Cara Mengirim Email Banyak Tanpa Diketahui Penerima Satu Sama Lain

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Google
Productivity
Tutorial
Cara Mengirim Email Banyak Tanpa Diketahui Penerima Satu Sama Lain

Dalam artikel kali ini kita akan membahas cara mengirim email ke banyak alamat tanpa diketahui oleh masing – masing penerima kepada siapa saja anda mengirim email tersebut. Setiap penerima email tidak akan mengetahui satu sama lain karena alamat email penerima lain telah disembunyikan sebelum diterima oleh seluruh alamat email yang terdaftar. Cara ini bisa dicoba dengan aplikasi atau website Gmail atau Google Mail.

Saat mengirim email ke lebih dari satu penerima dan beberapa penerima tidak kenal satu sama lain sangat disarankan untuk tidak memperlihatkan kepada siapa saja kita mengirim email tersebut. Karena beberapa orang mungkin akan sangat marah ketika kita secara tidak langsung mempromosikan email mereka kepada penerima lainnya.

Biasanya ketika kita mengirim email kepada beberapa orang, kita memasukan semua alamat email yang ingin dituju pada kolom Cc (Carbon Copy) bahkan masih ada yang memasukan semua alamat email tersebut pada kolom ‘To’ atau ‘kepada’. Bila beberapa orang yang anda kirimi tidak kenal satu sama lain tidak disarankan untuk menggunakan Cc karena seperti yang sudah diutarakan diatas, beberapa orang sangat tidak suka bila alamat emailnya diketahui oleh orang lain tanpa seizinnya, walaupun kita tidak bermaksud seperti itu.

Disinilah fungsi Bcc (Blind Carbon Copy) harus digunakan. Saat kita memasukan alamat – alamat email didalam kolom Bcc sistem dasarnya akan menginstruksikan mail server untuk menghilangkan alamat – alamat email yang dituju sebelum dikirim secara masal sehingga penerima email tidak akan mengetahui kepada siapa saja kita mengirim email yang sama kepada beberapa orang sehingga kita tidak perlu khawatir lagi ada orang yang marah karena alamat emailnya disebarluaskan oleh kita walaupun secara tidak sengaja.

Cara Mengirim Email Banyak Tanpa Diketahui Penerima Satu Sama Lain

  1. Setelah anda login seperti biasa, klik TULIS pesan seperti gambar dibawah ini (tidak berbeda dengan langkah biasa saat kita mengirim email untuk satu orang):
    Cara Mengirim Email Banyak Tanpa Diketahui Penerima Satu Sama Lain
  2. Setelah jendela Tulis pesan baru terbuka, klik Bcc pada pojok kanan atas jendela pesan seperti gambar dibawah ini:
    Cara Mengirim Email Banyak Tanpa Diketahui Penerima Satu Sama Lain
  3. Akan muncul kolom baru dibawah kolom ‘kepada’(To) yaitu kolom Bcc (Blind Carbon Copy) untuk diisi dengan alamat – alamat email yang akan kita kirimi pesan masal tersebut seperti pada gambar dibawah.
    Cara Mengirim Email Banyak Tanpa Diketahui Penerima Satu Sama Lain
  4. Selanjutnya kita harus mengisi Judul Pesan dan juga isi pesan seperti biasa kita mengirim email untuk satu penerima, terakhir klik ‘Kirim’ (Send). Selesai!

Pesan email yang menggunakan fitur Bcc sering digunakan oleh lembaga amal untuk mengirim email kepada para donator tentang kegiatan yang dilaksanakan ataupun laporan keuangan, biasa digunakan juga oleh para pekerja kantoran untuk mengirimkan ucapan Selamat Idul FitriSelamat Tahun Baru ataupun email Perpisahan kepada semua kolega di berbagai lini.

Dan masih banyak type email lainnya yang akan sangat cocok bila menggunakan format Bcc (Blind Carbon Copy) ini.

Kelebihan menggunakan Bcc (Blind Carbon Copy)

  1. Penerima tidak akan mengetahui alamat email satu sama lain
  2. Privasi tiap individu penerima tetap terjaga
  3. (bila ada) Email balasan hanya akan diterima oleh kita (pengirim)
  4. Mengurangi resiko konflik antar penerima
  5. Dianggap lebih beretika untuk penerima yang belum mengenal satu sama lain
  6. Fitur Bcc tetap tersedia walaupun mengirim melalui smartphone

Kekurangan menggunakan Bcc (Blind Carbon Copy)

  1. Dalam beberapa kriteria email seperti ini bisa dianggap sebagai email ‘spam’ /promosi oleh sistem keamanan pada masing – masing penyedia jasa email (jarang terjadi)
  2. Pengirim harus mengkonfirmasi email yang dikirim untuk memastikan bahwa email tetap dibaca walaupun terlanjur masuk kedalam folder ‘spam’ atau ‘junk mail’
  3. Untuk orang – orang tertentu sebagai penerima cara ini bisa menimbulkan kecurigaan karena kita (pengirim) terlihat tertutup dengan menyembunyikan alamat email penerima lainnya.

Sekarang fitur Bcc sudah sangat umum dimiliki oleh hampir semua penyedia jasa email seperti Gmail, YahooMail, dll. Berikut ini Cara mengirim email banyak tanpa diketahui penerima satu sama lain dengan menggunakan fitur “Bcc” (Blind Carbon Copy) via Gmail:

Semoga informasi mengenai cara mengirim pesan (email) masal tanpa diketahui penerima satu sama lain ini dapat membantu dan memberikan inspirasi bagi kita semua agar lebih optimal lagi menggunakan teknologi seperti seharunya, bila menemui kedala atau masih kebingungan, teman – teman bisa komen langsung pada kolom komentar dibawah seperti biasa. Jadilah pengguna yang bijak. Selamat mencoba!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra