Sudah Dipastikan, Windows XP Akan Segera Memasuki Masa Pensiun (Nonaktif)

Mungkin ini adalah kabar yang menyedihkan, apalagi bagi pada pengguna setia OS (Operating System) ini. Sudah 12 tahun Windows XP ini berkiprah di dunia computer, dan akhirnya secara resmi Microsoft mengumumkan  bahwa sistem operasi ini akan dinonaktifkan seluruh layanannya pada tanggal 8 April 2014, juga update-update yang sering dilakukan seperti biasa untuk memperbaiki dan mencegah kebocoran informasi kepada pihak yang salah. Nahh loh! Kalau update-update nya tidak akan disediakan lagi terus yang masih menggunakan OS ini gimana dong?

Untuk itu pihak Microsoft sendiri sudah menyiapkan langkah-langkah untuk menuju waktu penonaktifan tersebut, yang intinya bahwa mereka akan terus melakukan pemberitahuan kepada pengguna aktif Windows XP ini untuk berpindah ke Sistem Operasi Windows yang lebih baru. Kita tahu bahwa generasi penerus dari Windows XP ini ada Vista, Windows 7 dan Windows 8, tetapi dalam strategi ini pihak Microsoft lebih menekankan para pengguna untuk berpindah ke Sistem Operasi Windows 7 dan 8. Seperti yang kita tahu bahwa untuk Sistem Operasi Windows Vista tidak terlaku laku di pasaran dengan berbagai macam keluhan, untuk itu pihak Microsoft menyarankan agar beralih ke Windows 7 atau 8.

Selain melakukan “awareness” kepada pengguna (user) Windows XP, pihak Microsoft juga telah melakukan
berbagai kerja sama dengan para produsen Notebook dan Laptop seperti Lenovo, HP, dll untuk memproduksi gadget yang berbasis Windows 8. Seperti yang kita tahu bahwa sekarang sudah banyak beredar Notebook yang sudah terinstall Windows 8 dengan segala kelebihannya.

Selain itu, Microsoft juga akan menggelar Microsoft Technology Experience Center yang dimana mereka akan memfokuskan kegiatan untuk melakukan sosialisasi dan berbagai seminar agar pengguna lebih memahami dan mengetahui kelebihan dari aplikasi sistem operasi terbaru mereka. Dengan teknologi yang lebih baru Microsoft ingin memberikan pengalaman menggunakan computer menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Menurut Windows Business Group Head Microsoft (Lucky Gani), pihaknya juga telah menggaet para kalangan korporat dalam menjalankan misinya ini untuk menggiring para user beralih ke Sistem Operasi terbaru yaitu Windows 8, salah satu nya yaitu adalah Indosat yang telah beralih ke Windows baru tersebut.

Ancaman para Hacker
Yups, karena berita ini sudah tersebar luas di dunia maya tentunya mengundang para hacker yang siap untuk “menerkam” para pengguna Windows XP yang masih menggunakan setelah di nonaktifkan segala updatenya, dengan begitu segala bentuk kebocoran sistem yang akan dialami oleh para pengguna Windows XP ini tidak akan diperbaiki! Untuk itu, segeralah mengambil tindakan preventif dari sekarang, bila anda belum berniat untuk pindah OS, usahakan anda telah melakukan backup data-data yang anda anggap penting juga selalu update antivirus dengan rutin, karena bila antivirus anda tidak up to date anda tinggal menunggu waktu saja untuk “kematian” computer anda. Hhehe (lebay_).

Selebihnya  keputusan ada di tangan anda, mau beralih atau tetap setia kepada Windows XP. Tetapi bila anda mempunyai budget lebih, saya sarankan untuk anda segera beralih ke Sistem Operasi yang lebih baru (jangan nunggu sampai 8 April 2014),, pengalaman baru juga kan… :D

Terima kasih sudah baca!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »