Mengenal Antarmuka Sebagai Penjual di Tokopedia

Setelah kita membuat akun sebagai penjual di Tokopedia alangkah baiknya kita segera melengkapi data mengenai toko terutama detail produk yang akan kita jual seperti gambar, harga, diskon, kelebihan kekurangan, dll. Agar pengunjung lebih cepat juga mengenal produk kita dan lebih familiar dengan nama toko dan produk yang kita jual.

Memahami antar muka halaman utama sebagai penjual di Tokopedia


Dalam artikel ini semua gambar diambil dari layar desktop /laptop jadi akan ada perbedaan bila kita mengakses situs tokopedia melalui gadget lain seperti smartphone ataupun tablet. Namun jangan khawatir, perbedaan hanya pada posisinya saja, untuk fungsi semuanya bisa dijamin sama.

Naahh.. setelah daftar dan konfimasi email pastinya kita akan melakukan login kembali sebagai penjual. Sepertinya pihak tokopedia sudah memahami bahwa tidak semua orang akan langsung mengerti mengenai seluk beluk website untuk digunakan oleh para penjual yang terdaftar, maka dari itu manfaatkanlah panduan yang telah disediakan oleh pihak tokopedia seperti gambar dibawah ini:

Mengenal Antarmuka Sebagai Penjual di Tokopedia


Seperti yang ada pada gambar, sistem tokopedia akan memperkenalkan satu per satu antarmuka yang akan kita hadapi sehari – hari pada website nya sebagai penjual, maka dari itu sangat disarankan untuk tidak melewatkan bagian ini, walaupun terlihat umum ada baiknya kita lanjutkan saja mengikuti panduan yang ada dengan menekan tombol “Berikutnya” sampai kita benar – benar paham, bila perlu tekan “sebelumnya” untuk mengingatkan kembali.

Lupa? Tenang.. dibawah ini cuplikanya dari panduan untuk pemula dari Tokopedia.

Menu Topbar (atas) Kanan

Akses ke halaman Notifikasi, akses ke halaman toko, akses ke halaman profil dan pengaturan, akses untuk check out dan pembayaran (Bila Melakukan Pembelian)

Meu Sidebar (samping kiri).

Akses ke Kotak masuk, pengaturan toko dan pengaturan profil (Pesan, Diskusi Produk, Review, Notifikasi Harga, Layanan Pengguna, Pusat Resolusi, Pengaturan, Perngaturan Produk, Pengaturan Admin, History Penjualan, dll).

Tab yang berada di tengah

Tab yang berada tepat di tengah halaman berisi Produk dari toko favorit, Toko Favorit, dab Produk yang terakhir dilihat.

Mengenal Antarmuka Sebagai Penjual di Tokopedia

Bila anda telah familiar dengan halaman utama seperti gambar diatas sebaiknya kita langsung ke halaman toko yang akan kita ‘dandani’ dengan gambar produk, gambar toko, dll. Agar pengunjung yang datang merasa nyaman. Pada halaman toko para pengunjung dapat melihat mengenai kegiatan kita sebagai penjual seperti kapan terakhir online (login), dari kota mana, lokasi toko, dan sejak kapan kita membuka toko. Dengan begitu para penjual dapat dengan mudah mengetahui pergerakan kita sebagai penjual yang serius menjual atau hanya buka toko saja.

Pada halaman toko juga para pengunjung dapat mengetahui rating (nilai) kita di mata pembeli melalui jumlah bintang seperti berapa produk yang telah terjual, Kecepatan transaksi (dari mulai proses pengerjaan sampai barang diterima di tangan pelanggan), Akurasi (Kesesuaian produk dengan spesifikasi saat sampai di tangan konsumen), Pelayanan (komunikasi dengan pembeli).

Pada bagian tab juga terdapat beberapa sub menu seperti Produk, Diskusi Produk, Review, dan Informasi Toko.

Pada halamain ini juga kita dapat membuat catatan khusus bagi calon pembeli agar tidak kebingungan saat membeli atau memilih model (bila ada). Ada juga etalase berisi produk yang akan kita jual dan disesuaikan dengan kategori yang akan kita pilih nanti.

Pada artikel selanjutnya kita akan membahas mengenai langkah – langkah /cara melengkapi data produk seperti foto produk, harga produk, diskon, alamat, kontak dll.


Ada baiknya sebelum kita mulai upload produk yang akan kita jual kita terlebih dahulu mempersiapkan materi lengkapnya untuk setiap produk seperti, foto produk, keterangan detil produk, cara penggunaan (bila ada), harga satuan, harga borongan, minimal order, sampai kepada cara pengembalian produk bila terjadi kesalahan kirim ataupun cacat.


Bila ada pertanyaan ataupun saran bisa langsung berdiskusi di area komentar dibawah setelah artikel ini. Semoga artikel ini dan artikel – artikel mendatang mengenai seluk – beluk berjualan online khusus di tokopedia dapat membantu kawan – kawan semua untuk meningkatkan penjualan di dunia online.

Baca Juga:
Cara Mudah Daftar di BukaLapak.com
Cara Melengkapi dan Menambahkan Data Diri di Tokopedia

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
March 8, 2017 at 8:17 AM delete

Maaf kak mau nanya berarti kalau kita mau posting barang2 yg mau di jual di toped harus lewat laptop gitu postingnya? Makasih

Reply
avatar
March 10, 2017 at 2:15 AM delete

ga harus lewat laptop/PC. pake smartphone juga bisa. coba masuk ke bagian Menu >Penjualan >Daftar Produk dari smartphone yang telah login akun tokopedia. selamat mencoba,

Reply
avatar