Strategi CEO Baru Blackberry (John Chen) Dalam Mempertahankan Bisnis (Part 4-End)

Pada Bagian Terakhir ini Blackberry terlihat masih memiliki peluang untuk pulih, karena menurut cNet.com bahwa ada beberapa perusahaan besar yang bersedia untuk tetap menggunakan teknologi Blackberry Enterprise Sevice 10 dan mereka mengungkapkan bahwa ada peningkatan penggunaan dan instalasi dari system BES 10 ini.

Menurut seorang analis yang bernama Jack Gold,  bahwa peningkatan jumlah pengguna ini adalah jumlah yang signifikan meskipun Blackberry masih belum akan mendapatkan pendapatan dari hal ini dikarenakan saat ini masih pada tahap trial atau percoban. Melihat dari perkembangannya Jack Gold mengungkapkan bahwa ini dapat menjadi sumber pendapata Blackberry bila perusahaan-perusahaan tersebut terus menggunakan sitem BES 10 ini.

John Chen (CEO Blackberry) juga membahas tentang kekuatan mereka dalam produk pengiriman pesan instan atau yang kita kenal dengan BBM (BlackBerry Messenger). BBM saat ini dapat digunakan di platform lain (Android & iOS), dia mengungkapkan bahwa 60% pengguna aktif BBM menggunakan aplikasi ini setiap hari yang mana bila dibandingkan dengan aplikasi lain seperti Instagram yang hanya digunakan oleh sekitar 50% penggunanya setiap hari. Juga Chen mengklaim bahwa banyak dari pengguna aplikasi BBM ini digunakan lebih lama dari aplikasi lain, sekitar 90 Menit/hari. Tetapi Chen masih mencari cara untuk melakukan monetisasi (mendapatkan keuntungan) dari para pengguna yang aktif ini, karena BBM ini masih baru, Chen akan mencoba melakukan investasi dan pengembangan lagi pada bagian ini. Dia mengharapkan akan melihat penghasilan dari aplikasi BBM ini pada tahun 2016.

QNX
Segmen terakhir dari fokus bisnis Chen adalah software bisnis QNX, yang digadang-gadang sebagai
mahkotanya Blackberry. Software ini telah dipakai untuk komunikasi antar mesin atau machine-to-machine communication oleh lebih dari 40 partner bisnis di industry otomotive. Dan Chen berencana untuk melakukan ekspansi ke dalam hal lainnya selain mobil.

Chen mengatakan bahwa saat ini dia sedang fokus terhadap hal ini dan peluang-peluang lain untuk mengembangkan bisnisnya. Chen menjelaskan akan melakukan ekspansi software ke Blackberry, saat ini dia telah memulai kerjasama dengan Google dan Apple untuk membicarakan kemungkinan software mereka digunakan oleh para pesaingnya tersebut namun dia mengakui bahwa itu akan memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk mencapai kesepakatan.


Chen mengklaim bahwa saat ini perusahaannya (Blackberry) sudah memiliki kemajuan. Dia telah melakukan penyesuaian di area pejabat-pejabat Blackberry, dan dia merasa telah siap untuk bergerak dengan strategi baru. Dengan suntikan dana segar yang besar dia yakin bahwa Blackberry akan tetap berjalan untuk waktu yang sangat lama.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments