Vamps - Band Rock Asal Jepang Beranggotakan Hyde (L’Arc~en~Ciel) dan K.A.Z (Oblivion Dust)



Mungkin bagi para fans Vamps atau Hyde tulisan ini agak telat ya, karena band ini sudah lumayan lama dibentuknya yaitu pada tahun 2008. Tetapi mungkin bagi para penggemar Band asal Jepang yang agak angin-anginan (seperti saya) mudah-mudahan pada artikel ini kita bisa tetap up to date tentang perkembangan musik negeri sakura ini terutama yang bergenre rock!!! Here we go..

Band yang berGenre Rock ini beranggotakan dua orang yaitu Hyde (Vokal, Gitar, Lirik, Lagu) dan K.A.Z (Lead Gitar, Backing Vokal, Lagu). Hanya dalam waktu satu tahun dari terbentuknya band ini, Vamps sudah melakukan internasional di sepuluh tempat di Amerika, dan pada tahun 2010 mereka telah memulai tur keliling dunia. Setiap merilis single, lagu –lagu dari band ini selalu menempati 10 besar chart music Oricon (Jepang).

Sebenarnya pada judul artikel ini saya berniat menuliskan Hyde dengan status ex.Laruku, karena yang saya tau Hyde itu vokalis nya Band asal Jepang juga yang bernama Laruku atau yang lebih dikenal dengan nama L’Arc~en~Ciel. Terus kenapa saya urung memakai nama ex.Laruku??? karena setelah diingat-ingat lagi para personil L’Arc~en~Ciel ini ketika sedang vakum mereka gemar membuat project-project di bidang musik juga, seperti Hyde (vocalist) yang membuat band Vamps ini. Bila di Indonesia ini seperti Yovie Widianto yang membentuk Band Yovie and Nuno dan tetap menjadi personil Band Kahitna.

Back to Vamps. Sebenarnya Hyde dan K.A.Z telah bekerjasama sebelum terbentuknya band ini, yaitu pada tahun 2003 dimana mereka berkolaborasi pada project
solo nya Hyde. Setelah bekerjasama beberapa tahun mereka kemudian memutuskan untuk membuat sebuah Band. Pada awal-awal konser tour nasionalnya band ini hanya mengeluarkan satu single yaitu “Love Addict” di rilis pada 2 July 2008.
Selain aransemen musiknya yang manjain telinga, band L’Arc~en~Ciel juga terkenal dengan suara tingginya Hyde yang khas, maka tidak heran kalau Band Vamps ini juga sangat mudah diterima oleh para penggemar musik Jepang khususnya anak2 muda. Selain dari jenis musik nya yang berGenre Rock, para fans Vamps ini juga sepertinya masih sangat suka dengan suara ‘keren’nya Hyde dan masih haus dengan karya2 barunya si Hyde ini.

Walaupun Band ini Berasal dari Project nya anggota Band lain (Laruku) tetapi semua proses dan langkah-langkah yang di garap oleh band Vamps ini sangat serius lho! Terbukti dari karya musik mereka yang terus bertambah dan hanya dalam waktu satu tahun dari Band ini terbentuk mereka langsung melakukan Tour internasional pertamanya di U.S Amerika tepatnya pada 11 Juli – 1 Agustus 2009 di sepuluh Negara bagian ( New York, Baltimore, Hartford, Columbia, Portland, Seattle, San Francisco, Las Vegas, San Diego, dan Los Angeles) dan pada tahun 2013 ini setelah mereka berganti Labels yang semula dinaungi oleh Vamprose (label milik Hyde) ke Universal Music Group: Delicious Deli Records dan mereka memulai debut keliling dunia, salah satunya di Indonesia pada bulan November ini.

 Pada 31 Januari 2010, band ini mendapat penghargaan oleh “Billboard Japan Ranking International 2009” atas usaha dan keberhasilan mereka dengan tur nya di U.S. (Amerika). Seiring dengan waktu band ini terus menelurkan single satu persatu dan terus bertambah, pada tahun 2010 single mereka yang ke tujuh yaitu “Memories” telah dipakai sebagai SoundTrack anime yang berjudul Bakuman. Pada 25 September ini, mereka merilis best-of album yaitu Sex Blood Rock n’ Roll yang mana terdapat re-recording dari lagu-lagu mereka dan semua dalam bahasa Inggris, ini juga merupakan rilis internasional mereka yang pertama.

Personel
Vokal – Hyde
Gitar – K.A.Z
Bass – Ju-ken (adisional)
Drum – Arimatsu (adisional)
Keyboard – Jin (adisional)

Album
Vamps (2009)
Beast (2010)
Sex Blood Rock n’ Roll (2013)

Well, sampai disini saja pembahasan tentang band bentukan nya Hyde ini, saya sendiri langsung jajal lagu-lagu dari band Vamps ini salah satunya berjudul Ahead, walaupun saya tidak mengerti bahasa Jepang namun pada lagu ini lumayan banyak terdapat lirik yang berhbahasa inggris nya jadi ‘sedikit’ mengerti. Hhehe.. selain lirik bahasa inggris yang lumayan banyak, kita juga bisa mendengar suara khas nya Hyde yang sering mengambil nada-nada tinggi di setiap karyanya. Naahh.. untuk  kalian yang lagi bosen sama lagu2 yang ada di playlistnya, bisa di coba nih lagu2 dari band Vamps ini. Selamat mencoba..
Terima kasih sudah baca//

Untuk teman2 yang ingin mengetahui lebih detail lagi tentang band Vamps ini bisa langsung di jelajah di Sumber di bawah ini.
Sumber: en.wikipedia.org

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »