8 Hal yang dapat dilakukan Smartphone android tapi jarang kita sadari

Tidak perlu diragukan lagi bahwa saat ini smartphone yang ada dipasaran telah menawarkan berbagai macam fitur canggih yang bahkan belum pernah terbayangkan sebelumnya, namun tahukah anda bahwa ada beberapa fitur-fitur dasar yang terdapat pada smartphone Android yang sangat berguna bagi kita namun seringkali tidak disadari sampai pada akhirnya fitur-fitur tersebut terabaikan dan tidak pernah digunakan. Berikut 8 hal yang dapat dilakukan smartphone Android kita tapi jarang disadari.

8 Hal yang dapat dilakukan Smartphone android tapi jarang kita sadari

1. Kirim (bypass) telepon dari mantanmu langsung ke Voicemail

Ada beberapa orang yang mungkin lebih baik kita tidak berbicara dengan mereka. Dari pada kita mengecek satu persatu telepon yang masuk, lebih baik kita setting handphone kita untuk melakukan pekerjaan tersebut.  Buka Phone book, pilih kontak yang ingin di blok/bypass lalu Menu Edit, kemudian pilih “Send straight to voicemail”. Setelah ini kita tidak akan lagi terganggu oleh suara panggilan masuk dari kontak yang telah dipilih.

2. Filter telepon dengan lebih sopan

Pada saat meeting atau bertemu dengan orang penting kita tidak bisa seenaknya menerima telepon apalagi terganggu dengan suara telepon yang masuk. Android mempunyai cara membuat telepon tetap ‘silence’ dan tidak mengganggu jalannya rapat, kita dapat mengirim pesan (yang telah disetting sebelumnya) untuk memberitahu bahwa anda sedang ada meeting dan akan menelepon balik. Untuk membuat pesan ini, buka bagian Setting,  My Device, Call, Other Call, lalu cari Quick Responses. Selanjutnya bila ada telepon masuk kita dapat mengirim pesan yang telah dibuat hanya dengan satu sapuan jari (swipe).

3. Map it Out!

Sering kali pada saat kita traveling membutuhkan panduan dari Google Map, namun di beberapa tempat sinyal selalu menjadi kendala untuk mengakses Google Map. Namun tahukan anda bahwa kita dapat mengakses Google Map secara offline? Yup! Caranya, sebelum kita bepergian kita harus membuka Map lokasi yang akan kita tuju, kemudian ketik “Ok Maps” pada jendela pencarian dalam halaman tersebut. Google Map akan melakukan download bagian peta yang telah kita pilih, dengan begitu kita tetap dapat mengakses Map tersebut meskipun tanpa dukungan Wi-Fi ataupun koneksi dari provider kita.

4. Menambahkan kata pengecualian pada Kamus (Spelling checker)

Lelah karena harus terus meng-edit nama temanmu yang selalu dirubah oleh fitur spelling saat mengetik? Mungkin anda perlu menambahkan nama teman tersebut kedalam daftar kata-kata pengecualian. Nama teman kita, nama daerah, pelesetan, ataupun singkatan yang sering kita gunakan agar tidak dirubah otomatis. Caranya dengan menekan kata yang dimaksud dan tahan agak lama sampai keluar menu pilihan, kemudian tambahkan pada ‘personal dictionary’ atau kamus pribadi.

8 Hal yang dapat dilakukan Smartphone android tapi jarang kita sadari

5. Awasi penggunaan paket data Internet agar tagihan tidak membengkak

Terkadang kita terlena dalam menggunakan smartphone kita untuk ber-online ria namun melupakan batas penggunaan data yang telah kita beli. Bila tiba-tiba kita diberitahu bahwa paket data kita hanya  bersisa 10 persen padahal masih tengah bulan, itu akan merepotkan bukan? Nah untuk itu android menyediakan data real dari penggunaan internet kita seperti penggunaan satu minggu terakhir, aplikasi mana yang menggunakan banyak data, dan data pendukung lainnya yang pasti akan sangat membantu kita untuk mengontrol penggunaan data internet. Untuk mengakses data penggunaan ini kita hanya perlu buka ke bagian Setting kemudian Data Usage. Kita juga dapat menentukan batas/limit maksimal dari penggunaan smartphone kita sehingga kita akan mempunyai waktu yang cukup untuk mengisi ulang sebelum paket data internet kita benar-benar habis.

6. Hindari Loading yang tidak perlu

Kita sangat senang sekali membuka browser dengan banyak tab, namun beberapa tab selalu me-load semua informasi yang ada pada tab tersebut yang mana sangat mengganggu sekali terhadap kecepatan dan juga penggunaan data internet kita. Kita dapat mengubah pengaturan ‘preloads’ di Google Chrome pada tab hanya pada saat smartphone kita terkoneksi ke jaringan Wi-Fi. Masuk ke bagian Menu setting (dapat diakses dengan menekan tiga buah titik (three dots) disamping address bar dari webpage yang telah di load) lalu pilih Bandwidth Management. Dari sana, uncheck kotak disamping preload webpages untuk mencegah tab melakukan ‘preload’ dengan sendirinya.

7. Simpan nama dan kontak di lock screen

Suatu hari anda kehilangan handphone, namun ada seseorang yang menghubungi anda dan ingin mengembalikan handphone anda. Tapi bagaimana dia tahu bahwa itu adalah handphone anda? Pada smartphone android kita dapat menyimpan nama, alamat email, and nomor telepon alternative pada lock screen sehingga ketika seseorang menemukan handphone kita mereka dapat melihat informasi tersebut tanpa harus mengakses kedalam smartphone kita. Caranya, buka bagian menu setting, Security, Screen Security, lalu Owner Info.

8. Menjadi tempat penyimpanan data

Perlu memindahkan beberapa data? Smartphone Android anda juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan data semacam flashdisk karena ketika kita hubungkan smartphone kita ke komputer/laptop menggunakan kabel USB smartphone kita otomatis akan berubah fungsi menjadi tempat penyimpanan data sekaligus juga mengisi baterai pada saat smartphone dan komputer terhubung. Pada saat kita hubungkan, smartphone kita akan menawarkan untuk mengaktifkan fungsi penyimpanan, pilih “enable/Yes” it as a USB storage device dan pada komputer akan muncul sama seperti tempat penyimpanan data lainnya.


Sumber: (Popularmechanics

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »