lebih lengkapnya bisa di googling juga gan cara update firmware modem bolt orion, sudah banyak kok yg bahas.

      Delete
  26. Mau nanya lagi,, bolt max sy klo di pasang kartu axis meskipun sinyalnya full tp gk konek internetnya,, pake kartu lain lancar2 aja,, awalnya sy kira kartu axisnya yg error,, tp pas di pasang di bolt yg lain lancar2 aja,, kenapa ya,, ada yg tau gk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pengaturannya disesuaikan dulu semuanya, mulai dari pengaturan di area login dan dari pengaturan modem nya juga. semoga membantu gan,

      Delete
  27. gan rekomendasi modem / mifi apa yg suport all gsm 4g n murah dong :D hsmpir aha 1 min yg lalu bli bolt, mksi artikelnya, untng kbaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum berani ngasih rekomendasi nih gan soalnya belum sempat ngubek - ngubek juga. coba aja di googling dulu, kynya sudah banyak juga yang bahas, siapa tau ada yang cocok dan sesuai keinginan.

      Delete
  28. gan ane punya modem bolt orion, tapi cd driver ane ilang, ada yang bisa share driver buat modem bolt orion tidak yah, mohon bantuannya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba download driver modem bolt yg ini gan: http://www120.zippyshare.com/v/RRLOlijV/file.html
      tapi ane ga jamin ya soalnya itu dpt dr googling dan belum pernah nyoba.

      biasanya kan driver otomatis terinstal gan pas dihubungkan ke komputer, tapi coba aja klo masih penasaran

      Delete
    2. drivernya enggak otomatis gan ini ke lock duluan sama firmwarre

      Delete
  29. Gan klau bolt yg max apakah sudah mendukung 4G all gsm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo modem bolt yang max generasi pertama (E5572) belum mendukung 4G all GSM gan,

      Delete
  30. Maaf gan admin mau OOT, untuk yang modem bolt AA9E gimana yah unlocknya saya cari tutornya gak ke-te-mu tuh #sorryngerepotin ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah disini juga belum ada gan, coba ditunggu dulu beberapa waktu siapa tau nanti ada yang bahas.

      Delete
  31. kapan ya gan ada kartu perdana yang frekuensi nya di 2300 selain bolt sama smartfren -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. selentingan sih udh ada rencana tapi kurang tau realisasinya kpn..hehe

      Delete
  32. baca berita nya digogle kata nya sih pada mau upgred jaringan di frekuensi 2,3 diawal tahun 2016 lah sekarang udh di akhir tahun tetep aja ga upgrade , jadi curhat ini saya wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhaha.. ia gan, janji tinggal janji.. mudah2an aja ada gan tahun 2017 ini

      Delete