“Jakarta”, Nama Ponsel Baru Blackberry Untuk 2014

Teman2 pasti tahu dong tipe ponsel Gemini dari Blackberry?? Atau Storm, Amstrong, dll..  Yups! Memang hampir semua orang akrab dengan nama-nama tersebut, namun pernahkah kalian dengan Blackberry “Jakarta”??? nahh loh,, itu kan nama Ibu kota Indonesia, yups! Sepertinya blackberry semakin kepincut dengan pangsa pasar di negara-negara berkembang, seperti Indonesia. Lalu seperti apa sih Blackberry Jakarta ini?.

Menurut beberapa sumber dari yang pernah saya baca, ponsel Jakarta ini adalah smartphone dengan segmentasi pasar low-end yang sangat cocok sekali dengan pangsa pasar di Indonesia yang memang didominasi oleh para pengguna kalangan menegah-bawah yang sangat menggoda..hhehe seperti pada artikel saya sebelumnya, yang membahas tentang Strategi CEO Baru (John Chen) dalam Mempertahankan Bisnis tentunga hal ini sejalan dengan strategi tersebut, John Chen sendiri pernah mengatakan bahwa ponsel pertama yang sedang dibuat bersama Foxconn adalah untuk
pasar Indonesia tetapi pada saat itu John Chen belum mengungkapkan nama dari ponsel tersebut.

Ponsel Jakarta ini akan menjadi ponsel pertama hasil kolaborasi andata Blackberry dan Foxconn yang memang telah menjalin kerjasama untuk 5 tahun kedepan. Kerjasama itu sendiri dari beberapa sumber yang pernah saya baca diungkapkan bahwa Blackberry akan fokus terhadap pembuatan dan pengembangan Software, sedangkan Foxconn sendiri akan berfokus kepada pembuatan dan pengembangan Hardware. Akan sangat menarik bila kita nantikan hasil dari kolaborasi dua perusahaan dunia tersebut.

Nama Jakarta sendiri terungkap dari laporan keuangan kuartal fiscal III 2014 yang dengan sengaja mengumumkan nama ponsel Jakarta baru terset. Untuk peluncurannya, menurut kompas.com ponsel Jakarta ini akan meluncur antara bulan Maret atau April 2014. Untuk sistem operasinya ponsel ini akan menggunakan OS Blackberry 10. OS BB10 ini adalah OS terbaru milik Blackberry yang akan menyuguhkan beberapa perbedaan terutama pada pemakaian paket internet yang tidak aka nada lagi paket untuk BBM secara terpisah melainkan akan digabungkan dengan paket internet reguler seperti ponsel smartphone pada umumnya. Mengenai harga, menurut informasi yang saya dapat dari detik.com ponsel “Jakarta” ini akan dibanderol di bawah 4jtaan bahkan katanya bisa dibawah 3jtaan mengingat ponsel ini menyasar pasar low-end bukan tidak mungkin harganya akan bersaing.

Menarik untuk kita perhatikan karena pada saat ini Blackberry sendiri sedang mencoba untuk bangkit dari kondisi yang terpuruk. Untuk perkembangan selanjutna mengenai spesifikasi, harga, kualitas dari Blackberry Jakarta ini akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Terima kasih!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »