Review iPhone 5S (Harga Spesifikasi Kekurangan Kelebihan)

Review iPhone 5S (Harga Spesifikasi Kekurangan Kelebihan)
Ponsel iPhone 5S merupakan salah satu smartphone terbaik pada tahun 2013, walaupun standar ukuran layar saat ini sudah bergeser ke ukuran yang lebih besar (5-inchi) namun layar dengan ukuran 4 inchi masih terlihat cukup. Evan Kypreos (Pengamat teknologi sekaligus pengguna iPhone 5S) menjelaskan bahwa selama penggunaannya (lebih dari 1 tahun) Evan tidak mendapatkan masalah pada iPhone 5S nya dan mengungkapkan bahwa iPhone 5S nya saat ini masih dalam kondisi yang prima, tetap responsive dan tidak menunjukan gejala penurunan performa.

Dengan bahan alumunium pada iPhone 5S terasa sangat mewah dan solid, dan tetap ringan. Desain sudut yang ada pada iPhone 5S terlihat sedikit lawas dan desain sudut yang dimiliki oleh iPhone 6 dan iPhone 6 Plus terasa lebih baik untuk digenggam karena iPhone terbaru itu memiliki sudut yang lebih halus dari pada iPhone 5S.

Evan juga mengatakan iPhone 5S nya tidak mengalami masalah walaupun digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama, bahkan dia juga sekarang lebih banyak membaca buku melalui iPhone 5S nya dibanding membaca buku secara langsung (fisik). Satu hal yang masih menjadi pertanyaan nya selama beberapa tahun belakangan adalah “apakah saya perlu layar yang lebih besar?”. Kebutuhan layar yang lebih besar memang ada namun dengan layar 4 inchi Evan merasa lebih nyaman dan membuat smartphone nya mudah disimpan dimana saja.

Kelebihan Utama iPhone 5S

  • Touch ID bekerja dengan baik
  • Performa sangat baik
  • Fitur Kamera memuaskan
  • Ringan dan nyaman di genggam


Kekurangan Utama iPhone 5S

  • Ketahanan baterai harusnya lebih baik
  • Layar terlalu kecil untuk beberapa orang
  • Biaya penambahan memori yang mahal


Sebenarnya peluncuran iPhone 5S ini dibarengi dengan peluncuran iPhone 5C yang identik dengan warna –warna yang tidak lazim dikeluarkan oleh Apple yang selalu terkesan mewah namun iPhone 5C juga dapat menjadi alternative bila kita bosan dengan warna – warna yang umum digunakan oleh Apple. Tapi sekarang kita lanjut bahas habis iPhone 5S dulu ya.

Review iPhone 5S (Harga Spesifikasi Kekurangan Kelebihan)

Ukuran Layar

Ukuran layar yang lebih besar memerlukan waktu lebih lama untuk tangan kita beradaptasi dan menemukan posisi yang pas untuk navigasi, Evan mengatakan dia perlu beberapa hari untuk mendapatkan posisi yang pas pada layar yang lebih besar seperti Galaxy Note 4 dan Nexus 6.

Satu hal yang membuat Evan terkejut adalah dia tidak terlalu merindukan smartphone dengan layar besar yang pernah dia gunakan. Terkadang Evan harus lebih berjuang untuk dalam menggunakan smartphone 5.5 inchi (LG G3) di dalam kereta namun sekarang dia bisa lebih nyaman menggunakan smarphone dengan layar 4 inch yang lebih ergonomis.

Tidak banyak yang dapat dibahas tentang performa dari iPhone 5S ini karena selama penggunaan tidak ada kendala, sangat cepat dan mudah digunakan. Evan juga tidak mendapatkan masalah dari sisi aplikasi, tidak ada yang aneh dan mencurigakan.

Review iPhone 5S (Harga Spesifikasi Kekurangan Kelebihan)

Sistem Operasi (OS)

Sistem Operasi pada iPhone mempunyai bebrapa batasan dibandingkan dengan sistem Operasi Android, kita tidak bisa merubah seenaknya sampai ke akar-akar seperti yang dapat dilakukan pada smartphone berbasis android, namun batasan ini sangat berpengaruh baik kepada performa dari iPhone itu sendiri, Evan tidak pernah mengalami kendala penurunan performa walaupun telah memasang berbagai macam aplikasi ataupun update.

Dengan iOS7 yang digunakan memberikan kemudahan bagi pengguna, dimana disana terdapat control center yang sangat mudah diakses. Dengan sistem operasi yang lebih baru (iOS 8) Evan mengatakan bahwa iPhone 5S akan berfungsi lebih baik lagi.
Review iPhone 5S (Harga Spesifikasi Kekurangan Kelebihan)

Kamera

Keberadaan kamera pada sebuah smartphone saat ini sangat penting, seperti pada Nokia Lumia 1020 dan Samsung Galaxy Zoom yang terlihat lebih seperti sebuah kamera dari pada sebuah ponsel. Kamera yang ada pada iPhone 5S dirasa sangat solid dan dapat mengambil gambar dengan waktu yang terbilang sangat cepat, namun dalam hal detail nampaknya masih belum mampu untuk mengalahkan kualitas dari smarpthone Galaxy S5 dan LG G3.

Review iPhone 5S (Harga Spesifikasi Kekurangan Kelebihan)

Harga & Kapasitas Memori

iPhone 5S tidak memiliki slot microSD sehingga kita tidak dapat menambah kapasitas penyimpanan selain dengan cara melakukan upgrade versi 16/32 GB. Penambahan kapasitas memori juga dinilai terlalu mahal dengan perbedaan harga sebesar 40 Euro atau hampir mencapai 1 juta rupiah. Namun jika anda tidak terlalu banyak menyimpan data seperti film dan musik, nampaknya kapasitas 16GB (13.6GB usability) seharusnya cukup.

Harga iPhone 5S saat ini yang kami pantau dari beberapa situs jual beli online seperti Lazada, Tokopedia dan Blibli pada bulan Juni 2015 berkisar antara 6 – 11 juta rupiah tergantung pada kapasitas memori, garansi, warna (gold, silver, black) dan juga bundling (paketan). Namun nampaknya iPhone 5s harus ditujukan untuk orang – orang yang memang penggemar produk Apple karena dengan harga yang telah disebutkan (6-11 juta rupiah) kita dapat membeli produk dengan spesifikasi yang lebih tinggi, terutama bila berpindah ke smartphone dengan OS Android seperti Galaxy Note 4.

Touch ID

Salah satu fitur yang paling disukai oleh Evan yang ada pada iPhone 5S ini adalah fitur Touch ID yang terletak pada tombol home yang memungkinkan pemilik membuka kunci ponsel hanya dengan satu sentuhan jari tanpa harus mengetik PIN ataupun kode lainnya pada layar. Untuk saat ini fitur touch ID memang masih dibilang sebuah kemewahan namun Evan meyakini bahwa fitur seperti ini nantinya akan diaplikasikan pada semua jenis smartphone beberapa tahun kedepan.

Review iPhone 5S (Harga Spesifikasi Kekurangan Kelebihan)

Spesifikasi Lengkap iPhone 5S

NETWORKTechnologyGSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
LAUNCHAnnounced2013, September
StatusAvailable. Released 2013, September
BODYDimensions123.8 x 58.6 x 7.6 mm (4.87 x 2.31 x 0.30 in)
Weight112 g (3.95 oz)
SIMNano-SIM
- 500 dpi pixel density fingerprint sensor (Touch ID)
DISPLAYTypeLED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors
Size4.0 inches (~60.8% screen-to-body ratio)
Resolution640 x 1136 pixels (~326 ppi pixel density)
MultitouchYes
ProtectionCorning Gorilla Glass, oleophobic coating
PLATFORMOSiOS 7, upgradable to iOS 8.3
ChipsetApple A7
CPUDual-core 1.3 GHz Cyclone (ARM v8-based)
GPUPowerVR G6430 (quad-core graphics)
MEMORYCard slotNo
Internal16/32/64 GB, 1 GB RAM DDR3
CAMERAPrimary8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, dual-LED (dual tone) flash, check quality
Features1/3'' sensor size, 1.5 µm pixel size, simultaneous HD video and image recording, touch focus, geo-tagging, face/smile detection, HDR (photo/panorama)
Video1080p@30fps, 720p@120fps, check quality
Secondary1.2 MP, 720p@30fps, face detection, FaceTime over Wi-Fi or Cellular
SOUNDAlert typesVibration, proprietary ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
COMMSWLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, hotspot
Bluetoothv4.0, A2DP
GPSYes, with A-GPS, GLONASS
RadioNo
USBv2.0, reversible connector
FEATURESSensorsAccelerometer, gyro, proximity, compass
MessagingiMessage, SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
BrowserHTML5 (Safari)
JavaNo
- Active noise cancellation with dedicated mic
- Siri natural language commands and dictation
- iCloud cloud service
- iCloud Keychain
- TV-out
- Maps
- Audio/video player/editor
- Organizer
- Document viewer/editor
- Photo viewer/editor
- Voice memo/dial/command
- Predictive text input
BATTERYNon-removable Li-Po 1560 mAh battery (5.92 Wh)
Stand-byUp to 250 h (2G) / Up to 250 h (3G)
Talk timeUp to 10 h (2G) / Up to 10 h (3G)
Music playUp to 40 h
MISCColorsSpace Gray, White/Silver, Gold
SAR US1.12 W/kg (head)     1.18 W/kg (body)    
SAR EU1.00 W/kg (head)     0.80 W/kg (body)  

Kualitas Telepon

Pada awal –awal penggunaan Evan terganggu dengan kualitas ponsel saat digunakan untuk melakukan panggilan telepon, Evan merasa ada masalah dalam hal penerimaan sinyal, terasa seperti ada jarak dengan lawan bicara, namun hal ini berangsur membaik dengan sendirinya. Dan ternyata saat dicari tahu Evan menemukan bahwa memang ada beberapa pengguna yang mengalami masalah yang sama pada kualitas telepon meskipun kasusnya tidak terlalu banyak.

Kualitas Baterai

iPhone 5S mempunyai kualitas baterai yang bagus namun tidak terlalu keren. Jika digunakan dengan penggunaan normal ponsel ini dapat bertahan selama dua hari tanpa perlu diisi baterai, namun bila digunakan untuk bermain game atau pekerjaan berat lainnya maka anda harus siap – siap untuk mengisi baterai pada malam hari. Namun jangan khawatir karena durasi pengisian baterai pada iPhone 5S ini tergolong cepat dan belum pernah drop tiba – tiba.

Review iPhone 5S (Harga Spesifikasi Kekurangan Kelebihan)

Dalam penggunaan sehari – hari Evan merasa iPhone 5S ini dapat memenuhi segala keperluannya akan sebuah smartphone dan Evan mengklaim bahwa ini adalah salah satu smartphone terbaik yang pernah ia gunakan meskipun tidak memiliki layar yang besar seperti yang ada pada smartphone Android saat ini. Namun jangan khawatir Apple telah memberikan solusi akan kebutuhan layar yang lebih besar dengan meluncurkan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Jika anda mempunyai uang yang cukup Evan menyarankan untuk membeli jenis iPhone yang lebih baru, namun jika anda sedang mencari alternatif, iPhone 5S adalah pilihan terbaik.

Artikel Terkait:
Cara Merawat Baterai Smartphone untuk Jangka Panjang
Review Airpods - Earphone Wireless Terbaru Buatan Apple

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »