Beranda
Blogging
Tips 'n Trick
Tutorial
Panduan Blogger.com: Panduan Memahami Halaman Utama untuk Pemula
Panduan Blogger.com: Panduan Memahami Halaman Utama untuk Pemula

Halo Teman - teman! yang sedang berniat membuat sebuah blog atau website ada baiknya membaca artikel ini dulu, kita akan membahas sekilas tentang tampilan utama dari blogger untuk pengguna/pemilik blog. Nah, kalau kita baru mendaftar ke blogger.com halaman ini akan muncul ketika kita melakukan login.

Dalam panduan pemula ini, saya akan memandu Anda melalui dasbor utama dan menunjukkan cara menyiapkan, menyesuaikan, dan mengelola blog Anda dengan mudah.

Pada area sebelah kiri terdapat menu sidebar dalam melakukan navigasi pada blog yang telah kita buat. Terdapat beberapa menu seperti Posts, Stats, Comments, Earnings, Pages, Layout, Theme Settings, Reading List. 


Menyiapkan blog Anda

Untuk memulai membuat website dengan Blogger, Anda harus mendaftar akun Google (jika Anda belum memilikinya) lalu membuat blog baru di blogger.com. Begini caranya:

  1. Buka blogger.com dan klik tombol "Buat blog Anda".
  2. Masuk dengan akun Google Anda.
  3. Pilih judul dan alamat untuk blog Anda.
  4. Pilih templat dan klik "Buat blog".

Menyesuaikan tata letak (mengatur layout)

Setelah blog Anda diatur, Anda dapat menyesuaikan tata letak untuk menjadikannya milik Anda sendiri. Begini caranya:

  1. Buka bagian "Tata Letak" (Layout) di dasbor utama.
  2. Gunakan antarmuka seret dan lepas (drag and drop) untuk menambah dan mengatur widget, seperti header, menu navigasi, dan footer.
  3. Sesuaikan warna dan font blog Anda menggunakan bagian "Template".
  4. Pratinjau perubahan Anda sebelum memublikasikannya.

Menerbitkan (publish) dan mengelola artikel

Pada tahap ini blog atau website Anda telah siap dan telah disesuaikan, saatnya untuk mulai menerbitkan postingan/artikel. Silahkan ikut langkahnya dibawah ini:

  1. Buka bagian "Posts" di dasbor utama.

  2. Klik tombol "Posting baru" (+NEW POST) untuk membuat tulisan baru. Akan muncul halaman kosong untuk menulis. Silahkan tulis artikel yang ingin anda buat di halaman 

  3. Gunakan fitur editor dan fitur lainnya untuk memformat dan menambahkan konten ke postingan Anda.

  4. Pratinjau atau periksa ulang tulisan anda kemudian jika sudah siap lanjut publikasikan posting Anda dengan klik tombol "Publish".

  5. Kelola postingan Anda dengan mengedit, menjadwalkan, atau menghapusnya jika dirasa perlu.

Mengelola komentar

Saat blog Anda mulai banyak pembaca, Anda mungkin akan mulai menerima komentar di posting Anda. Berikut cara mengelolanya:

  • Semua komentar bisa dilihat di bagian "Komentar" / "Comments" di dasbor utama.

  • Akan muncul komentar yang dibuat oleh para pembaca, silahkan pilih review dan putuskan apakah akan di Setujui, tandai sebagai spam, atau hapus komentar.

  • Anda juga bisa membuka komentar langsung dari halaman ini ke postingan utama, selanjutnya anda bisa membalas komentar - komentar tersebut.

  • Anda bisa mengatur sistem moderasi komentar di bagian Settings di halaman utama Blogger.

Kustomisasi Tingkat Lanjut

Meskipun bagian tata letak dasbor utama sudah cukup lengkap, Anda mungkin ingin membuat tampilan blog anda jauh lebih bagus dan menambahkan lebih banyak fitur baru ke blog Anda. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  • Gunakan custom domain (berbayar) - Dengan membeli domain berbayar seperti (.com .net .id , dll), akan membuat blog Anda terlihat lebih profesional dan membuatnya lebih mudah ditemukan orang. Buka bagian "Pengaturan" di dasbor utama, lalu lihat bagian Publishing dan kemudian pilih"+ Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda".
  • Tambahkan favicon - Favicon adalah ikon kecil yang muncul di sebelah judul blog Anda di tab browser. Untuk menambahkannya, buka bagian "Template" di dasbor utama dan klik "Sesuaikan" lalu "Lanjutan" dan "Tambahkan favicon".
  • Tambahkan rubrik khusus - Anda dapat mengunggah gambar tajuk / rubrik kusus untuk memberikan tampilan unik pada blog Anda. Buka bagian "Layout" di dasbor utama, klik "Add a Gadget" lalu "Header" dan "Edit" dan "Choose File" untuk mengunggah tajuk Anda sendiri.

Monetisasi blog Anda

Setelah blog Anda memiliki jumlah pengunjung yang lumayan banyak, Anda mungkin ingin mulai menghasilkan uang dari blog yang anda buat. Berikut adalah beberapa cara untuk memonetisasi blog Anda:

  • Iklan - Anda dapat menjual ruang iklan di blog Anda dengan mendaftar ke program periklanan seperti Google AdSense.
  • Afiliasi - Anda dapat mempromosikan produk dan layanan di blog Anda dan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang dilakukan melalui tautan atau link afiliasi Anda.
  • Postingan bersponsor - Anda dapat memperoleh bayaran untuk menulis postingan yang menampilkan merek atau produk tertentu, dalam dunia blog hal ini bisa disebut guest posting.

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, Blogger menawarkan banyak fitur dan opsi penyesuaian untuk membantu Anda membuat blog yang tampak hebat dan fungsional. 

Usahakan agar anda selalu konsisten dalam membuat postingan atau artikel dan terlibat dengan audiens melalui komentar atau di media sosial. Dengan begitu blog Anda bisa menjadi sukses dan bahkan menjadi sumber penghasilan. Selamat ngeblog!


Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!