Cara Agar Orang lain Tidak Mengetahui Bahwa Kita Telah Membaca Pesan pada WhatsApp

Berikut ini adalah cara agar orang lain tidak mengetahui bahwa pesan yang mereka kirim telah di baca oleh kita pada whatsApp, cara ini juga berlaku apabila kita berada di dalam sebuah group WhatsApp. sebelum melanjutkan pembahasan perlu diketahui bahwa ini adalah pembahasan lanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas tentang Cara mengetahui siapa saja yang telah membaca pesan kita di group WhatsApp.

whatsApp adalah salah satu aplikasi chatting yang berhasil memposisikan diri menjadi salah satu aplikasi ‘wajib’ pada smartphone karena fungsi dan fiturnya memang sangat cocok untuk menunjang kebutuhan para penggunanya di seluruh dunia, dan berhasil menjadi saingan berat dari aplikasi buatan RIM (Research in Motion) dengan Blackberry Messenger (BBM) nya, Line atau aplikasi chatting lainnya yang fungsinya sebenarnya hampir sama.

Seiring berjalannya waktu setiap aplikasi selalu menambahkan fitur – fitur baru agar penggunanya tetap setia dan juga untuk menjaring pengguna baru. Begitupun yang dilakukan oleh WhatsApp selalu memberikan fitur dan inovasi baru di dalam aplikasinya, salah satunya yaitu fitu ‘Been Read’ atau pesan ‘telah dibaca’ oleh penerima.
Fitur ‘been read’ (ditandai dengan 2 buah ceklis berwarna biru) diciptakan untuk memberikan informasi yang lebih detail dari pesan yang telah dikirim oleh si pengirim, yang sebelumnya hanya pesan telah diterima dengan adanya fitur ini lebih lengkap lagi informasi yang didapatkan yaitu dengan ‘telah dibaca’ (oleh penerima).

Sebenarnya fitur semacam ini telah dipergunakan pada aplikasi BBM (BlackBerry Messenger) jauh sebelum aplikasi whatsApp melunjur di PlayStore, jadi bagi para pengguna BBM fitur ini bukan hal yang aneh lagi.


Namun seiring dengan berjalannya waktu, nampaknya fitur ini sedikit demi sedikit dirasa mengganggu karena penerima yang telah membaca pesan yang didapat seakan – akan mendapat tekanan bahwa dia harus segera membalas pesan yang telah dikirim, karena kedua belah pihak mengetahui bahwa pesan telah terbaca, meskipun percakapan tersebut adalah percakapan biasa namun karena fitur ini, si penerima akan merasa dituntut untuk segera membalas pesan tersebut.

Ditambah lagi isu privasi yang sedang naik daun menjadikan fitur ini memberikan kesan yang tidak baik bagi sebagian pengguna.

Cara Agar Orang lain Tidak Mengetahui Bahwa Kita Telah Membaca Pesan pada WhatsApp


Berikut ini adalah cara agar orang lain tidak mengetahui bahwa kita telah membaca pesan yang mereka kirim pada kita. Ada 2 cara yang kami ketahui dan kedua cara ini sudah terbukti berhasil dari percobaan yang dilakukan oleh beberapa pengguna whatsApp.

Cara Pertama (Manual)

Cara pertama adalah dengan cara yang sedikit memaksa karena kita tidak melakukan sesuatu terhadap aplikasi WhatsApp melainkan kita ‘bermain’ langsung kepada sistem di handphone kita, tenang saja, karena cara ini sangat mudah yaitu kita hanya perlu mematikan seluruh koneksi internet & WiFi sebelum kita membaca pesan di whatsApp, kemudian setelah kita baca dan menutup aplikasi whatsApp kembali, kita dapat mengembalikan kembali koneksi yang sebelumnya kita putus secara sengaja. Setelah kita mengembalikan koneksi internet & WiFi tanda di pesan yang dikirim tidak akan berubah menjadi ‘telah dibaca’ dan akan tetap pada posisi ‘Delivered’ (telah sampai).

Step by step

#1. Matikan koneksi internet & WiFi sebelum membuka pesan /aplikasi WhatsApp
#2. Baca pesan yang diinginkan
#3. Tutup aplikasi WhatsApp
#4. Hidupkan kembalik koneksi internet & WiFi
#5. Buka kembali aplikasi WhatsApp

Cara Agar Orang lain Tidak Mengetahui Bahwa Kita Telah Membaca Pesan pada WhatsApp

Cara Kedua (Otomatis)

Cara kedua ini adalah cara resmi yang memang dihadirkan oleh pengembang whatsApp sendiri untuk mematikan fitur ‘been read’ ini karena pihak pengembangpun sepertinya sudah menyadari bahwa ada untuk beberapa pengguna fitur ini sangat mengganggu privasi. Cara kedua yaitu dengan mengatur setting langsung dari aplikasi WhatsApp itu sendiri yaitu pada bagian setting >> account >> privacy, lalu kemudian hilangkan tanda ceklis seperti pada gambar dibawah (setelah step by step).

Step by step

#1. Buka aplikasi WhatsApp
#2. Tekan tombol Menu
#3. Pilih Setting
#4. Pilih Privacy
#5. Hilangkan tanda ceklis seperti gambar di bawah

Cara Agar Orang lain Tidak Mengetahui Bahwa Kita Telah Membaca Pesan pada WhatsApp

Kekurangan & Kelebihan mengatur setting langsung dari aplikasi WhatsApp

Kelebihan menggunakan cara ini adalah kita tidak perlu lagi mengulang – ngulang langkah demi langkah apabila ada pesan baru seperti pada cara pertama, dengan cara ke dua ini kita hanya perlu melakukan pengaturan sekali saja. Kekurangannya, pada gambar diatas terdapat keterangan yang jelas mengenai setting Read Receipts, apabila kita menghilangkan ceklis (non aktifkan) fitur ini maka kita otomatis tidak dapat mengetahui apakah pesan kita telah dibaca oleh penerima atau belum. Juga meskipun fitur ini telah di non aktifkan tetap tidak akan berlaku pada group, dengan kata lain di dalam group anggota lain tetap dapat mengetahui status pesan yang telah sampai kepada kita.

If you turn off read receipts, you wont be able to see read receipts from other people. Read receipts are always sent for group chats.


Berikut diatas adalah 2 buah cara agar dari tim rinditech.com agar orang lain tidak mengetahui bahwa pesan yang mereka kirim kepada kita telah dibaca. Semoga artikel ini dapat membantu teman – teman semua yang merasa tertekan ataupun terganggu dengan keberadaan fitur read receipts yang ada pada aplikasi whatsApp. Jadilah pengguna yang bijak #beWiseUser apabila ada masih belum berhasil atau ada pertanyaan teman – teman bisa langsung bertanya pada kolom komentar dibawa, atau langsung saja like fansPage rinditech.com di facebook.com/rinditech untuk diskusi langsung dengan kami.

Artikel Terkait:
Cara Mengutip (Quote) /Mengomentari Pesan di Chat WhatsApp
Cara Membuat Tulisan Tebal(Bold), Miring(Italic), dan Coret(Strikethrough) di WhatsApp

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »