Chip Milik Justin Timberlake (AfterMaster) Membuat Musik Terdengar Lebih Jernih

Chip Milik Justin Timberlake (AfterMaster) Membuat Musik Terdengar Lebih Jernih

AfterMaster seperti mempunyai team yang berisikan ahli-ahli audio untuk home stereo, TV, maupun headphones. Chip AfterMaster yang baru melakukan optimasi pada kualtas suara yang dihasilkan oleh berbagai device. Intinya, Chip ini membuat suara yang keluar terdengar lebih kaya, seperti mendengarkan musik yang belum dikompress ukurannya juga kualitasnya, meskipun kita hanya mendengarkan suara melalui speaker komputer.

Delapan tahun setelah perusahaan ini dibuat, AfterMaster telah berpartner dengan ON Semiconductor untuk memasang teknologi mereka kedalam sebuah microchip yang sangat kecil yang dapat dipasang pada semua device (alat). Dan artis internasional Justin Timberlake baru saja menjadi salah satu pemilik perusahaan ini, yang seharusnya memberikan dorongan popularitas dan juga distribusi.

Jurnalis dari Techcrunch berkesempatan mengunjungi venue AfterMaster saat pagelaran CES untuk mendengarkan musik dan suara TV yang telah dipasang teknologi ini. Tim Techcrunch mendengarkan musik yang sama sebelum dan setelah menggunakan AfterMaster untuk menganalisa perbedaannya.

Chip Milik Justin Timberlake (AfterMaster) Membuat Musik Terdengar Lebih Jernih


Berikut adalah tanggapan dari Jurnalis Techcrunch yang berkompeten dibidang music dan telah merasakan perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan teknologi ini.

Dari demo yang ada, menurut Saya AfterMaster memberikan mid-tones yang lebih kaya, lebih bertekstur, dan menghentak seperti mendengarkan sebuah album dalam vinyl daripada seperti mendengarkan sebuah kaset tip. Alat ini lebih mengeksplorasi instrumen – instrument dan trek jadi itu semua terdengar lebih menghentak dan jelas. Proses AfterMaster juga dapat menjadikan suara yang lebih sedikit echo.

Dari sisi kekurangan, saya merasakan bahwa sepertinya tone – tone yang tinggi agak sedikit ramai, dan vokalnya terdengar lebih indah di mix daripada dibiarkan dominan. Chip ini juga meninggalkan beberapa gangguan suara setelah suara bass yang lebih besar keluar.

Chip Milik Justin Timberlake (AfterMaster) Membuat Musik Terdengar Lebih Jernih


Chip AfterMaster bekerja dengan cara memproses suara secara real-time dan mengatur komposisi berdasarkan karakteristik dari device yang digunakan. Larry Ryckman, salah satu penggagas dan engineer dalam album Madonna dan Michael Jackson, mengatakan bahwa chip ini melakukan “counteract” berdasarkan device yang digunakan, seperti handphone yang terlalu nge-bass, atau speaker kecil yang terdengar sangat rendah didalam frekuensi yang tinggi.

Secara keseluruha, AfterMaster benar-benar memperbaiki suara. Beberapa audiophiles mungkin sangat bertolakbelakang dengan apa yang dibuat oleh si-musisi. Tapi mempertimbangkan dengan seberapa sering kita mendengarkan musik dari speaker atau headphone yang jelek, Justing Timberlake mungkin cerdas dengan terjun langsung kedalam sebuah perusahaan mencoba untuk menyelamatkan telinga kita.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »