Mengenal Fungsi Activation Lock pada iOS (iPhone)



Sebenarnya bahasan ini adalah lanjutan dari arikel sebelumnya mengenai keamanan pada iPhone atau iOs sejenisnya. Pada Activation Lock ini sangat berhubungan erat dengan Lost Mode yang baru ditambahkan pada iOS versi 7. Fitur ini dibuat setelah para pengguna produk Apple mengeluhkan fitur Lost Mode yang sulit untuk dikembalikan bila telah diaktifkan.

Aplikasi ini berjalan saat kita menyalakan fitur Find My iPhone, Activation Lock menghubungkan Apple ID dan password dengan nomor seri pada handphone kita di server Apple. Password dan ID yang dipasang akan dibutuhkan kembali untuk mematikan fitur find my iPhone pada handphone Apple kita. Activation lock juga mencegah para pencuri untuk menukan kartu SIM. Bila kita lupa password untuk membuka iPhone, kita dapat menghubungi Apple support dan juga mengidentifikasi bahwa anda adalah pemilik barang tersebut.

Pada artikel sebelumnya juga pernah disebutkan bahwa fitur Find My iPhone hanya dapat berjalan bila handphone kita dalam keadaan online, baik dari provider maupun Wi-Fi. Bila pencuri itu mematikan handphone atau mengubah ke mode pesawat (airplane mode) maka segala perintah kita belun dapat dilaksanakan oleh iPhone kita yang hilang, seperti mengunci, menambahkan pesan di layar bahkan menghapusnya. Akan lebih baik bila kita melakukan setting password pada saat sebelum hilang, akan menjadi tindakan pencegahan sebelum para pencuri melakukan eksploitasi terhadap iPhone anda.

Begitu banyak fitur pengamanan yang harus anda lakukan dan pastinya memerlukan waktu untuk melakukan setting tersebut. Tetapi semua hal ini dirasa wajar apabila kita ingin mendapatkan keamanan tingkat tinggi untuk iPhone kita. Terima kasih sudah berkunjung, untuk selanjutnya kita akan membahas mengenai langkah pengaman pada ponsel berbasis Android yang tentunya harus kita ketahui sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »