Cara Mudah Buka Toko Online di Tokopedia.com, step by step

Sebelum kita lanjut ke langkah membuat toko online di tokopedia, kita akan mengenal sekilas tentang portal toko online yang satu ini, kenapa harus di tokopedia? Apa kelebihan dan kekurangannya? Bagaimana proses transaksinya?, dlsb.

Sekilas Tentang Tokopedia


Tokopedia adalah sebuah website portal toko online asli Indonesia yang sampai saat ini telah membuktikan bahwa mereka adalah salah satu situs jual beli papan atas yang ada di Indonesia, beberapa waktu lalu juga Tokopedia mendapatkan kepercayaan pendanaan sebesar 100 juta dollar dari SoftBank (Investor dibalik kesuksesan Alibaba) dan Sequoia Capital (Investor dibalik kesuksesan Apple dan Google), investasi ini membuktikan bahwa tokopedia memiliki potensi yang sangat besar dari segi bisnis dan juga pengembangan.


Keuntungan membuka toko online di Tokopedia

Gratis Rekening bersama dari Tokopedia

Pembeli dan penjual tidak akan saling curiga dan takut ditipu karena Tokopedia menyediakan rekening bersama (RekBer) sehingga seluruh transaksi harus melalui pihak tokopedia terlebih dahulu untuk menjamin keamanan dan kenyamanan antara pembeli dan penjual.

Cara Mudah Buka Toko Online di Tokopedia.com, step by step
Ucapan selamat bila kita telah menyelesaikan proses pendaftaran

Verifikasi Pembayaran Otomatis

Seluruh pembayaran yang telah dilakukan oleh pembeli untuk sebuah barang akan diverifikasi oleh pihak tokopedia yang bekerjasama dengan seluruh Bank yang ada di Indonesia, kita tidak perlu ribet lagi untuk melakukan pengecekan apakah pembayarannya sudah masuk atau belum.

Terhubung ke berbagai jasa pengiriman (Kurir /Logistik)

Saat ini Tokopedia telah bekerjasama dengan beberapa agen pengiriman ternama di Indonesia Seperti POS Indonesia, JNE, Tiki, dll sehingga memberikan beberapa pilihan bagi pembeli dan penjual dalam pemilihan kurir favorit dan juga terdekat berdasarkan lokasi yang paling memungkinkan.

Harga Pas

Penjual dimungkinkan untuk menentukan harga yang benar – benar pas dan tidak bisa di nego, kalaupun ada sistem paket dan borongan (grosir) penjual dapat mengaturnya pada daftar harga sehingga tidak perlu lagi berdiskusi mengenai harga karena semua sudah tertera baik untuk pembeli satuan ataupun pembeli dengan jumlah yang banyak.

Jutaan pengunjung = jutaan calon pembeli

Dalam satu bulan ratusan ribu UKM yang terdaftar di Tokopedia dapat mengirimkan lebih dari 4 juta produk kepada pelanggan di seluruh Indonesia dan sepertinya jumlah ini akan semakin meningkat seiring terkenalnya Tokopedia di Indonesia melalui Iklan di media cetak dan elektronik.

Tidak ada Komisi Penjualan

Mungkin inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa para penjual takut membuka toko online, adanya potongan penjualan (komisi) yang diterapkan oleh sebuah portal jual beli, namun tidak demikian dengan Tokopedia, Tokopedia tidak akan memotong atau meminta komisi dari penjualan yang berhasil anda lakukan, seluruh keuntungan transaksi akan kembali sepenuhnya kedalam rekening kita.

Step by Step membuat toko online di Tokopedia

#1 Klik tautan “Buka Toko GRATIS”

Pertama kita harus membuka website Tokopedia, pastikan alamat yang anda buka adalah https://www.tokopedia.com/ bukan yang lain untuk menghindari penipuan dan pencurian data pribadi, setelah itu Scroll kebawaha dan temukan tombol seperti pada gambar dibawah ini:

Cara Mudah Buka Toko Online di Tokopedia.com, step by step
Klik pada kotak hijau "Buka Toko GRATIS" untuk mulai mendaftar

Bila tidak dapat menemukan, anda dapat langsung membuka alamat dibawah ini:
https://www.tokopedia.com/buka-toko-online-gratis (Copy-Paste pada address bar)

#2 Isi Formulir Pendaftaran

Setelah kita membuka halaman pendaftaran pada langkah pertama, selanjutnya kita diharuskan untuk mengisi beberapa kolom mengenai data diri dan data toko online yang akan kita buat, seperti pendaftaran nama toko, pemilihan kurir dan jenis pengiriman, dan data penting lainnya untuk database di Tokopedia.

*Pilih Domain Toko

Pada bagian awal di formulir pendaftaran toko, kita akan langsung diminta untuk mendaftarkan nama toko kita di Tokopedia, selain sebagai nama toko disini kita juga harus mendaftarkan nama domain toko yang nantinya dapat digunakan sebagai tautan (direct link) agar pengunjung dapat langsung diarahkan ke halaman toko kita tanpa harus membuka halaman utama Tokopedia.
Cara Mudah Buka Toko Online di Tokopedia.com, step by step
Daftarkan nama toko yang diinginkan seperti contoh ini "Jaya Makmur Grosir"

*Pilihan Kurir

Karena tidak semua kurir dapat melayani daerah yang sama, sebelum memilih kurir pastikan terlebih dahulu bahwa kita telah memilih kota sebagai lokasi pengiriman paket /pesanan kepada calon pembeli. Bila telah memilih lokasi pengiriman, dengan otomoatis sistem akan memunculkan kurir (Jasa Ekspedisi) yang benar – benar tersedia pada kota pengirim. Setelah kita mengetahui kurir mana saja yang tersedia di daerah kita, selanjutnya kita tinggal memilih jenis pengiriman dari masing – masing kurir seperti, Paket Kilat, Reguler, Khusis, dll.

*Biodata

Pada bagian akhir formulir kita harus mengisi data pribadi agar semua pihak dapat melakukan verifikasi dengan mudah.

#3 Klik “Buka Toko”

Bila telah mengisi seluruh formulir yang ada pada bagian pendaftaran toko online, langkah terakhir adalah dengan menekan tombol “Buka Toko” yang ada pada bagian bawah halaman.
Cara Mudah Buka Toko Online di Tokopedia.com, step by step
Langkah Terakhir setelah mengisi formulir pendaftaran

#4 Verifikasi email

Bila telah selesai mengisi formulir dan klik “Buka Toko” kita akan diarahkan kepada halaman konfirmasi bahwa kita telah selesai membuat toko online dan kita diharuskan untuk melakukan verifikasi melalui email yang telah dikirim oleh pihak Tokopedia kepada email yang telah kita daftarkan pada form pendaftaran pada halaman sebelumnya.

Cara Mudah Buka Toko Online di Tokopedia.com, step by step
Ucapan selamat bila kita telah menyelesaikan proses pendaftaran


Untuk melakukan verifikasi kita harus membuka email dari Tokopedia yang masuk ke email terdaftar dan bila telah terverifikasi (biasanya dengan klik tombol verifikasi yang ada di email dari tokopedia) maka kita telah resmi mempunyai akun untuk login sebagai penjual /pemilik toko di website tokopedia.


Setelah berhasil melakukan pendaftaran sebagai penjual, ada baiknya kita mengenal antarmuka dari halaman utama untuk penjual di Tokopedia. Setelah melakukan verifikasi alangkah baiknya juga kita langsung melengkapi data mengenai toko kita seperti detail produk, gambar, kontak, alamat fisik toko/rumah, dll.

Ada Pertanyaan?

Untuk mendapatkan balasan yang lebih cepat mengenai pertanyaan seputar pembuatan akun di Tokopedia, teman - teman disarankan untuk berkomentar via blogger (bukan facebook) pada artikel yang dapat memuat komentar via blogger ini >> Cara Lengkap Membuat Akun di Tokopedia

Baca Juga:
Mengenal Antarmuka Sebagai Penjual di Tokopedia
Cara Mudah Daftar di BukaLapak.com sebagai Penjual & Pembeli

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »