Tips Mencari File Mp3 (Musik) dengan AMAN di Internet



Hello! Teman2 sering dong kita mencari file .mp3 /audio di Internet? Yups! Biasanya kita pake file ini buat nyari lagu-lagu yang sedang update saat ini ataupun lagu-lagu lawas untuk bernostalgia. Tapi disaat kita sedang searching (melakukan pencarian) sering kali kita berputar-putar atau malah dibawa ke situs antah-berantah yang tiba2 muncul dari salah klik. Naah! Berikut tips nya agar kita cepat mendapatkan file musik yang kita inginkan di internet.

Gunakan situs2 yang umum dan pernah kita gunakan (dan berhasil) untuk mendapatkan file musik tersebut, seperti 4shared, Index of Mp3 dan StafaBand adalah beberapa website penyedia (link) file musik yang sekarang masih aktif dan terbilang update. Proses untuk mendapatkan file musik-nya pun terbilang lumayan mudah dan tidak muter2, meskipun ada beberapa website yang mengharuskan kita melakukan pendaftaran keanggotaan (gratis).

Hindari kata-kata “Download” yang mencolok!. Terman2 sering dong kita menemukan beberapa link yang bertuliskan download pada satu halaman yang sama? Yoi, setelah melewati beberapa proses untuk sampai ke tahap akhir (downloading) kadang
kala kita sering “dikelabuhi” oleh gambar ataupun tulisan download yang mencolok, lalu setelah kita klik link itu ternyata kita hanya melakukan klik terhadap sebuah iklan yang ‘ga jelas’ dan membawa kita ke website yang kita ga kenal dang a berhubungan dengan Musik, untuk itu bila melihat ada beberapa link download hindarilah gambar/tulisan download yang mencolok!. Terus klik yang mana dong? Naah, untuk pemilihan link yang benar disini kita harus jeli dan berpikiran seperti  pemilik website tersebut, sebagian besar pemilik website komersil pendapatan utamanya dari pemasangan iklan, semakin banyak jumlah klik pada iklan tersebut maka semakin banyak juga pendapatan mereka. Pokoknya bila ada beberapa link yang bertuliskan DOWNLOAD pada satu halaman, hindarilah tulisan yang mencolok!

Jangan melakukan
SignUp / Daftar / Login (kecuali website yang terpercaya). Biasanya beberapa website penyedia link Musik mengharuskan kita melakukan pendaftara dulu setelah itu kita dijanjikan mendapat kebebasan untuk melakukan download. Saran pribadi dari saya, JANGAN!. Tegas banget ya?hhehe.. kenapa jangan? Karena selain memakan waktu untuk proses pengisian biodata dan verifikasi akun, cara ini pun berpotensi untuk pemilik website menyebarkan SPAM (promosi habis-habisan bahkan virus)ke pada alamat email yang kita daftarkan,.APALAGI bila kita login menggunakan akun Facebook, memang sih simple untuk melakukan login menggunakan akun FB, tetapi efek setelah kita melakukan login pihak pemilik file musik tersebut dapat melakukan promosi secara berlebihan pada TimeLine kita, bahkan lebih buruknya mereka bisa melakukan update status menggunakan akun FB kita. Ngeri kan??? Untuk itu, bila menemukan hal semacam ini lebih baik kita berpindah ke website yang lain yang lebih ‘ramah’ terhadap pengunjung. Oke Oke

Perhatikan File Type (Tipe File) dan File Size (Ukuran File). Banyak sekali jebakan ketika kita sedang mencari file, bahkan bila kita lengah, bukan file Musik yang di download tetapi virus. Naahh, untuk mengetahui cirri-ciri nya  sangat mudah, lihat file extension (jenis file) yang terdapat pada akhir dari nama file tersebut (setelah tanda titik (.)) pada umumnya file audio / music berakhiran .mp3, maka bila selain .mp3 sebaiknya kita mulai curiga apalagi bila berakhiran .exe maka sudah dapat dipastikan itu bukan file audio melainkan sebuah program yang pastinya akan menambah berat kinerja computer kita! (sebaiknya kita melakukan pengecekan pada saat file sedang proses download atau sebelum proses download karena bila telah selesai di download File Extension akan otomatis menghilang (hidden) karena settingan computer pada umumnya tidak memunculkan Extension dari file-file yang telah tersimpan). Ukuran File (File Size) dari satu buah lagu biasanya berkisar antara 2.00 Mb – 8.00 Mb (tergantung dari kualitas dan durasi lagu) terkecuali Musik-musik DJ yang bersifat sambung-menyambung (medley) yang memang durasinya sangat panjang sehingga rata-rata mempunyai ukuran sekitar 20.00 Mb.

Apal Liriknya Tetapi tidak tahu judulnya. Sering kali kita mengalami  mati gaya ketika saat akan download lagu ‘itu’ tetapi tidak hapal penyanyi ataupun judul lagunya dan tidak ada orang yang sanggup membantu. Untuk mengatasi hal seperti ini kita dapat meminta bantuan Mbah Google untuk mencarikan judul lagunya terlebih dahulu. Kita ketik saja potongan lirik yang kita hapal pada kolom pencarian, biasanya kita akan di arahkan kepada website2 penyedia lirik lagu, nah kita pilih (klik) salah satu yang liriknya paling mendekati kemudian kita akan dibawa ke halaman lirik tersebut, setiap lirik yang ada di internet pasti mencantumkan penyanyi, judul lagu, bahkan sampai pengarang lagunya pun ada. Naah setelah kita mengetahui nama penyanyi dan judul lagu nya kita tinggal mencarinya lagi di situs penyedia music.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »