Inilah Alasannya mengapa Yahoo bersikeras ingin membeli Flicker.com untuk Flickr.com

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pada awal –awal pendirian website Flickr.com Yahoo (Pemilik Flickr.com) telah berusaha untuk membeli Flicker.com dari tangan perusahaan asal Hong Kong (Ashanti) namun ditolak mentah – mentah (mungkin) karena nilai penawaran yang tidak sesuai harapan. Pada saat itu (2007) Yahoo menawar nama domain Flicker.com dengan harga $600.000, harga yang lumayan fantastis pada saat itu bila dibandingkan dengan sebuah domain kosong (belum digunakan untuk website apapun).

Inilah Alasannya mengapa Yahoo bersikeras ingin membeli Flicker.com untuk Flickr.com
Bukan tanpa alasan, sebelum mengumumkan produk mereka dengan nama flickr.com kami yakin bahwa Yahoo telah menyadari potensi dari Flicker.com sangat besar bila mereka tetap menggunakan nama flickr.com karena kemiripan dan ‘mungkin’ domain flicker.com lah yang sebenarnya Yahoo inginkan untuk nama produk mereka. Namun sayangnya pemilik domain Flicker.com saat itu (Ashanti) juga telah menyadari potensi dari domain yang mereka miliki sehingga memproteksi nama domain tersebut dengan bandrol yang sangat tinggi.

Walaupun nama flicker.com tidak terlalu terkenal namun ternyata angka berkata lain, berdasarkan data yang kami peroleh dari berbagai sumber ternyata flicker.com mempunyai potensi komersil yang sangat besar, hal ini tidak terlepas dari publikasi yang pihak Yahoo lakukan untuk website berbagi foto nya yaitu flickr.com

Berikut adalah potensi yang dimiliki Flicker.com sesaat setelah berpindah kepemilikan dari Ashanti kepada Yahoo:

Inilah Alasannya mengapa Yahoo bersikeras ingin membeli Flicker.com untuk Flickr.com

Unique Visitors: 3.6MM /yr

Potensi pengunjung pertahun yang dimiliki oleh flicker.com tanpa promosi langsung sudah sangat besar (3.6MM /thn) hampir dipastikan bahwa ini adalah para calon pengunjung website flickr.com namun mereka ‘salah alamat’ sehingga flicker.com tampak seperti tempat penampungan orang – orang yang salah alamat yang sebenarnya ingin mengunjungi flickr.com, website tempat menyimpan dan berbagi foto milik Yahoo.

Source: Direct Navigation (95.74%)

Sumber pengnjung yang dimiliki oleh flicker.com kebanyakan (95.74%) adalah para pengunjung yang langsung mengetik alamat mereka di address bar (tidak melalui google atau mesin pencari lainnya) sehingga besar kemungkinan pengunjung yang ingin mengetik flickr.com akan mendapatkan flicker.com karena ‘spelling’ otomatis yang biasa dilakukan oleh browser.

Outbond Clicks: 400K /yr

400K (400.000) outbond klik per tahun bukanlah jumlah yang sedikit untuk sebuah website yang ‘tidak melakukan apa – apa’, bayangkan saja bila satu klik dikali dengan $1 (satu dolar) maka sudah dapat terlihat penghasilan situs ini pertahun sebesar 400 ribu dolar hanya dari outbond click, belum lagi dari potensi iklan lainnya.

CPC Keyword Value (photography equipment): $.2.50 - $3.00 /click

Flicker.com dapat mendapatkan setidaknya 2.5 dolar untuk setiap iklan yang di klik oleh pengunjungnya, dan bila dilihat dari jumlah outbond clicks diatas, sudah terbayang berapa uang yang dapat mereka dapatkan setiap tahunnya dari iklan CPC saja.

Daily value to Advertisers: $2700.00 - $3300.00

Google Analytics memperkirakan nilai uang yang dapat flicker.com dapatkan dari iklan sedikitnya sebesar $2,700.00 (27 juta rupiah) /HARI. Mungkin ini telah menjadi pertimbangan terpenting mengapa Yahoo sangat berhasrat untuk mendapatkan flicker.com meskipun flickr.com yang mereka miliki jauh lebih terkenal dari domain ‘tidak terkenal’ tersebut.

Barulah setelah 5 tahun Flickr.com berdiri Yahoo berhasil mendapatkan nama domain flicker.com dengan susah payah. Dan setelah ditelusuri kami mendapati bahwa flcker.com memang benar – benar memberikan ‘masalah’ untuk Flickr.com walaupun pada kenyataannya domain flicker.com belum dimonetisasi oleh pemiliknya sampai pada waktu penyerahan kepemilikan kepada yahoo.

Belajar dari kasus ini, sangatlah penting bagi kita sebagai pemilik website untuk memilih nama domain, seperti halnya nama dagang, nama domain sangat berpengaruh di dunia internet seperti saat ini, salah satu huruf akan sangat memberikan perbedaan bagi masa depan website kita.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »