Kematian Internet Explorer semakin dekat, Windows 10 akan mendapat Browser baru dari Microsoft

Mungkin berita ini sudah berkembang mulai dari satu tahun yang lalu namun sekarang sepertinya Microsoft sendiri yang membuat berita itu semakin jelas. Berkaitan dengan pengenalan OS terbaru (Windows 10) Microsoft pemberikan informasi bahwa Windows 10 akan datang dengan browser baru yang diberi kode (codename) dengan nama Spartan.

Kematian Internet Explorer semakin dekat, Windows 10 akan mendapat Browser baru dari Microsoft

Windows 10 will come with a new browser, codename Spartan, built from the ground up – but Microsoft won’t be killing off IE,however much it would like to
-The Guardian

Seperti tagline yang dibuat oleh The Guardian, bahwa browser pengganti IE (Internet Explorer) ini dibuat dari awal (bukan pengembangan dari IE) sehingga nantinya akan banyak software yang berjalan di IE yang tidak akan kompatibel dengan browser baru ini.

Kami akan tetap membuat Internet Explorer untuk windows 10 Enterprises (segmen perusahaan) dan pengguna lain yang memang masih memerlukan Internet Explorer.
-Microsoft

Seperti yang dibicarakan bahwa Spartan adalah sebuah ’codename’ bukan nama yang nanti akan digunakan oleh browser baru ini, namun sampai saat ini informasi terakhir yang kami dapat bahwa Microsoft belum menyebutkan nama yang akan disematkan kepada browser baru mereka.

Sekarang kami sedang melakukan riset untuk mendapatkan sebuah nama baru untuk browser baru yang akan dipasang di Windows 10
-Chris Capossela (Head Marketing Microsoft)

Hal semacam ini ternyata pernah dialami oleh perusahaan teknologi Apple saat mereka mengganti OS 9 dengan OS 10. Para developer terpaksa haru menulis ulang semua kode, atau aplikasi mereka untuk OS yang baru, hal ini memberikan efek yang buruk bagi para pengguna. Meskipun tidak mengenakan bagi Apple tapi jalan ini harus diambil untuk perbaikan dan kelangsungan hidup perusahaan.

TheGuardian memperkirakan proses yang akan dilalui oleh Microsoft ini akan jauh lebih tidak mengenakan (a similar move from Microsoft would even more painful) dari apa yang dialami oleh Apple. Namun tetap harus diambil karena proses ini akan membawa mereka kembali ke trek yang benar yang akan sangat bermanfaat bagi pengguna dan bisnis mereka.

Apapun nanti penggantinya, kita berharap browser baru ini akan membawa dampak yang baik bagi kita sebagai pegguna dan juga bagi Microsoft sendiri dari sisi bisnis. Kira – kira apa ya nama browser baru buatan Microsoft ini… ada yang punya ide?

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »