HTML Tutorial 1: Membuat dokumen HTML sederhana

Hi..!! Assalamu’alaikum..

Untuk kali ini saya akan coba membuat postingan yang membahas tentang HTML (Hyper Text Markup Language). Sebelum membahas ke materi, perlu diketahui bahwa saya bukan lah seorang programmer ataupun ahli di bidang system computer tetapi  saya tertarik mempelajari tentang HTML dan tidak ada salahnya kalau saya posting apa yang saya pelajari tentang materi ini kedalam blog, siapa tau ada yang sedang ingin belajar juga ataupun hanya sekedar menambah pengetahuan dasar tentang HTML. Begitu saya mendapat ilmu baru akan saya tulis disini juga.

Website apapun yang kita kunjungi, browser kita akan membaca HTML-nya dari website tersebut dan memunculkan tampilan seperti yang dilihat langsung oleh pengguna. Kita bisa lihat HTML dari sebuah website dengan cara yang mudah seperti dibawah ini.
  1. Buka website apa saja dari browser kamu (Chrome, Mozilla, IE, Opera, dll)
  2. Klik kanan di dalam website itu.
  3. Pilih pada View Source/ View Page Source.
  4. Browser akan membuka halaman baru dan akan menunjukan HTML dari website tersebut. Kita akan melihat ribuan kode HTML dari website tersebut, dan tampilan itulah yang sebenarnya di baca oleh browser kita.

Untuk Pembahasan pertama ini kita akan membuat dokumen HTML sederhana dan mudah2an bisa dipelajari struktur dasar dari HTML ini. Here we goo…

Untuk membuat HTML ini kita hanya perlu membuka program Notepad dari computer kita, yups! Notepad, program sederhana yang pasti ada di setiap computer yang berbasis Windows,, untuk shortcut (jalan pintas) nya bisa dengan cara memencet tombol Windows +R kemudian ketik notepad à Enter.

Copy struktur kode HTML di bawah ini ke dalam notepad. Tetapi disarankan agar kita menulis ulang kode ini secara manual agar kita terbiasa dan tidak lupa dengan struktur basic dari HTML ini.

<html>
<head>
<title>HTML Tutorial oleh Rindi Tech.</title>
</head>
<body>
<h2>Dokumen HTML Sederhana</h2>
HTML- <i>Hyper Text Markup Language</i>
<p>              
Salam:<br> <a href=http://rinditech.blogspot.com> RindiTech</a>
<p>
Oleh: <b>Rindi A Putra</b>
<br>&copy;2013 Rindi Tech
<br>Protected by: copyscape
</body>
</html>



Naahhh,, setelah di paste pada notepad tahap selanjutnya adalah melakukan save yang menentukan agar kode ini dapat dibaca oleh ‘para’ browser. Bisa ikuti langkah dibawah ini.
  1. Klik File --> Save As
  2. Pilih lokasi untuk menyimpan data ini dimana saja, disarankan di letakan di desktop agar mudah di cari.
  3. Beri nama dari data ini ‘bebas’ yang penting pada akhir dari nama tersebut kita tambahkan .htm atau .html contoh: belajar html tutorial.html

Setelah data berhasil di save, data hasil save tersebut akan berupa hamalan web yang dapat di baca oleh browser default kita. Bisa di lihat langsung dengan cara double klik pada file tersebut. Dan akan muncul hasilnya seperti gambar di bawah ini.


Setiap jarak ataupun ukuran yang ada di dalam website semuanya diatur menggunakan kode seperti ketika kita klik Enter pada notepad (untuk membuat baris baru), tidak akan berpengaruh pada hasil di website. Jika pada contoh kode yang ada di atas ada hasil enter itu hanya untuk memisahkan kumpulan kode agar kita dapat mudah dalam memahami. untuk postingan selanjutnya kita akan coba membahas tentang bagian-bagian pada kode HTML. Di tunggu ya…


Terima kasih sudah baca, mohon saran dan kritik ataupun pertanyaan agar postingan selanjutnya bisa lebih mudah dipahami dan sesuai harapan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »