Tips Mengisi ePUPNS dengan Efektif dan Tidak Membuang Waktu

Error? Selalu kembali ke halaman login? Harus mengisikan ulang data? Data tidak sesuai? Atau apa saja yang membuat kita sangat lama untuk mengisi kolom-kolom yang ada di halaman ePUPNS, tentunya membuat kita jengkel terlebih itu sangat memakan waktu dan kuota internet tentunya. Hehe

Berikut ini adalah beberapa tips mengenai cara mengisi form ePUPNS agar pengerjaannya tetap efektif dan tidak membuang-buang waktu, cara ini kami dapatkan dari pengalaman pribadi seseorang (yang tidak mau disebutkan namanya, biar kelihatan misterius katanya..haha) yang pernah merasakan bagaimana besarnya ‘godaan’ dari pengisian data ePUPNS ini dari mulai server overload, loading bahkan harus akrab dengan pengumuman-pengumuman dadakan yang dikeluarkan oleh BKN.

Tips Mengisi ePUPNS dengan Efektif dan Tidak Membuang Waktu


Karena memang pada kenyataannya halaman pengisian ePUPNS adalah hanya sebuah anak halaman (subdomain) dari website BKN. Maka tidak heran bila halaman ePUPNS sering lelet karena harus berbagi traffic /server /jalur dengan seluruh halaman yang ada di website BKN secara keseluruhan. Bila masih penasaran kenapa website ePUPNS ini sering lelet atau bahkan susah diakses teman-teman bisa googling aja dengan kata kunci misal “kenapa website ePUPNS lambat” atau apalah yang menjurus kesitu dan kalian pasti banyak menemukan pembahasannya di beberapa blog atau bahkan website berita nasional.

Dari pada musingin kenapa website itu bisa lelet /lemot mendingan kita langsung bahas aja apa saja yang bisa kita lakukan sekarang agar tetap bisa mengisi walaupun website dalam keadaan lelet. Mudah-mudahan pemerintah segera memperbaiki permasalahan ini, sehingga kita tidak perlu lagi melakukan tips-tips dibawah ini. Hehe Namun untuk sementara waktu nampaknya teman-teman semua harus memperhatikan tip-tip dibawah ini.

Tips Mengisi ePUPNS dengan Efektif dan Tidak Membuang Waktu:

#1. Siapkan Dokumen dengan Lengkap

Tips Mengisi ePUPNS dengan Efektif dan Tidak Membuang Waktu

Sebelum mengisi formulir online di website ePUPNS ada baiknya kita persiapkan seluruh dokumen pendukung yang berhubungan dengan PNS tersebut atau anda sendiri, seperti Kartu Keluarga, SK (Surat Keputusan) pengangkatan, KTP, Akta Nikah, Ijazah, dan dokumen-dokumen lain yang dibutuhkan untuk menghindari anda mencari-cari pada saat pengisian dan itu sangat memakan waktu. Terlebih lagi website ePUPNS ini diatur agar melakukan log-out otomatis setelah 5 menit tidak melakukan kegiatan (didiamkan) dan konsekuensinya kita harus mengetik ulang data yang belum disimpan.

#2. Cek Kecepatan /Koneksi ke Website yang Lain

Tips Mengisi ePUPNS dengan Efektif dan Tidak Membuang Waktu

Untuk membuktikan bahwa koneksi anda memang tidak bermasalah, ada baiknya kita terlebih dahulu melakukan surfing /berselancar ke beberapa website yang umum seperti website berita nasional, sosial media. INGAT!! Hanya untuk melakukan test koneksi dan kecepatan ya,, jangan terlalu lama, nanti lupa ngisi ePUPNS nya. Hehehe..  Naah.. apabila sudah tidak ada masalah dengan membuka halaman website yang lain barulah kita dapat melakukan ke tahap selanjutnya yaitu login ke websitenya ePUPNS.

#3. Gunakan Fitur AutoSave Password

Tips Mengisi ePUPNS dengan Efektif dan Tidak Membuang Waktu

Naahh.. mungkin ini yang jarang diketahui dan disadari juga bahwa pada browser-browser umum seperti Chrome dan Mozilla ada fitur untuk melakukan AutoSave yang berguna untuk menyimpan password untuk setiap username, biasanya fitur ini muncul secara otomatis apabila kita telah melakukan login pada sebuah website, ketika fitur ini muncul jangan lupa untuk memilih “Save Password” atau “Remember Password” atau “Update Password” (Bila mengetikan password baru).

Gunanya, apabila setelah anda melakukan penyimpanan dan website secara otomatis kembali ke halaman log-in kita tidak perlu mengetik ulang username dan password karena sudah otomatis terisi oleh sistem yang telah kita aktifkan tadi sehingga kita dapat langsung klilk login dan langsung kembali ke data utama pengisian formulir.

#4. Gunakan Fungsi Backspace

Tips Mengisi ePUPNS dengan Efektif dan Tidak Membuang Waktu

Didalam program untuk mengetik seperti Ms. Word, Notepad, dll fungsi Backspace digunakan untuk menghapus kata-kata sebelumnya, namun pada browser fungsi backspace adalah untuk melakukan ‘back’ atau kembali kepada halaman sebelumnya, nahhh ketika sistem error ataupun loading lama namun kita sudah terlanjur mengisi banyak sebenarnya kita masih bisa kembali ke form isian yang tadi dengan menekan tombol Backspace satu kali dan halaman isian yang sebelumnya pun akan kembali terbuka dengan tidak menghilangkan isian-isian yang telah kita ketik, jadi kita hanya perlu melakukan penyimpanan kembali. (notes: cara ini hanya berlaku pada beberapa halaman)

#5. Copy-Paste Data yang Panjang

Tips Mengisi ePUPNS dengan Efektif dan Tidak Membuang Waktu

Seperti halnya nomor SK ataupun alamat rumah yang membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk mengetiknya, disarankan agar kita melakukan copy (salin) dengan menekan ctrl+c ataupun disalin manual didalam notepad, sehinggga walaupun halaman yang telah kita isi mengalami error kita dapat menghemat waktu berikutnya dalam mengisi karena kita hanya perlu melakukan paste (tempel) dengan menekan ctrl+v isian-isian yang dirasa panjang dan setelah itu kita bisa mengisi form isian lain yang lebih pendek sehingga tidak akan memakan waktu yang lama.

#6. Isi secara acak (Bila perlu)

Tips Mengisi ePUPNS dengan Efektif dan Tidak Membuang Waktu

Mungkin ini agak kurang masuk diakal namun patut dicoba karena dengan cara ini narasumber kita mengatakan bahwa dia berhasil memaksakan beberapa data tetap masuk walaupun traffic sedang lambat. Apabila kita stuck /terjebak di pengisian suatu form, misalnya form Riwayat Golongan, karena sudah berkali-kali login dan tidak berhasil untuk memasukan data pada kolom Riwayat Golongan, ada baiknya kita beralih dahulu mengisi form yang lain, misalnya mengisi form Riwayat Pendidkan ataupun keluarga, apabila sudah berhasil mengisi beberapa data di form yang lain, maka kita bisa mencoba kembali mengisi form Riwayat Pendidikan atau form yang ‘agak’ susah diisi (karena jaringan lambat).

#7. Sesuaikan waktu kosong (06:00 – 02:00 WIB)

Tips Mengisi ePUPNS dengan Efektif dan Tidak Membuang Waktu

Sudah ada banyak website yang membahas waktu-waktu yang tepat untuk mengisi ePUPNS, teman-teman bisa langsung aja googling. Perlu diketahui juga bahwa sekarang untuk pengisian data ePUPNS dibagi kedalam beberapa hari sesuai daerah atau lokasi, seperti daerah Jawa Barat diberi jatah hari Selasa, Jumat dan Minggu. Namun waktu pembagian tersebut sewaktu-waktu dapat berubah, so apabila sistem telah mengatakan bahwa anda tidak dapat mengisi pada hari tersebut, maka jangan memaksakan dengan mencari-cari cara pintas atau mengakali sistem karena beresiko juga pada data anda yang mungkin akan hilang dan resiko-resiko keamanan lainnya.

(Baca: Kenapa Anda Harus Menurunkan Tingkat Ketajaman (Sharpness) Gambar di TV Anda)

Kenapa ditulis jam 06:00 – 02:00 WIB?? Karena waktu itu adalah waktu aktif pembagian hari sesuai daerah maka, diluar waktu itu (setelah jam 02:00 malam sampai jam 06:00 pagi) kita tetap dapat mengisi ePUPNS pada hari apapun!. Yang biasa gadang sebaiknya gunakan waktu ini karena pada waktu ini website ePUPNS sangat sepi pengunjung dan sudah dapat dipastikan akan lancar jayaaa pada saat pengisian data.

#8. Hentikan /Refresh Pengerjaan Mengisi ePUPNS Apabila:


  • Loading lama
  • Halaman tidak muncul
  • Autofill box tidak responsive
  • Bukan jadwal pengisian

Naah.. mungkin itu saja tips yang dapat disampaikan semoga dapat membantu, apalagi untuk para operator yang kedapatan tugas mulia ini. Hehe semoga dapat mengisi formulir – formulir tersebut sebelum batas waktu yang telah ditentukan.

Apabila ada masalah lain ataupun ingin berdiskusi mengenai cara pengisian ePUPNS ini jangan segan untuk bertanya ataupun memberikan tips tambahan pada kolom komentar dibawah. Dengan senang hati kami siap berdiskusi. Terima kasih :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »