Beranda
Blogging
HTML
Tutorial
HTML Tutorial 2: Struktur Dasar HTML

Pada postingan sebelumnya, saya telah menuliskan tentang contoh sebuah HTML sederhana tanpa ada penjelasan dari detail isi dokumen tersebut. Untuk postingan tutorial kedua ini saya akan coba diskusikan tentang bagian penting dari sebuah dokumen HTML, maksudnya adalah setiap fungsi dari bagian-bagian yang ada pada sebuah dokumen HTML. Bagian Header, Title dan Body.

Sebelum memulai bagian kedua ini sebaiknya lihat dulu postingan tentang tutorial HTML 1 (bagi yang belum), bila sudah bisa dilihat gambar di bawah ini:

HTML

Pada gambar di atas terlihat bahwa ada 4 bagian (tag) yang digunakan pada bentuk dasar HTML. Berikut beberapa penjelasannya:

Baca juga: Cara Mudah Mengetahui Link Do Follow atau No Follow Di Website

HTML Tutorial 2: Struktur Dasar HTML

HTML tag:

Setiap dokumen HTML dimulai dengan . Bahkan jika kita melakukan klik kanan pada pada halaman blog ini dan memilih view page source kita akan melihat HTML pada halaman postingan ini. Pada bagian atas kita akan melihat tag .Ini membuktikan bahwa semua isi dokumen dianggap sebagai HTML oleh browser. Jadi, setiap kali kita membuat dokumen HTML baru, itu harus dimuali dengan tag .

HEAD tag:

Terletak di bawah tag

BODY tag:

Seperti pengertian nya pada tag body ini di isi dengan konten utama kita. Apa yang ingin kita buat dalam dokumen HTML harus berada di antara tag

. Dalam tag body ini bisa terdapat ribuan tag yang berkaitan agar isi dari halaman website nya dapat terlihat indah dan menarik oleh pembaca.

Well,,, saya harap pada saat ini kita sudah memahami kerangka dasar dari dokumen HTML dan bagian2 penting nya. Kita juga harus ingat bahwa setiap tag di mulai (buka) dengan <> dan di akhiri (tutup) dengan </>. Sebenarnya ada beberapa tag yang tidak mempunyai tag penutup </>! Dan ada pula beberapa tag yang memang tidak perlu di tutup.

Baca juga: Cara Mengatasi Error HTTPS Availability Redirect di Blogger

Tag apa saja yang tidak perlu dan tidak mempunyai tag penutup??? Kita akan bahas di postingan berbeda. Dan untuk postingan berikutnya kita akan membahas tentang tag yang di pakai pada contoh tutorial pertama.

Pada beberapa blog yang pernah saya baca menerangkan bahwa HTML tidak terlalu sulit untuk dipelajari. Tetapi ruang lingkup dari HTML sangatlah luas. Versi terakhir dari HTML adalah HTML5. Pada HTML sangat mungkin akan ada aturan ataupun kode baru di masa yang akan dating.

Kita memang harus bersabar untuk menjadi ahli dalam HTML. Pelajari satu per satu, step by step. Karena mungkin suatu saat ilmu HTML ini akan sangat diperlukan oleh kita semua. Kita tidak tahu perkembangan seputar teknologi (khususnya internet) akan seperti apa nantinya tetapi setidaknya bila kita mengetahui ilmu dasar dari HTML ini mungkin akan membuat kita sedikit melek dan memahami logika dari program yang ada pada komputer, laptop, bahkan smartphone yang kita miliki dan tentunya akan terus berkembang.

Baca juga: HTML Tutorial 1: Membuat dokumen HTML sederhana

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!