Mengenal Dunia Blog

Hi Readers! Assalamualaikum..
Kali ini saya akan coba menjelaskan beberapa hal tentang blog. Pada dasarnya blog adalah media untuk mengekspresikan diri melewati tulisan yang dapat di akses oleh semua orang di seluruh dunia. Kita dapat berbagi cerita tentang perjalanan hidup, pengalaman nge-trip (liburan), berbagi tips, curhat, atau apapun yang dapat di tuangkan ke dalam tulisan.

Meskipun dapat dilihat oleh orang di seluruh dunia dengan meng-akses internet tetapi pada blog kita juga bisa menjaga privasi kok,, ada pilihan untuk mempublikasikan tulisan kita, ada juga pilihan agar tulisan kita tidak dapat dilihat oleh orang lain, hanya pemilik blog saja yang dapat mengakses tulisannya. Semua dapat di atur sesuai keinginan kita.

Secara umum jenis blog terbagi dua, yaitu blog berbayar dengan blog gratisan. Bedanya apa? Hmmm… bedanya yang satu bayar, yang satu lagi ga bayar.hhaha..!! pada dasarnya blog berbayar maupun gratis sama-sama berfungsi untuk mempublikasikan tulisan-tulisan yang dimiliki oleh si-pemilik blog. Tentunya ada fitur-fitur lebih yang didapat oleh pemilik blog berbayar seperti fasilitas penyimpanan data yang lebih besar, memiliki lebih banyak pilihan untuk mendesain tampilan blog, memiliki nama domain sendiri. Sehingga para blogger (pemilik blog) yang memilih blog berbayar biasanya mereka buat dengan tujuan komersil atau digunakan sebagai blog yang dapat menghasilkan uang.

Salah satu ciri yang dapat dilihat dari blog gratisan adalah mempunyai alamat dengan akhiran penyedia jasa blog itu sendiri, seperti pada blog ini (rinditech.blogspot.com) memiliki akhiran blogspot.com karena saya buat blog ini di penyedia free blogging Blogspot. Adapun penyedia jasa blog gratisan lainnya yang terkenal adalah wordpress.com. Jadi bila kita menemukan alamat dengan akhiran blogspot.com ataupun wordpress.com maka blog itu sudah dipastikan memakai jasa blog tidak berbayar alias gratiss..

Untuk ciri-ciri dan ruag lingkup blog berbayar akan disampaikan pada tulisan berikutnya karena pada blog jenis berbayar memiliki ruang lingkup yang agak kompleks, dari mulai hosting, domain, plug-in, dll. So, jangan kemana-mana ya, mudah2an tulisan tentang blog jenis berbayar segera rampung karena pada blog jenis ini berpotensi sekali untuk di monetisasi atau digunakan sebagai  penghasil rupiah, bahkan dollar.. wow…

Naahh,, sampai di sini saja awal pengenalan dunia blog ini semoga bermanfaat, untuk cara membuat blog, cara menulis artikel, cara mendesain blog, dll akan di sampaikan pada pembahasan berikutnya..
Semoga bermanfaat, salam blogger!

Share this

Related Posts

First