Hemat Baterai Laptop Saat Youtube-an Dengan Cara Ini

Pada saat Youtube-an (menonton video – video online di Youtube) apakah baterai laptop anda cepat habis? Temperatur laptop anda menjadi cepat panas? Dan menimbulkan bunyi yang lebih keras dari biasanya? Mungkin sudah saatnya anda menggunakan cara ini untuk setidaknya menghemat penggunaan baterai laptop anda.

Kenapa baterai laptop bisa cepat habis bila dipakai YouTube-an?

Terlepas dari lalu lintas paket data yang memang besar –karena berbentuk video- bila dibandingkan browsing artikel, ternyata –terutama- pada aplikasi Chrome sistemnya (VP8 – VP9) bersifat tertutup sehingga apabila aplikasi membutuhkan daya yang lebih maka kebutuhan tersebut semuanya akan dibebankan kepada ketersediaan CPU (Prosessor) dan tidak dapat memanfaatkan sumber daya lainnya seperti VGA, dll. Sehingga efeknya prosessor lah yang harus menanggung semua beban tersebut dan secara langsung akan mempercepat penggunaan baterai sehingga baterai cepat habis.

Hemat Baterai Laptop Saat Youtube-an Dengan Cara Ini

Berbeda dengan sistem yang dipakai oleh Chrome pada umumnya, sistem ini (H.264) bersifat Open Source sehingga sistem dapat memanfaatkan bantuan dari bagian hardware seperti VGA (GPU) yang memang khusus untuk mendongkrak hasil gambar. Efek dari sistem Open Source tersebut sangatlah luas, pada akhirnya sistem dapat terlibat dalam pengaturan penggunaan sumber daya seperti menyuruh laptop untuk meningkatkan kinerja prosesor dan juga VGA sehingga kinerja prosesor akan lebih ringan karena dibantu oleh VGA untuk menopang performa video yang sedang diputar di Youtube oleh aplikasi Chrome.

Cara ini bisa digunakan untuk browser ‘Chrome’ dan ‘FireFox’:

Tidak perlu mengutak-atik melalui sistem yang membuat pusing, kita hanya perlu memasang sebuah ekstensi (Chrome) /add-on (Firefox) yang sudah tersedia. Ekstensi tersebut bernama h264ify, memang namanya agak sedikit aneh tetapi bukan tanpa alasan pengembang extensi memberikan nama tersebut. H.264 adalah sebuah sistem yang berjalan seperti biasa namun dapat mengatur kinerja sistem dan hardware lainnya seperti yang telah dijelaskan diatas, dengan begitu laptop kita akan berjalan secara seimbang tanpa harus CPU sendiri yang bekerja ekstra sehingga tidak akan memakan energi secara berlebihan dan penggunaan baterai pun bisa dihemat.

Hemat Baterai Laptop Saat Youtube-an Dengan Cara Ini


Berikut ini link untuk memasang ekstensi h264ify pada Chrome dan Firefox:

Apakah akan berdampak kepada performa dan tampilan video?

Terkadang pemasangan ekstensi semacam ini menimbulkan efek samping, namun menurut Matt Elliott (Kontributor CNET.com) penggunaan ekstensi ini tidak akan berpengaruh terhadap performa dan tampilan video, bahkan bisa jadi videonya malah akan semakin halus.
Untuk melakukan pengecekan apakah video youtube yang kita putar berjalan dengan H.264 atau VP8-VP9 kita dapat mengetahuinya dengan cara klik-kanan saat video sedang diputar dan kemudian pilih stats for nerds. Data “Mime Type” memberikan informasi code/sistem yang digunakan. Bila VP-8 VP-9 akan muncul dengan tulisan video/webm. Untuk H.264 akan muncul dengan tulisan video/mp4.


Hemat Baterai Laptop Saat Youtube-an Dengan Cara Ini

Hal diatas berlaku sama untuk browser Firefox karena dalam sebuah artikel dituliskan juga bahwa “sangat mungkin permasalahan yang sama terjadi pada Firefox”. So, bila laptop anda mengalami gejala-gejala yang sama seperti diatas (panas, mengeluarkan bunyi, baterai cepat habis) maka sudah saatnya untuk mencoba untuk memasang ekstensi / add-on ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »