Strategi CEO Baru Blackberry (John Chen) Dalam Mempertahankan Bisnis (Part 2)

Telah dibahas pada artikel sebelumnya bahwa Chen telah membagi empat area utama bisnis mereka yaitu: Device, Enterprise Software, BlackBerry Messenger, dan QNX and Machine-to-Machine.

Pada area Device, bagian besar dari strategi baru perusahaan yaitu pengumuman kerjasama dengan perusahaan manufaktur kelas dunia yaitu Foxconn, yang mana akan mendukung dalam mendesain dan me-menej- semua device Blackberry untuk maju. BlackBerry akan terus mengembangkan desain software yang akan berpatokan pada Blackberry 10, sementara itu Foxconn akan melakukan pengembangan pada desain Hardware.

Chen mengatakan bahwa untuk devices (gadget) baru ini akan dijual di Negara-negara berkembang, yang mana area ini telah menjadi target pasar dari Blackberry dan akan terus berlanjut. Tetapi pada pangsa pasar ini disadari bahwa mereka akan mendapat margin profit yang sedikit, untuk itu diperlukan
efisiensi yang sangat tinggi.

Produk pertama yang akan dibuat oleh kolaborasi kedua perusahaan ini diharapkan akan meluncur ke pasran pada bulan Maret atau April ini. Produk ini di desain untuk Indonesia, juga dengan produk-produk lain untuk pangsa pasar selain Indonesia akan segera menyusul. Chen mengungkapkan bahwa strategi produk dari perusahaannya sederhana yaitu tetap berada diatas rata-rata.

Chen mengungkapkan akan rasa gembiranya apabila dapat menembus pasar menengah-bawah ini dalam bisnis produk. Harapan Blackberry dari pangsa pasar ini akan menambah pendapatan mereka dari segi software service dan memungkinkan mereka untuk menyediakan solusi dari awal sampai akhir atau end-to-end solution.Chen meyakinkan para pendengar dengan mengungkapkan keyakinannya akan kerjasama yang dibangun dengan Foxconn untuk bisnis gadget ini.


Untuk saat ini Blackberry belum akan mengembangkan smartphone untuk menengah-atas pangsa pasar konsumen Amerika. Melainkan, Chen mengatakan akan fokus dalam pengembangan product untuk pangsa pasar konsumen korporat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »